uefau17.com

Alasan Mengapa Beberapa Orang Lebih Cepat Menua Menurut Penelitian - Citizen6

, Jakarta Jika Anda pernah ragu bahwa kita semua mengalami proses penuaan dengan kecepatan yang berbeda, cobalah untuk pergi ke acara reuni sekolah menengah Anda. Tentunya Anda akan melihat ada beberapa teman yang terlihat jauh lebih mudah atau tua dari Anda meski sebenarnya kalian seumuran. 

Pasalnya ada istilah yang disebut dengan usia biologis dan juga usia kronologis. Lantas apa perbedaan dari usia biologis dan usia kronologis? Pada tingkat paling dasar, usia kronologis adalah jumlah tahun seseorang telah hidup, sedangkan usia biologis mengacu pada berapa usia seseorang.

Para ilmuwan telah memastikan bahwa beberapa orang bertambah tua dengan kecepatan yang sangat berbeda dari yang lain. Jadi, jika beberapa dari kita terlihat seperti menua dengan lebih anggun sementara yang lain tampak lebih tua dengan kecepatan yang lebih cepat daripada teman sekelas mereka yang masih berusia di atas 20 tahun, mereka mungkin menua lebih cepat. 

Dilansir dari Yourtango, sebuah studi tahun 2015 dilakukan terhadap sekitar 1.000 pria dan wanita yang lahir antara April 1972 dan Maret 1973 (semuanya berusia 38 tahun pada saat itu) memeriksa usia biologis dibandingkan dengan usia kronologis untuk lebih memahami "kecepatan penuaan" peserta.

Tim peneliti menggunakan 18 penanda biologis, termasuk tekanan darah, fungsi organ, kolesterol, kesehatan gigi, dan metabolisme, untuk menilai usia biologis setiap peserta.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak yang memiliki usia biologis yang jauh lebih muda atau tua dari usia kronologis mereka

Mereka menemukan bahwa sebagian besar subjek memiliki usia biologis yang sangat cocok dengan jumlah ulang tahun mereka, tetapi yang lain memiliki usia biologis yang jauh lebih muda atau lebih tua dari usia kronologis mereka.

Sementara sebagian besar tampak menua dengan laju satu tahun per tahun, beberapa menua dengan laju hingga tiga tahun per tahun, dan yang lain menua dengan laju mendekati nol tahun per tahun.

Penulis studi Daniel Belsky, asisten profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Duke dan Pusat Penuaan, di Durham, N.C., menjelaskan, "Apa yang kami temukan adalah hubungan yang jelas antara terlihat lebih tua di luar dan menua lebih cepat di dalam. Dan juga memungkinkan untuk mengukur jenis proses penuaan pada orang muda yang biasanya hanya kita cari pada orang tua."

Pria dan wanita yang tidak berhasil dengan baik pada pengukuran biologis untuk penuaan juga bernasib lebih buruk pada tes yang biasanya diberikan kepada orang tua, seperti keseimbangan dan koordinasi, serta pada tes ketajaman mental (yaitu, ketajaman pikiran), seperti memecahkan masalah yang tidak dikenal.

3 dari 4 halaman

Mengidentifikasi cara mengenali tanda-tanda penuaan

Orang tua secara biologis juga melaporkan kesulitan yang lebih besar dengan aktivitas fisik sederhana seperti menaiki tangga. Tujuan yang dinyatakan di balik penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi cara mengenali tanda-tanda penuaan di awal kehidupan, hingga terapi mode yang dapat memperpanjang hidup sehat dengan mencegah timbulnya penyakit yang berkaitan dengan usia.

Belsky menyebut temuan penelitian ini sebagai bukti konsep demonstrasi, yang tujuannya adalah untuk memverifikasi bahwa konsep atau teori tertentu memiliki potensi penerapan dunia nyata.

Untuk menggunakan penanda biologis untuk mengukur proses penuaan di orang yang dianggap terlalu muda untuk mengalami penyakit yang berkaitan dengan usia. Temuan ini kemudian ditentang karena tampaknya gagal memperhitungkan satu faktor yang mungkin membingungkan yaitu penambahan berat badan.

4 dari 4 halaman

Pengaruh penambahan berat badan dalam proses penuaan

Dalam sebuah surat berjudul, "Apakah timbulnya obesitas sama dengan penuaan?", Anne B. Newman dari University of Pittsburgh Graduate School of Public Health menulis:

"Analisis mereka pada dasarnya cacat oleh kegagalan untuk mengenali makna biologis dari langkah-langkah yang digunakan. Banyak ukuran yang digunakan, seperti rasio pinggang-panggul, tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan HgbA1C, merupakan penanda penurunan aktivitas fisik dan obesitas. Jadi, saya yakin apa yang dijelaskan dalam indeks ini adalah sebagian besar terkait dengan penambahan berat badan di awal paruh baya."

Belsky, bagaimanapun, berdiri teguh di belakang pekerjaannya sendiri.

"Apakah penambahan berat badan merupakan tanda penuaan atau penyebab, dua ukuran penuaan yang kami pelajari (usia biologis dan kecepatan penuaan) lebih dari sekadar penambahan berat badan," tulis Belsky dalam tanggapan terperincinya.

Setelah meninjau dan menganalisis ulang data dengan saksama sehubungan dengan kekhawatiran Newman, Belsky menyatakan, "Singkatnya, penelitian kami tidak 'cacat secara fundamental', seperti yang diklaim Newman."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat