uefau17.com

6 Gejala Kanker Darah yang Bisa Dikenali Sejak Dini - Citizen6

, Jakarta - Leukemia, atau sering dikenal sebagai kanker darah, adalah kanker jaringan pembentuk dari tubuh, termasuk sumsung tulang dan sistem limfatik. Ada berbagai macam bentuk leukemia. Jenis leukemia yang paling umum adalah leukemia limfositik akut.

Orang dewasa dengan leukemia myelogenous akut memiliki bentuk agresif dari penyakit ini. Bentuk paling umum dari leukemia yang tumbuh lambat adalah leukemia liimfostik kronis.

Sebagian besar orang yang mengalami leukemia myelogenous kronis adalah orang dewasa. Leukemia biasanya melibatkan gangguan fungsi sel darah putih.

"Sel darah putihmu adalah pejuang infeksi yang kuat--mereka biasanya tumbuh dan membelah secara teratur, sesuai kebutuhan tubuhmu," kata ahli Onkologi Haemato Anak & Dokter BMT, Rumah Sakit Manipal Jaipur, Dr. Rahul Sharma.

Tapi pada pasien dengan kanker darah, sumsum tulang menghasilkan sel darah putih abnormal dalam jumlah berlebihan, yang tidak berfungsi dengan baik.

"Leukemia akut, yang berkembang dalam waktu singkat, adalah kanker yang paling umum yang terlihat pada anak-anak," lanjut Dr. Sharma.

Gejala kanker darah bervariasi, tergantung pada jenis leukemia dan bisa dengan mudah diabaikan dan memerlukan indeks kecurigaan yang tinggi dari dokter anak yang merawat anak tersebut.

"Jika kanker darah diketahui sejak dini dan dikelola dengan hati-hati oleh ahli onkologi anak yang berpengalaman dan terampil, penyakit ini sangat bisa disembuhkan dan mayoritas anak-anak (lebih dari 85%) merespons pengobatan dengan baik dan terus hidup lama dan sehat," saran Dr Sharma.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda dan gejala kanker darah

Tanda dan gejala leukemia yang umum di antaranya:

  • Penyakit berkepanjangan, demam yang tidak merespons antibiotik

Infeksi yang sering atau parah, tidak kunjung sembuh meski sudah minum antibiotik, sering merasa demam sering kali menjadi gejala kanker darah.

  • Kelelahan atau kelemahan yang terus-menerus

Tanda lain dari leukemia adalah merasa pusing, lemas dan lelah tanpa sebab yang jelas.

  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Jika kelenjar getah bening Anda membengkak, itu juga harus dipertimbangkan sebagai gejala.

 

3 dari 3 halaman

Gejala lainnya

  • Pembesaran hati atau limpa

Kondisi limpa atau hati yang membesar bisa dilihat sebagai faktor risiko leukemia.

  • Pendarahan

Menurut Dr. Sharma, gejala seperti memar secara tiba-tiba atau bintik-bintik merah kecil di kulit (petechiae) atau mimisan bisa menandakan timbulnya kanker darah.

  • Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

Kehilangan terlalu banyak berat badan secara tiba-tiba bisa menjadi tanda penyakit. Setiap perubahan berat badan yang besar harus segera ditangani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat