uefau17.com

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Temperamental - Citizen6

, Jakarta - Ledakan amarah bisa muncul tiba-tiba dan saat orang lain tidak menduganya. Meskipun kemarahan adalah emosi yang sehat dan membantu kita mempertahankan diri saat diserang, kemarahan yang tidak sehat dan tidak logis dapat merusak hubungan. 

Setiap orang mungkin memiliki pemicu kemarahan yang berbeda tergantung pada bagaimana mereka menafsirkan situasi dan memutuskan untuk bereaksi terhadapnya. Banyak orang merasa lepas kendali saat merasa marah dan akhirnya menyakiti orang lain.

Menikah atau menjalin hubungan dengan seseorang yang memiliki anger issue atau masalah dengan emosi mereka mungkin terasa seperti berjalan di atas kulit telur sepanjang waktu.

Orang yang pemarah atau temperamental mungkin sebenarnya menyembunyikan rasa sakit dan kerentanan mereka di balik agresivitas mereka, dan penting untuk memahami alasan di balik pemicunya. 

Berbincang dengan mereka saat mereka tenang dan mencari tahu masalah mereka yang lebih dalam dapat membantu. Namun, penting untuk merasa dihormati dalam suatu hubungan dan hal yang sama harus disampaikan kepada orang yang memiliki masalah temperamen. Mendapatkan bantuan profesional dapat membantu Anda dan pasangan membangun hubungan yang sehat.

Penasihat & Pendiri Kesehatan Mental, Enso Wellness, Arouba Kabir, berbagi tentang cara menghadapi pasangan yang memiliki masalah emosional. Dilansir dari The Hindustan Times, Kamis (27/4/2023), berikut ulasannya:

1. Jangan hadapi dengan amarah juga

Jika pasangan Anda marah karena alasan logis atau tidak logis, pertama-tama, kita perlu memahami bahwa kita tidak bisa mengatasi amarah dengan amarah. Jadi cobalah untuk bersikap setenang mungkin.

Jika pasangan Anda marah dan Anda mencoba untuk meninggikan suara, membentengi diri sendiri, memberikan tatapan atau ekspresi marah, itu hanya akan memperburuk situasi daripada menyelesaikannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Cari tahu akar penyebabnya

Saat Anda melihat pasangan Anda relatif lebih tenang, cobalah untuk membicarakan kemarahannya. Kemarahan emosi hanyalah puncak gunung es, selalu ada masalah yang lebih dalam yang membuat orang tersebut marah. Mencari tahu akar penyebab dan pemicunya akan membantu Anda memahami situasi orang lain.

3 dari 6 halaman

3. Tanyakan pada diri sendiri apa yang membuat Anda memilih orang ini atau bertahan dalam hubungan itu

Pasti ada alasan mengapa Anda memilih untuk bersama orang ini sekarang ini, di mana kita semua memiliki pilihan untuk menjalin hubungan atau meninggalkannya.

Jika Anda telah memilih pasangan yang mungkin memiliki masalah temperamen, Anda perlu memiliki pemahaman bahwa mungkin akan sulit pada saat mereka tidak mampu mengelola amarahnya. Memiliki pemahaman akan membantu Anda menghadapi situasi dengan lebih baik.

4 dari 6 halaman

4. Latih diri agar tidak tersulut emosi

Anda mungkin harus melakukan kerja mandiri secara teratur agar dapat bersikap tegas dan ekspresif pada saat yang sama dalam hubungan itu. 

Anda dapat dengan mudah didominasi oleh orang yang memiliki masalah temperamen, jika Anda tidak belajar bagaimana bersikap asertif pada saat yang sama dan mendapatkan rasa hormat dalam hubungan itu. 

Daripada mencoba mengendalikan mereka atau situasinya, cobalah bekerja bagaimana mengendalikan emosi dan latihan diri Anda untuk memupuk rasa kasih sayang dan kesabaran.

5 dari 6 halaman

5. Mencari bantuan

Ini mungkin membantu Anda dan pasangan Anda memiliki hubungan yang indah karena kita diajari cara menyapa dengan baik di sekolah atau cara mengenakan pakaian kita atau cara berbicara atau belajar bahasa, tetapi kita tidak diajari cara mengatur atau mengarahkan emosi kita.

Jadi bantuan profesional dapat membantu Anda mempelajari mekanisme koping dan mengarahkan emosi dengan lebih baik dalam situasi seperti itu.

6 dari 6 halaman

6. Jangan mencoba untuk menang

Jika dalam pertengkaran dan terutama dengan orang yang memiliki masalah kemarahan, terkadang hal itu juga dapat membahayakan secara fisik. Jadi jangan mencoba untuk menang. Anda dapat memilih untuk menghindar dari ruang tersebut.

Anda mungkin benar tetapi itu bukan waktunya untuk membuktikan diri. Validasi emosi mereka dan biarkan mereka merasakan apa yang mereka rasakan dan daripada mencoba meyakinkan atau mengendalikan mereka, cobalah untuk mempengaruhi mereka dengan berbicara dengan tenang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat