uefau17.com

Ini Cara Memperhatikan Pilihan Makanan dan Menghindari Makan Berlebihan Saat Lebaran Idul Fitri - Citizen6

, Jakarta Akhir bulan suci Ramadhan menandai dimulainya perayaan Idulfitri, waktu bagi keluarga dan teman untuk berkumpul dan menikmati makanan dan minuman yang lezat. Namun sangat penting untuk memperhatikan pilihan makanan kita dan tidak membatalkan semua manfaat puasa dan makan makanan ringan selama Ramadan.

Makan berlebihan saat Idul Fitri setelah sebulan menahan diri bisa menimbulkan gangguan kesehatan, terutama bagi mereka yang menderita berbagai penyakit. Tubuh kita telah menyesuaikan dengan jadwal Ramadhan, dan kelebihan makanan secara tiba-tiba, terutama yang manis-manis, dapat menyebabkan masalah yang signifikan.

Melansir dari Khaleej Times, berpegang teguh pada makanan sehat yang tepat dan menghindari makanan olahan dan bergula sangat penting. Bagi mereka yang makan sehat sebelum Ramadhan, sangat penting untuk kembali ke rutinitas itu.

Sangat penting untuk memprioritaskan makanan alami seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Meski menggoda untuk berpesta saat lebaran Idul Fitri, memastikan kita tidak berlebihan itu penting. Saat mengonsumsi daging, kita harus memilih produk yang diberi makan rumput daripada yang diberi makan biji-bijian karena mengandung lebih banyak nutrisi.

Setelah sebulan berpuasa, penting untuk mengenalkan kembali makanan dengan cara yang terkontrol dan disiplin. Kembali ke pola makan biasa setelah Ramadhan dapat mengejutkan tubuh dan memicu efek samping yang tidak diinginkan jika tidak dikelola dengan tepat.

Puasa menyebabkan beberapa perubahan dalam tubuh, seperti berkurangnya produksi enzim pencernaan dan berkurangnya lapisan pelindung lambung untuk sementara, yang menyebabkan iritasi jika perut terlalu terbebani. Oleh karena itu, memberi tubuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan pencernaan dan metabolisme normal sangatlah penting.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya mindful eating

Ketimbang mengonsumsi makanan berat saat Lebaran, mindful eating akan membantu tubuh kita menyesuaikan diri dengan rutinitas dengan cepat. Kita harus memilih makanan kecil sepanjang hari. Menjaga porsi kecil dan menyeimbangkan piring kita dengan protein, karbohidrat, dan lemak sangat penting untuk menghindari sistem pencernaan yang berlebihan.

Jika kita berencana untuk makan di restoran, sekali lagi, kita harus berhati-hati untuk tidak membebani sistem kita sekaligus. Kita harus mulai dengan porsi kecil dan makan perlahan, hindari makanan dengan gula berlebihan, gorengan, atau makanan pedas.

Minum air secara teratur sepanjang hari dan menghindari jus manis atau soda juga penting. Memilih salad atau buah-buahan segar setiap kali makan membuat kita merasa berenergi. Yang terpenting, mendengarkan tubuh kita dan mengenali kapan kita kenyang sangat penting, agar kita tidak makan berlebihan.

 

3 dari 3 halaman

Perhatikan pilihan makanan

Idul Fitri adalah waktu untuk perayaan dan kegembiraan, tetapi kita harus memperhatikan pilihan makanan kita. Makan berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Kita harus berpegang pada makanan sehat yang tepat, menghindari makanan olahan dan bergula, dan mengutamakan makanan alami. Kita harus memperkenalkan kembali makanan dengan cara yang terkontrol dan disiplin dan memilih makanan yang lebih kecil untuk hari itu. Mari rayakan Idul Fitri dengan penuh perhatian dan kepedulian terhadap kesehatan kita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat