uefau17.com

Selain Sebagai Bahan Membuat Kue, Ini 10 Manfaat Baking Soda yang Jarang Diketahui - Citizen6

, Jakarta - Baking soda adalah senyawa kimia yang juga dikenal sebagai natrium bikarbonat. Baking soda adalah kristal putih yang larut dalam air. Ketika baking soda dipanaskan, ia akan melepaskan gas karbon dioksida yang membantu adonan kue mengembang. Oleh karena itu, baking soda sering digunakan sebagai bahan pengembang dalam pembuatan kue.

Selain itu, baking soda juga memiliki sifat alkalin yang dapat membantu menetralkan keasaman. Oleh karena itu, baking soda dapat digunakan sebagai bahan pengobatan rumah tangga untuk mengurangi gejala sakit kepala, masalah pencernaan, dan gigitan serangga.

Baking soda juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih alami untuk berbagai permukaan, seperti kamar mandi, dapur, dan peralatan masak. Baking soda dapat membantu menghilangkan noda dan kotoran tanpa merusak permukaan. Selain itu, baking soda juga dapat digunakan sebagai penghilang bau, terutama untuk menghilangkan bau yang tidak sedap seperti bau kaki atau bau kucing.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan baking soda harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Terlalu banyak penggunaan baking soda dapat menyebabkan iritasi kulit atau merusak permukaan tertentu. Selain itu, baking soda juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan masalah pencernaan dan elektrolit yang tidak seimbang.

Selain dari manfaat di atas, baking soda juga memiliki manfaat lainnya. Melansir dari laman Web Md, Senin (10/4/2023), berikut manfaat baking soda yang jarang diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Memutihkan Gigi

Soda kue bekerja dengan baik untuk menghilangkan plak secara fisik, lapisan lengket bakteri di mulut Anda. Seiring waktu, penumpukan plak akan mengeras menjadi karang gigi dan dapat menyebabkan penyakit gusi. Celupkan sikat gigi basah ke dalam campuran baking soda dan sikatlah seperti biasa. Hal ini akan melindungi Anda dari kerusakan gigi dan mencegah gigi berlubang.

2. Sebagai Obat Kumur

Menggunakan soda kue sebagai obat kumur dapat menghilangkan bau mulut jika digunakan secara teratur. Masukkan satu sendok teh soda kue ke dalam setengah gelas air dan berkumurlah. Tidak hanya menutupi bau, namun penggunaan soda kue juga dapat mencegah bau mulut.

3. Sebagai Deodoran Tubuh

Kebanyakan benda yang berbau memiliki molekul bau yang bersifat asam atau basa. Soda kue lebih netral dan bebas bau. Tak heran jika pabrik pengolahan limbah dan tempat pemberian pakan ternak menggunakan bahan ini. Taburkan sedikit di bawah lengan Anda di pagi hari. Jika Anda tidak peduli dengan residu bubuk pada pakaian Anda, gunakan deodoran stik yang mengandung soda kue. Carilah yang mencantumkan natrium bikarbonat sebagai bahan utama.

3 dari 4 halaman

4. Menyehatkan Ginjal

Ginjal membuang air dari tubuh, jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis akibat diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyebab lainnya, asam dapat menumpuk di dalam tubuh Anda. Natrium bikarbonat dapat menurunkan kadar asam dan dapat membantu memperlambat pengeroposan tulang dan membangun otot. Namun, untuk menyehatkan ginjal, Anda perlu berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu untuk tahu seberapa banyak baking soda yang digunakan.

5. Membantu Melawan Kanker

Ruang gawat darurat dan rumah sakit menyediakan natrium bikarbonat sebagai pengobatan untuk serangan jantung, keracunan, dan kasus-kasus lainnya. Hal ini juga membantu menangkal sifat asam dari obat kemoterapi untuk kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar asam yang lebih rendah dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor tertentu.

6. Meredakan Iritasi Ringan

Digigit nyamuk? Tersengat tanaman beracun? Soda kue dapat membantu. Baking soda dapat meredakan iritasi ringan, nyeri, gatal, dan kemerahan. Campurkan dari 3 sendok soda kue dengansekitar 1 gelas air. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama 20 menit sebelum Anda mencucinya. Atau berendamlah di bak mandi dengan setengah cangkir soda kue yang ditambahkan ke dalam air.

4 dari 4 halaman

7. Meredakan Rasa Sakit

Natrium bikarbonat dapat meningkatkan kekuatan penghilang rasa sakit dari lidokain yang digunakan dalam obat tidur. Para peneliti sedang mempelajari apakah hal ini dapat membantu meringankan rasa sakit akibat kanker. Jika Anda merasa sakit akibat sengatan matahari, rendam kain dalam larutan sekitar 4 sendok makan soda kue per liter air. Oleskan dengan lembut pada area yang terkena untuk menenangkan kulit Anda. Ini juga dapat membantu untuk luka bakar ringan lainnya.

8. Pembersih Wajah

Soda kue bersifat sedikit abrasif namun dapat digunakan sebagai pembersih wajah yang lembut. Pertama, cuci wajah Anda dengan pembersih yang lembut dan tidak mengandung bahan abrasif dan bilas dengan air. Kemudian, buatlah campuran 3 sendok soda kue dengan 1 liter air. Gosokkan dengan hati-hati secara melingkar untuk membersihkan secara menyeluruh. Bilas dengan air. 

9. Melembutkan Kulit

Soda kue dapat dimanfaatkan untuk melembutkan kulit Anda. Tambahkan setengah cangkir soda kue ke dalam air mandi Anda. Ini akan menetralkan asam, membersihkan keringat dan minyak, dan membuat kulit Anda selembut sutra.

10. Membersihkan Mainan Anak

Anda dapat menggunakan soda kue sebagai pengganti bahan kimia yang keras untuk membersihkan kotoran dari baki, kursi bayi, dan mainan bayi Anda. Ingatlah bahwa soda kue tidak membunuh kuman. Tapi Anda bisa memasangkannya dengan cuka, yang berfungsi sebagai disinfektan. Pastikan untuk membilasnya dengan baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat