uefau17.com

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Anda Jika Mandi Air Dingin Setiap Hari - Citizen6

, Jakarta Mandi menjadi salah satu kebiasaan yang rutin dilakukan orang setiap hari. Umumnya orang mandi sehari dua kali. Orang mandi untuk membersihkan tubuh dari kuman dan juga keringat. 

Ada dua tipe orang dalam hal mandi yaitu mandi dengan air dingin dan dengan air panas. Banyak yang lebih nyaman mandi dengan air dingin dan begitu pula sebaliknya. 

Namun tahukah Anda bahwa mandi dengan air dingin memiliki banyak manfaat bagi tubuh? Alex Trevatt, MD, yang bekerja sebagai pemimpin klinis di Avon Aesthetics dan menjalankan perusahaan pendidikan kedokteran Medistudents, mengatakan dia penggemar berat mandi air dingin dan mulai merekomendasikannya kepada pasien untuk meningkatkan kesehatan mereka. Dilansir dari Best Life Online, berikut ini deretan hal yang akan terjadi pada tubuh jika Anda mandi air dingin setiap hari:

Sirkulasi Anda mungkin membaik

Menurut Trevatt, mandi air dingin secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi seiring waktu. "Merendam tubuh dengan air dingin telah terbukti menyempitkan pembuluh darah dan kemudian melebarkannya, yang mengarah ke sirkulasi yang lebih baik," katanya kepada Best Life.

Para ahli dari Klinik Cleveland mengatakan ini terjadi karena air dingin membuat sistem peredaran darah Anda bekerja terlalu keras. Saat air dingin mengejutkan kulit Anda, tubuh Anda merespons dengan memompa darah ke organ vital Anda dan menyempitkan pembuluh darah di dekat permukaan kulit.

"Proses ini merangsang aliran darah, yang secara keseluruhan merupakan hal yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan," tulis mereka. 

Namun, perlu dicatat bahwa Klinik mengatakan mungkin ada cara yang lebih baik (dan lebih nyaman) untuk meningkatkan sirkulasi, termasuk berjalan kaki 10 menit.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peradangan berkurang

Jika Anda menderita peradangan atau pembengkakan, Trevatt mengatakan bahwa mandi air dingin secara teratur dapat membantu. Paparan air dingin telah terbukti mengurangi peradangan dalam tubuh, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi kondisi tertentu seperti radang sendi, katanya. Beberapa atlet terjun ke air dingin setelah latihan keras karena alasan ini. 

"Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mungkin ada penurunan rasa sakit setelah orang direndam dalam air dingin selama sekitar 10 menit dibandingkan mereka yang tidak melakukan terapi dingin," kata Tracy L. Zaslow, MD, spesialis ortopedi. 

"Saat Anda berada di air dingin, pembuluh darah Anda menyempit sehingga aliran darah ke area tersebut berkurang, kemudian pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit berkurang."

3 dari 4 halaman

Sistem kekebalan tubuh Anda mungkin menjadi lebih kuat

Mandi air dingin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda, kata beberapa ahli. "Paparan air dingin telah terbukti meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit," jelas Trevatt.

Faktanya, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal medis PLoS One menyelidiki efek mandi air dingin pada ketidakhadiran kerja yang berhubungan dengan kesehatan. 

Mereka mendaftarkan 3.018 peserta berusia antara 18 dan 65 tahun dan menugaskan mereka untuk mandi air panas hingga dingin selama 30, 60, 90 detik, atau menjadi kelompok kontrol.

"Model regresi binomial negatif menunjukkan penurunan 29 persen dalam ketidakhadiran penyakit untuk rejimen mandi air panas (panas ke) dingin dibandingkan dengan kelompok kontrol," mereka menyimpulkan.

4 dari 4 halaman

Suasana hati jadi lebih baik

Di antara manfaat mandi air dingin yang paling konsisten adalah peningkatan mental yang mungkin Anda alami. Para ahli mengatakan Anda dapat mengharapkan peningkatan perhatian dan suasana hati yang lebih baik.

"Paparan air dingin telah terbukti melepaskan endorfin, yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami dan penambah suasana hati," kata Trevatt.

Namun, beberapa ahli mengatakan mandi air dingin dan berendam air dingin dapat menimbulkan ketegangan serius pada tubuh Anda, yang berarti sebaiknya tunda mencobanya sampai Anda mendiskusikan risikonya dengan dokter Anda. Jika Anda memutuskan untuk mencobanya, lakukan dengan lambat.

"Jika Anda mencobanya untuk pertama kali, luangkan waktu Anda dan aklimatisasi, turunkan suhu secara perlahan selama berhari-hari atau berminggu-minggu," kata Lee Hill, PhD, ahli fisiologi olahraga dan postdoctoral fellow di Research Institute for the McGill University Health Center di Montreal kepada Health.

 "Jangan kagetkan tubuhmu untuk melakukannya penuh untuk pertama kalinya."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat