uefau17.com

Vitamin untuk Kilau Rambut Sehat, Wajib Dicatat dan Dikonsumsi Secara Rutin! - Citizen6

, Jakarta Kilau rambut sehat merupakan sebuah keadaan rambut yang tampak bersinar dan cerah karena kondisi rambut yang baik. Kilau rambut sehat memiliki cuticle (lapisan luar rambut) yang rapat dan tidak rusak. Dengan kondisi tersebut, cahaya dapat memantul dengan baik dan memberikan kilau pada rambut.

Kondisi rambut sehat dapat diraih melalui perawatan yang tepat, seperti menjaga kelembapan rambut, menjaga rambut dari kerusakan akibat panas dan tekanan, serta mengonsumsi makanan yang seimbang untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup untuk rambut.

Ketika Anda menjaga kilau rambut sehat secara tepat, akan membuat fungsi dari rambut akan berjalan dengan baik.

Fungsi Rambut

Terdapat 5 fungsi rambut yang akan berjalan dengan baik ketika Anda menjaga kilau rambut sehat seperti yang akan dijabarkan di bawah ini.

Fungsi Proteksi

Rambut pada kepala akan melindungi kulit kepala dari sengatan sinar matahari atau ultraviolet atau elemen lainnya yang mungkin merusak. 

Fungsi Isolasi

Rambut membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil dengan memberikan tambahan lapisan isolasi.

Fungsi Estetika

Rambut memegang peran penting dalam penampilan dan identitas seseorang, sehingga merupakan bagian penting dari estetika.

Fungsi Penyaring Partikel

Rambut dapat memfilter partikel-partikel kecil seperti debu, serpihan, dan bahkan tungau.

Fungsi Pertanda Kesehatan

Kondisi rambut juga bisa menunjukkan kesehatan seseorang, seperti kekurangan nutrisi atau masalah kesehatan lain.

Terlepas dari kelima fungsi tersebut, fungsi utama rambut adalah untuk melindungi kulit kepala dan membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Untuk mendapatkan kilau rambut sehat, Anda perlu telaten dalam menjaga kondisi rambut. Pasalnya, jangan sampai Anda mengalami rambut rontok karena akan berpengaruh kepada kulit dan kesehatan kepala Anda. 

Jika hal tersebut terjadi, Anda perlu mengetahui cara mengatasi rambut rontok yang tepat, ya.

Jaga Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi yang cukup sangat penting untuk menjaga kondisi rambut yang sehat. Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral, seperti daging, ikan, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Hindari Penggunaan Alat Styling Berlebihan

Gunakan alat styling seperti jepit rambut, gel, dan spay dengan hati-hati dan hindari penggunaan yang berlebihan, karena dapat menyebabkan kerusakan pada rambut Anda.

Gunakan Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Anda juga dapat menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut, seperti sampo untuk rambut kering, berminyak, atau rambut berukuran besar. Pastikan juga untuk memilih produk yang mengandung bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Gunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri untuk rambut dapat membantu Anda dalam mengatasi rambut rontok dan membuat rambut lebih kuat serta sehat. Aplikasikan minyak pada rambut sebelum tidur dan bilas dengan sampo pada pagi hari.

Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Vitamin dan suplemen seperti biotin, vitamin B, dan vitamin C dapat membantu mengatasi rambut rontok dan memperkuat akar rambut Anda.

Hindari Gaya Rambut Aneh-Aneh

Gunakan jepit rambut dan topi untuk tidur untuk menghindari kusut dan kerusakan pada rambut Anda. Selain itu, hindari juga gaya rambut dengan alat styling panas dan proses chemical dengan pewarnaan serta rebonding yang berlebihan.

Dengan melakukan beberapa langkah tersebut secara rutin, Anda dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok dan mendapatkan kilau rambut sehat yang semestinya.

Cara Agar Rambut Cepat Panjang

Rambut yang panjang nan sehat adalah dambaan banyak orang, terutama wanita. Meskipun tidak ada jaminan pasti untuk membuat rambut tumbuh dengan cepat, beberapa cara dapat membantu Anda mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut tetap sehat. 

Dilansir dari Healthline, berikut ini merupakan beberapa cara untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat dan tetap sehat.

Hindari Diet Ketat

Salah satu langkah agar Anda mendapatkan rambut panjang secara cepat adalah dengan menghindari diet ketat. Menurut para ahli, diet ketat dapat menghambat pertumbuhan rambut serta meningkatkan terjadinya kerontokan rambut.

Menurut dokter kulit di Columbia sekaligus asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center Dr. Lindsey Bordone mengatakan bahwa diet ketat dapat mengurangi sumber daya nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. 

Cukupi Asupan Protein

Agar rambut Anda cepat panjang, lebat, dan kuat, salah satu langkah lainnya adalah dengan mencukupi asupan protein yang diserap oleh tubuh. Anda dianjurkan untuk mencukupi asupan protein untuk pertumbuhan rambut yang optimal sebesar 50 gram per hari. 

Gunakan Produk Kafein

Anda juga dapat menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung lebih banyak kafein di dalamnya. Dalam sebuah studi, kafein dapat membantu pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ pada pria serta wanita.

Gunakan Minyak Esensial

Selain itu, Anda juga dapat mencoba berbagai macam minyak esensial. Salah satunya, Anda dapat menggunakan minyak atsiri yang tidak hanya berbau harum, tetapi dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut secara cepat. 

Selain itu, minyak esensial juga dapat memberikan peningkatan yang signifikan dalam ketebalan dermal, jumlah folikel, dan kedalaman folikel.

Tingkatkan Nutrisi Rambut

Agar rambut cepat panjang, Anda dianjurkan untuk meningkatkan asupan nutrisi bagi rambut. Anda perlu mengonsumsi vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu yang sangat penting untuk kesehatan serta menyediakan energi untuk pertumbuhan rambut.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6 selama 6 bulan. Langkah tersebut dapat membantu melindungi Anda dari kerontokan rambut.

Pijat Kulit Kepala

Cara agar rambut cepat panjang lainnya adalah dengan memijat kulit kepala seperti sedang keramas di salon. Hal itu dapat membantu meningkatkan meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa efektivitas pijat kulit kepala setiap hari selama 4 menit yang dilakukan selama 24 minggu dapat membuat rambut cepat panjang. 

Kurangi Panas Alat Styling

Agar rambut cepat panjang, Anda juga disarankan untuk mengurangi penggunaan alat styling yang menimbulkan efek panas. Pasalnya, panas dari alat styling tersebut dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan.

Hindari Mewarnai Rambut

Cara terakhir agar rambut cepat panjang adalah dengan menghindari atau berhenti mewarnai rambut. Menurut ahli kimia kosmetik dan Pendiri Formulasi Freelance Vanessa Thomas, mewarnai rambut dapat meningkatkan risiko rambut menjadi stres dan menimbulkan kerontokan.

Beberapa hal tersebut dapat membantu Anda dalam membuat rambut panjang lebih cepat. Anda harus melakukan langkah-langkah tersebut secara disiplin dan rutin, agar kilau rambut sehat tercapai, ya.

3 dari 3 halaman

Vitamin Rambut

Vitamin merupakan zat penting yang diperlukan oleh tubuh kita, termasuk rambut. Beberapa vitamin dapat membantu memperkuat akar rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut serta menjaga kilau rambut sehat Anda. 

Berikut ini beberapa vitamin yang penting dan wajib Anda konsumsi agar kilau rambut sehat didapatkan.

Vitamin A

Vitamin A dapat membantu memproduksi sebum, yaitu minyak alami yang melindungi rambut dan kulit kepala. Vitamin A juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Vitamin B

Vitamin B complex, terutama Biotin adalah vitamin penting untuk kesehatan rambut Anda. Biotin dapat membantu memperkuat akar rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu memperkuat akar rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut Anda. Vitamin C juga dapat membantu memproduksi kolagen, yaitu protein yang membantu memperkuat rambut.

Vitamin D

Vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Vitamin D dapat ditemukan dalam makanan seperti telur dan minyak ikan.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang membantu melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan seperti sinar matahari dan polusi. Vitamin E juga membantu memperkuat akar rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Vitamin B6

Vitamin B6 dapat membantu memproduksi hemoglobin, yaitu protein yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk rambut.

Vitamin B12

Vitamin B12 juga dapat membantu memproduksi sel darah merah yang membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Niasin

Niasin merupakan jenis Vitamin B yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut.

Asam Pantotenat

Asam pantotenat merupakan jenis Vitamin B yang dapat membantu memproduksi sebum yang melindungi rambut dan kulit kepala.

Asam Folat

Asam folat merupakan asupan yang dapat membantu memproduksi sel baru dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Asam Amino

Cysteine merupakan asam amino berbasis sulfur yang penting untuk membentuk keratin rambut. Methionine juga berperan dalam menjaga kekuatan rambut sehingga penting untuk mencegah kerontokan rambut. 

Zinc

Kadar zinc yang sehat berkontribusi terhadap struktur rambut yang lebih kuat dan dapat memperbaiki tingkat pertumbuhan rambut. Uji klinis menunjukkan bahwa banyak orang dengan kerontokan rambut kronis, juga mengalami defisiensi zinc.

Cooper

Copper berperan dalam pembentukan melanin, dan defisiensi copper tampaknya berkontribusi terhadap munculnya uban prematur, namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa perbaikan kadar copper akan mencegah atau memulihkan rambut beruban.

Agar dapat memperoleh manfaat vitamin rambut untuk kilau rambut sehat, Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, dan bahan-bahan nabati lainnya. 

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin yang sesuai dengan kebutuhan, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan bahwa suplemen yang diambil sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak menimbulkan efek samping.

Meskipun vitamin dapat membantu memperkuat rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut, diet yang seimbang dan gaya hidup sehat juga penting untuk memelihara kesehatan rambut. 

Anda juga disarankan untuk hindari stres, tidur yang cukup, dan hindari gaya rambut yang berlebihan seperti alat styling panas dan proses chemical seperti pewarnaan dan rebonding.

 

(*) 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat