uefau17.com

Alasan Anda Perlu Beralih dari Sabun Batangan ke Sabun Mandi Cair Menurut Pakar Kesehatan - Citizen6

, Jakarta - Memiliki rutinitas perawatan kulit yang sehat tidak hanya untuk wajah, tapi seluruh tubuhmu dapat memperoleh manfaat dari perawatan kulit yang tepat. Itulah mengapa beberapa ahli mempertanyakan satu produk populer yaitu sabun batangan dan menyarankan Anda menukarnya dengan sabun mandi cair.

Meskipun sabun batangan dapat memberikan pembersihan dengan dampak lingkungan yang rendah berkat kemasan non-plastiknya, sabun mandi cair pun memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sabun batangan, menurut pakar kesehatan. 

Jika saat ini Anda menggunakan sabun batangan dan mengalami kulit kering atau gatal, para ahli mengatakan beralih ke sabun mandi dapat membantu kulit Anda tetap lembap. 

"Body wash biasanya mengandung bahan pelembap seperti gliserin, yang membantu melembapkan kulit, sedangkan sabun batangan tradisional bisa mengeringkan," kata Steven Lane, MD, perwakilan dari American Cosmetic Association.

Enrizza Factor, MD, seorang dokter kulit, setuju bahwa peralihan sederhana ini dapat membantu mengurangi kekeringan yang tidak diinginkan. 

"Sabun membersihkan permukaan kulitmu dengan melarutkan lapisan kotoran. Sabun mandi bekerja dengan cara yang sama, namun, tidak hanya membersihkan kulit tetapi juga melembabkannya dan mengatasi masalah kulit lainnya," katanya kepada Best Life.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sabun cair lebih nyaman di kulit

Anda mungkin juga menemukan sabun mandi lebih nyaman daripada sabun batangan, kata Lane. "Body wash lebih berbusa daripada sabun batangan, yang membuatnya lebih mudah menyebar ke seluruh kulit dan menghasilkan busa yang banyak," katanya.

Lane menambahkan bahwa body wash hadir dalam berbagai formulasi, termasuk gel, cair, dan krim, dan juga dengan aroma yang berbeda, menjadikannya lebih serbaguna daripada sabun batangan. Jika kulit Anda memiliki kebutuhan khusus, bicarakan dengan dokter kulit untuk mengetahui formulasi atau bahan mana yang paling cocok untuk Anda.

3 dari 4 halaman

Sabun cair lebih kecil kemungkinannya untuk menampung bakteri

Banyak orang beranggapan bahwa karena kandungannya, sabun dapat membersihkan diri sendiri. Namun, menurut Lane, sabun mandi lebih higienis dibandingkan dengan sabun batangan, karena lebih kecil kemungkinannya untuk menampung bakteri dan jamur.

Factor setuju bahwa sabun mandi cair sedikit lebih higienis daripada sabun batangan. Itu karena bakteri dapat hidup di tempat sabun batangan dan tetap di sana dari pancuran ke pancuran dan dari orang ke orang, jelasnya. 

"Untuk menghindari penumpukan bakteri, selalu bilas di antara penggunaan dan biarkan mengering dan benar-benar kering. Dengan sabun mandi, lebih mudah menghindari penumpukan bakteri karena tidak menyentuh kulit saat berada di dalam botol," saran Factor.

4 dari 4 halaman

Sabun cair lebih lembut pada kulit

Akhirnya, Factor mengatakan bahwa sabun mandi bisa lebih lembut di kulit dibandingkan dengan banyak sabun batangan. "Sabun batangan tradisional bisa lebih mengeringkan daripada sabun mandi atau shower gel karena lebih basa daripada kulit kita, yang merupakan pertimbangan penting bagi mereka yang memiliki kulit kering atau sensitif. Sebaliknya, sabun mandi umumnya memiliki pH lebih rendah. yang lebih baik untuk kulit yang lebih sensitif," jelasnya.

Ilyas setuju bahwa ini cenderung benar, "Banyak sabun batangan memiliki pH dalam kisaran 10-12. Saat bersentuhan dengan kulit kita yang asam, hasilnya adalah efek pengeringan atau dehidrasi pada kulit," jelasnya. 

"Sabun cair cenderung memiliki pH dalam kisaran 8. Kita membutuhkan pH pembersih kita sedikit lebih tinggi dari pH kulit kita untuk memungkinkan efek pembersihan. Namun, pH sabun cair umumnya tidak setinggi itu. sebagai sabun batangan membuatnya tidak terlalu mengiritasi."

Namun, semua sabun dan sabun mandi dapat mengiritasi kulit jika Anda meninggalkan bekasnya setelah dicuci. "Perlu diingat bahwa apapun jenis pembersih yang Anda gunakan, Anda pasti ingin membilasnya secara menyeluruh setelah selesai," desak Factors.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat