uefau17.com

7 Cara Melepas Penat di Akhir Pekan, Sebelum Bertemu Hari Senin - Citizen6

, Jakarta - Akhir pekan menjadi waktu bersantai untuk sejumlah orang seusai menghadapi aktivitas dari Senin hingga Jumat.

Mungkin kepala rasanya penat karena harus bergelut dengan segala kegiatan yang menjadi tuntutan.

Umumnya, saat hari Jumat tiba seseorang akan merasakan riang gembira, karena akan segera lepas dari aktivitas melelahkan.

Sabtu dan Minggu menjadi hari yang paling dinantikan untuk memulihkan diri dan melakukan serangkaian relaksasi. Sebelum akhirnya mereka kembali beraktivitas di hari Senin.

Kebanyakan orang cenderung menghabiskan akhir pekan hanya di atas kasur saja. Padahal, banyak kegiatan lain yang lebih bermanfaat dari itu. Ya, walaupun semua orang memilih dan membutuhkan istirahat untuk tidur.

Gunakan waktu akhir pekan sebaik mungkin, sebelum kembali menyibukan diri di hari Senin. Kalian bisa mempersiapkan diri agar lebih semangat menjalani hari-hari saat beraktivitas.

Melansir dari Insider pada Sabtu 17 Desember 2022, orang-orang sukses dengan mudah memastikan dirinya bisa memulai aktivitas di jam kerja tanpa stres. Kuncinya adalah mereka harus bisa mengoptimalkan waktu di akhir pekan.

Berikut merupakan cara melepas penat di akhir pekan sebelum bertemu dengan hari Senin.

1. Batasi Penggunaan Ponsel

Memasuki akhir pekan, mungkin sama saja digambarkan sebagai hari penuh kebebasan untuk sejumlah orang. Mereka bisa menghabiskan waktu selama dua hari untuk melakukan apa pun.

Akan tetapi, jika kalian ingin akhir pekan menjadi lebih baik, cobalah untuk membatasi penggunaan ponsel. Kalian mungkin akan terus terperangkap di dunia maya, karena menatap layar kaca begitu lama.

Kurangi penggunaan ponsel dan media sosial selama akhir pekan guna mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan mencegah stres akibat lelah berteknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Santai dan Isi Ulang Social Battery

Sejumlah orang mungkin telah menyiapkan beberapa rencana untuk mengisi akhir pekan. Akan tetapi, dua hari ini lebih baik dihabiskan untuk beristirahat mempersiapkan diri sebelum kembali beraktivitas.

Kalian bisa melepaskan segala penat dengan cara masing-masing, mulai dari menonton film, mendengarkan musik dan menjadwalkan waktu tidur optimal. Gunakan hari Sabtu dan Minggu untuk bersantai di dalam rumah sekaligus mengisi ulang social battery-mu.

3. Nikmati Alam Indah

Rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan di akhir pekan adalah pergi keluar, berjemur di bawah sinar matahari dan melihat pemandangan indah.

Kalian bisa pergi ke bukit dan menghirup betapa segarnya udara di pagi hari. Mungkin akan membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Kalian juga bisa meluangkan waktu di pagi hari untuk jalan kaki mengitari area sekitar. Sebuah studi di Universitas Stanford menjelaskan jalan cepat di luar rumah dipercaya mampu mengurangi stres dan mencegah depresi.

3 dari 4 halaman

4. Olahraga

Aktivitas fisik seperti berolahraga merupakan suatu hal penting yang dapat menjaga kesehatan fisik dan mental seseorang. Cobalah untuk meluangkan waktu berolahraga selama beberapa menit saja di akhir pekan.

Menurut Anxiety and Depression Association of America, aktivitas fisik dapat meningkatkan suasana hati menjadi baik dan menghilangkan rasa stres.

5. Jauhkan Pikiran Dari Pekerjaan

Sebagian orang mungkin masih memikirkan pekerjaannya di akhir pekan. Inilah yang menyebabkan seseorang mudah stres saat memasuki hari Senin.

Cobalah untuk menjauhkan pikiran dari pekerjaan atau tugas sekolah. Fokuslah untuk menikmati hari libur tanpa membebani pikiran.

Tentu saja, kalian juga perlu memperhatikan, semua tugas telah diselesaikan sebelum berakhir pekan. Barulah kalian boleh menyingkirkan segala hal tentang pekerjaan.

4 dari 4 halaman

6. Hindari Overthinking

Cobalah untuk menghindari segala pemikiran negatif tentang masa lalu yang telah terjadi. Kalian harus berpikir positif selama menjalani masa sekarang dan mengejar impian di masa depan.

Menghabiskan akhir pekan untuk mengkhawatirkan masa lalu, hanya pekerjaan sia-sia. Overthinking membuat seseorang mudah stres dan menjadi lebih pesimis terhadap hidupnya.

7. Cobalah Bermeditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang dipercaya mampu mengurangi tekanan dan menghilangkan stres. Luangkan waktu selama 10 menit sebelum tidur untuk bermeditasi.

Kalian bisa mengevaluasi diri dan mengembangkan pikiran positif, sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Dengan begitu, kalian akan siap menghadapi hari Senin tanpa perasaan badmood.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat