uefau17.com

Simak 7 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Tak Mudah Rontok - Citizen6

, Jakarta - Rambut merupakan salah satu bagian tubuh dengan proses pertumbuhan yang cepat. Tingkat pertumbuhan rambut rata-rata adalah 0,5 hingga 1,7 sentimeter per bulan atau sekitar dua hingga delapan inci per tahun. 

Sayangnya, tidak semua orang tahu cara merangsang dan hal yang harus dihindari guna mempercepat pertumbuhan rambutnya. Tak jarang juga orang khawatir apakah rambutnya masih bisa cepat, sedangkan di sisi lain juga mengalami rambut rontok.

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), rambut rontok yang normal antara 50 dan 100 rambut per hari seperti dikutip dari Good House Keeping.

Namun, jika menurut Anda pertumbuhan benar-benar terhambat, ada penyesuaian tertentu yang dapat Anda lakukan dalam perawatan rambut sehari-hari untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Berikut 7 cara memanjangkan rambut dengan cepat dan kuat, melansir Stye Craze:

1. Gunakan Handuk Microfiber

Sudah menjadi kebiasan setiap orang setelah kemaras, menggulung, atau membungkus rambut dengan handuk.

Namun, hal tersebut justru merusak rambut karena rambut basah sangat rapuh dan mudah patah.

Sebaiknya Anda menepuk rambut hingga kering. Perlu diperhatikan juga, tidak sembarangan handuk yang bisa digunakan.

Anda dianjurkan menggunakan handuk microfiber. Handuk microfiber tidak mengembang dan menyerap air dengan cepat dari rambut Anda tanpa menyebabkan kerusakan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Memijat Kulit Kepala

Anda bisa memijat kulit kepala untuk merangsang pertumbuhan rambut. Memijat kulit kepala, bukan hanya terasa nyaman dan relaks tapi juga berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut.

Alasannya, saat memijat kulit kepala Anda, minyak alami yang berada di kepala akan keluar (memobilisasi minyak kepala) yang dapat memperkuat akar dan menjaga supaya rambut Anda tetap lembab. 

Anda bisa memijat kepala dengan minyak kelapa karena minyak kelapa memiliki kandungan vitamin dan nutrisi penting yang berguna sebagai kondisioner alami. Serta dapat merevitalisasi dan menenangkan kulit kepala. 

3. Potong rambut secara teratur

Tahukah Anda, rambut yang ujungnya bercabang atau rusak dapat menghambat pertumbuhan rambut baru. Sehingga memotong rambut secara teratur sangatlah penting untuk mempercepat pertumbuhan rambut baru. 

Jika Anda membiarkan rambut bercabang atau rusak, membuat rambut Anda terlihat kusam, kering, dan kusut. 

Memotong rambut juga tidak asal, waktu terbaik memotong rambut antara empat hingga empat bulan sekali, memotong dengan ukuran setengah atau satu centimeter saja asal rambut bercabang hilang. 

.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Terlalu Sering Keramas

Sebab, menjaga kebersihan rambut memanglah penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut Anda. Anda salah jika berpikir keramas setiap hari dapat membuat rambut Anda selalu bersih.

Sering keramas juga tidak baik untuk rambut karena minyak alami pada rambut akan hilang dan rambut akan cenderung menjadi kering. 

Selain itu, Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung bahan alami sebagai alternatifnya. Catatan juga, saat rambut basah, akar rambut sedang lemah, sebaiknya menyisir rambut secara berhati-hati.

5. Memiliki Diet Yang Sehat dan Seimbang

Jika Anda memutuskan untuk diet, sebaiknya memilih diet sehat artinya harus dengan nutrisi yang cukup. Tidak cuma tubuh saja, tapi rambut Anda juga sangat membutuhkan nutri yang baik untuk tumbuh dan tetap kuat.

Perlu Anda ketahui, makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti alpukat, pisang, madu, dan lain-lain bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Juga makanan yang kaya protein dan asam amino, bagus untuk rambut.

 

 

4 dari 4 halaman

6. Jangan Terlau Sering Menyisir Rambut

Meski penting, menyisir rambut terlalu sering dapat merusak rambut. Alasannya pada saat menyisir terjadi gesekkan antara rambut dan sisir yang dapat mematahkan helai rambut, sehingga mencegah atau memperlambat pertumbuhan rambut Anda. 

Sebaiknya, sisirlah rambut dengan lembut dan perlahan agar minyak rambut alami dapat menyebar ke seluruh bagian rambut. Selain itu, gunakanlah sisir yang bergigi renggang supaya jika ada rambut yang kusut tidak mebuatnya semakin kusut.

7. Keramas dengan Air Dingin

Keramas menggunakan air hangat sangatnya nyaman di kepala. Namun, siapa sangka hal tersebut ternyata tidak baik untuk kesehatan rambut.

Keras dengan air dingin dapat menghaluskan kutikula rambut sehaingga rambut mudah diatur, menjadi lembut, dan memperkuat rambut.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat