uefau17.com

Anti Bau Apek, Ini 7 Cara Menjaga Pakaian Tetap Wangi di Lemari - Citizen6

, Jakarta Setiap orang tentu selalu menginginkan pakaian yang wangi. Namun tidak semua orang tahu dan mengerti cara menjaga pakaian agar tetap wangi saat disimpan di lemari pakaian. 

Pakaian yang tersimpan terlalu lama di lemari akan membuatnya berbau apek atau akan mengurangi wangi pakaian setelah dicuci. Melansir Hay Den Hill, adanya banyak faktor pakaian berbau apek saat disimpan di lemari. Salah satunya lokasi penyimpanannya itu sendiri. Artinya letak lemari di suatu ruangan akan mempengaruhi wangi baju di lemari.

Misalnya jika lemari diletakkan di tempat yang lembap, maka baju akan lebih cepat berbau apek. Kemudian, cuaca juga berperan saat menyimpan pakaian di lemari. Saat musim hujan, lemari mudah lembap karena cuaca yang dingin. 

Bahkan meski sudah dicuci menggunakan pewangi pun pakaian bisa mudah berbau apek jika disimpan dalam lemari yang lembap. Lantas apakah kalian ingin tahu bagaimana menjaga pakaian agar tetap wangi meski disimpan lama di lemari? Berikut beberapa tipsnya:

1. Gunakan Dehumidifier

Dehumidifier mencegah bau tak sedap dengan tiga cara yaitu menghilangkan kelembapan serta mencegah pertumbuhan jamur dan lumut. Dehumidifier membutuhkan listrik untuk bekerja dan hanya berfungsi pada suhu di atas 21 derajat celsius. 

2. Segera Hilangkan Bau Tidak Sedap di Lemari

Agar pakaian tidak berbau apek di dalam lemari, hilangkan bau tidak sedapnya terlebih dahulu. Mulailah dengan membersihkan lemari dari atas ke bawah. Biasanya bau muncul akibat dari adanya jamur. Pastikan jamur di lemari terangkat dengan benar. Anda juga bisa menggunakan penyedot debu untuk menghilangkan debu di sela-sela lemari. Untuk solusi yang lebih alami, gunakan campuran cuka dan air. Setelah larutan mengering, bau tidak sedap akan hilang. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gunakan Minyak Esensial

Jika Anda ingin mengusir ngengat dan serangga lain sekaligus menjaga kesegaran pakaian, bisa menggunakan minyak esensial. Beberapa tetes minyak esensial dengan harus lavender atau cedarwood pada lemari akan menebarkan aroma wangi sekaligus melindungi pakaian Anda dari kerusakan. Anda juga bisa menaruh sedikit minyak esensial di atas tisu.

4. Simpan dengan Baking Soda atau Arang Aktif

Soda kue atau baking soda memiliki banyak manfaat, termasuk menyerap bau. Cukup tempatkan sekotak baking soda di lemari pakaian Anda. Seiring waktu, soda kue akan menyerap kelembapan dan bau yang dapat memengaruhi pakaian Anda. Ganti kotak soda kue secara rutin setiap satu bulan sekali. Sedangkan arang aktif bisa menghilangkan bau dalam 30-60 menit.

3 dari 3 halaman

5. Menggunakan Pewangi Kayu Cendana

Beberapa jenis kayu seperti cendana memilki bau yang harum. Gunakan sedikit kayu cendana dan simpan sepotong bagian kayu di dalam lemari Anda. Jika sulit menemukan kayu cendana, Anda bisa menggunakan gantungan pakaian beraroma kayu cendana. 

6. Bubuk Kopi

Aroma kopi saat diseduh tentu membuat ruangan menjadi harum. Meski demikian, kopi juga dapat menyerap bau tidak sedap. Anda dapat menyimpan bubuk kopi di wadah kecil lalu beri sedikit lubang dan letakkan di sudut lemari Anda.

7. Cuka

Cuka secara alami dapat menghilangkan bau yang tidak diinginkan di lemari. Buat campuran cuka dan air dengan takaran yang sama ke dalam botol semprot dan semprotkan ke seluruh sisi lemari. Namun sebelumnya pastikan untuk mengeluarkan pakaian Anda supaya tidak berbau asam. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat