uefau17.com

9 Jenis Buah Ini Bantu Menambah Berat Badan Anak - Citizen6

, Jakarta Setiap orang tua pasti mendambakan anak-anaknya tumbuh dengan sehat. Salah satu tanda si kecil sehat adalah berat badan yang sesuai dengan usianya. Namun ada kalanya berat badan anak berada di bawah normal. Ya, berat badan di bawah normal dapat berpotensi menjadi masalah kesehatan jika tidak segera diatasi.

Menurut Dokter Anak Vincent Iannelli, MD, jika anak kurus dan terlalu sering makan junk food, maka doronglah mereka untuk konsumsi makanan sehat. Anak membutuhkan bantuan untuk menambah berat badannya.

"Anak-anak butuh bantuan termasuk mereka yang kekurangan berat badan, anak dengan kondisi medis kronis yang butuh diet khusus, dan yang konsumsi obat sehingga mengganggu nafsu makan," kata Iannelli, dikutip dari Very Well Family.

Bertambahnya ukuran tubuh bisa menjadi tolok ukur tumbuh kembang anak. Karena itu, banyak orangtua berusaha keras memberikan asupan terbaik agar berat badan anak bertambah. Salah satu asupan terbaik yang mampu berperan menambah berat badan anak adalah buah-buahan.

Anda tak perlu khawatir, sebab buah-buahan ini tergolong murah dan mudah untuk didapatkan di pasaran. Berikut ini 9 jenis buah yang dapat membantu menambah berat badan anak yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pisang

Buah pisang mengandung vitamin B6, potasium, karbohidrat, dan serat. Di dalam buah ini juga mengandung kalori yang cocok dikonsumsi anak sebagai makanan penambah berat badan. Amda bisa mengkreasikan pisang menjadi berbagai macam olahan. Misalnya, membuat pisang smoothie atau shake. Selain itu, pisang cocok dijadikan camilan yang praktis untuk dibawa saat bepergian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah tinggi lemak baik yang menyediakan banyak kalori. Itulah mengapa alpukat disebut sebagai super food karena kandungan nutrisinya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. mengandung vitamin B6, C, E, K, folat, tembaga, serat makanan, dan asam pantotenat dengan kandungan lemak yang tinggi. Alpukat bisa disajikan sebagai makanan tambahan yang bergizi dan lezat untuk menambah berat badan si kecil.

3. Kelapa

Setiap 28 gram kelapa diketahui menyediakan 99 kalori bagi tubuh si kecil. Kelapa kaya akan kandungan fosfor dan tembaga, serta mengandung karbohidrat yang sedang. Kelapa juga bisa Anda olah menjadi santan yang bisa dicampurkan dengan alpukat dan pisang sebagai makanan tambahan penambah berat badan anak.

4. Kurma

Kurma termasuk dalam jenis buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Tak hanya menyediakan kalori dan karbohidrat, kurma juga kaya akan kalium, magnesium, tembaga, mangan, dan vitamin B6. Kurma bisa disajikan sebagai camilan sehat untuk menambah berat badan si kecil.

3 dari 4 halaman

5. Mangga

Satu cangkir potongan mangga diketahui mengandung 100 kalori. Buah mangga mengandung tinggi serat, pektin, vitamin A, C, E, dan B Kompleks. Mangga juga termasuk buah yang mudah diserap oleh tubuh. Anda bisa mengupas dan potong-potong mangga untuk langsung dimakan Anak. Atau menjadikannya jus maupun milkshake agar si kecil tidak merasa bosan.

6. Aprikot

Buah aprikot diketahui sebagai sumber kalori dan lemak yang cocok untuk menambah berat badan anak. Aprikot adalah buah populer yang bisa dimakan langsung atau dalam bentuk kering. Selain itu, aprikot mengandung beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin.

7. Anggur

Satu cangkir buah anggur diketahui mengandung 70 kalori. Selain itu, buah anggur mengandung antioksidan dan polifenol. Buah ini bisa dijadikan camilan favorit si kecil karena rasanya yang lezat dan manis.

 

4 dari 4 halaman

8. Kismis

Buah-buahan kering seperti kismis juga bisa menjadi pilihan untuk menambah berat badan anak. Dibandingkan dengan buah segar, buah-buahan kering biasanya telah ditambahkan dengan gula sebagai pemanis. Namun, tetap kaya akan antioksidan, vitamin, dan juga mineral.

Dalam mengonsumsinya, Anda bisa mencampurkan beberapa buah kering dengan tambahan protein, seperti yoghurt atau kacang-kacangan. Berikan sebagai camilan sehat di sela-sela jam makan siang.

9. Pir

Dalam setiap 100 gram buah pir mengandung 57 kalori. Pir dikenal sebagai salah satu makanan padat pertama yang dikenalkan pada bayi. Buah ini memiliki manfaat sebagai penambah berat badan karena memiliki nutrisi penting seperti, zat besi, vitamin B6, C, serta banyak serat yang bikin kenyang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat