uefau17.com

Seberapa Bahaya Varian Covid-19 Baru NeoCoV? - Citizen6

, Jakarta - Para ilmuwan di China telah memperingatkan tentang jenis baru virus Corona, NeoCov, terkait dengan sindrom pernapasan Timur Tengah MERS-coronavirus.

NeoCoV membawa serta potensi gabungan tingkat kematian yang tinggi dari MERS-CoV (di mana rata-rata satu dari tiga orang yang terinfeksi meninggal) dan tingkat penularan yang tinggi dari virus corona SARS-CoV-2 saat ini, kata para peneliti.

"Selanjutnya, penelitian kami menunjukkan bahwa vaksinasi COVID-19 saat ini tidak memadai untuk melindungi manusia dari kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh virus ini," kata makalah penelitian yang diterbitkan di situs web bioRxiv. 

“Mempertimbangkan mutasi ekstensif di wilayah RBD dari varian SARS-CoV-2, terutama varian omicron yang sangat bermutasi, virus ini mungkin memiliki potensi laten untuk menginfeksi manusia melalui adaptasi lebih lanjut melalui antigenic drift,” tambah makalah itu.

Dilansird Times of India, Senin (31/1/2022), virus NeoCoV, sebelumnya telah dikaitkan dengan wabah di negara-negara Timur Tengah pada 2012 dan 2015. Ini sangat mirip dengan COVID-19 yang menyebabkan virus Corona dalam banyak hal. NeoCoV ditemukan pada populasi kelelawar di Afrika Selatan dan telah menyebar secara eksklusif di antara hewan-hewan ini.

"...tetapi mutasi lebih lanjut dapat membuatnya berpotensi berbahaya," kata mereka.

"Dalam penelitian ini, kami secara tak terduga menemukan bahwa NeoCoV dan kerabat dekatnya, PDF-2180-CoV, dapat secara efisien menggunakan beberapa jenis enzim pengubah Angiotensin 2 (ACE2) kelelawar dan, yang kurang menguntungkan, ACE2 manusia untuk masuk," kata studi tersebut. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seberapa Bahaya?

Mereka juga mengatakan bahwa infeksi NeoCov tidak dapat dinetralisir silang oleh antibodi yang menargetkan SARS-CoV-2 atau MERS-CoV. ACE2 adalah protein reseptor pada sel yang menyediakan titik masuk bagi virus Corona untuk terhubung dan menginfeksi berbagai sel. 

"Studi kami menunjukkan kasus pertama penggunaan ACE2 pada virus terkait MERS, menjelaskan potensi ancaman keamanan hayati dari kemunculan ACE2 pada manusia menggunakan "MERS-CoV-2" dengan tingkat kematian dan penularan yang tinggi,” studi tersebut menambahkan.

"Studi kami menunjukkan kasus pertama penggunaan ACE2 pada virus terkait MERS, menjelaskan potensi ancaman keamanan hayati dari kemunculan ACE2 pada manusia menggunakan "MERS-CoV-2" dengan tingkat kematian dan penularan yang tinggi," penulis studi penelitian telah mengatakan.

3 dari 4 halaman

Masih Butuh Penelitian Lebih Lanjut

Sesuai laporan oleh kantor berita Rusia Sputnik, para ahli dari Vector Russian State Research Center of Virology and Biotechnology mengeluarkan pernyataan pada Kamis lalu, setelah diberi pengarahan tentang NeoCov, sebagai tanggapan atas publikasi tersebut.

"Para ahli dari pusat penelitian Vector mengetahui data yang diperoleh peneliti Tiongkok mengenai virus Corona NeoCov. Saat ini, ini bukan tentang kemunculan virus Corona baru yang mampu menyebar secara aktif di antara manusia."

Mereka menambahkan bahwa tim China telah menguraikan potensi risiko yang memerlukan studi lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat