uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Anies Baswedan Dapat Perlakuan Khusus dari Pemerintah Arab Saudi - Cek Fakta

, Jakarta - Cek Fakta mendapati klaim foto Anies Baswedan mendapat perlakukan khusus dari Pemerintah Arab Saudi. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 26 Juni 2023.

Unggahan klaim foto Anies Baswedan mendapat perlakuan khusus dari Pemerintah Arab Saudi menampilkan Anies Baswedan kenakan pakaian ihram sedang bersama Raja Salman di dekat Ka'bah. Dalam foto terdapat tulisan sebagai berikut.

"DIDAMPINGI RAJA SALMAN

ANIES DIKAWAL KETAT APARAT KERAJAAN ARAB SAAT TAWAF"

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Anies Baswedan mendapat undangan pribadi dan diperlakukan khusus oleh Raja Salman pemerintahan Arab Saudi, bahkan raja salman ikut wukuf sambil memberikan pengawalan yg ekstra ketat kepada @Anies Baswedan ada apa???"

Benarkah klaim foto Anies Baswedan mendapat perlakukan khusus dari Pemerintah Arab Saudi? Simak penelusuran Cek Fakta .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim foto Anies Baswedan mendapat perlakuan khusus dari Pemerintah Arab Saudi. 

Cek Fakta sebelumnya telah menelusurinya dalam artikel "Cek Fakta: Tidak Benar Foto Anies Baswedan Bersama Raja Salman Lakukan Tawaf Dikawal Aparat Kerajaan Arab Saudi".

Dari penelusuran terdapat fakta bahwa foto tersebut merupak hasil editan, dalam gambar aslinya adalah Presiden Joko Widodo sedang melakukan Tawaf dan tidak bersama Raja Salman.

Dalam video berjudul "Presiden Jokowi Menunaikan Ibadah Umrah, Makkah, 15 April 2019" yang diunggah akun Kementerian Sekretariat Negara di Youtube pada 16 April 2019 juga menampilkan cuplikan video yang identik dengan klaim.

Dalam video itu tepatnya pada menit 2:05 terdapat gambar yang identik dengan postingan. Kesamaan terdapat pada seseorang yang berada di samping Jokowi dan Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming yang berada di belakangnya.

<p>Cek fakta Anies Baswedan Tawaf bersama Raja Salman.</p>

 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=vw6hMhc4n8U

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim foto Anies Baswedan mendapat perlakuan khusus dari Pemerintah Arab Saudi tidak benar.

Foto tersebut merupakan hasil editan dari video Jokowi saat melakukan ibadah Umrah, pada 15 April 2019.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat