uefau17.com

Cek Fakta: Hoaks Kabar Ida Dayak Sembuhkan Pangeran Arab Saudi yang 17 Tahun Koma - Cek Fakta

, Jakarta - Kabar tentang Ida Dayak menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang 17 tahun koma. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 6 April 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "VIRAL Ida Dayak Sembuhkan Pangeran Arab yang Sudah 17 tahun Koma".

Pada video berdurasi 2 menit 24 detik itu menampilkan foto Ida Dayak yang diklaim tengah menyembuhkan pangeran Arab. Dalam foto itu juga terdapat sosok Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Presiden Jokowi.

"Usai menyembuhkan pangeran Arab, Raja Salman mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada ibu Ida Dayak. Di luar dugaan pangeran arab sembuh total seketika dengan pengobatan ibu Ida Dayak," demikian sebagian narasi dalam video tersebut.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Ida Dayak telah berhasil menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun.

"Viral ! ida dayak sembuhkan pangeran arab yang 17 tahun koma," tulis salah satu akun Facebook.

Seperti diketahui, pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun itu adalah Al-Waleed bin Khaled bin Talal. Ia koma selama lebih dari 17 tahun sejak mengalami kecelakaan mobil tahun 2005 silam.

Al-Waleed merupakan keponakan dari Al-waleed bin Talal, yang merupakan salah satu konglomerat Arab. Dengan kondisinya saat ini, ia mendapatkan julukan 'Pangeran Tidur'.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 21 ribu kali ditonton dan mendapat beberapa respons dari warganet.

Benarkah kabar Ida Dayak telah menyembuhkan Arab Saudi yang 17 tahun koma? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri kabar tentang Ida Dayak menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang 17 tahun koma. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "ida dayak sembuhkan pangeran arab saudi" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya tidak ada informasi valid dari media arus utama yang mengabarkan kabar tersebut. kemudian menemukan video berisi klarifikasi dari Ida Dayak perihal isu dirinya menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun.

Video tersebut berjudul "ibu Ida Dayak klarifikasi" yang diunggah channel YouTube petualang ibu dayak pada 8 April 2023.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube petualang ibu dayak.</p>

Pada menit ke 6 detik ke 28, seorang wanita tengah mewawancarai Ida Dayak perihal kabar telah menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun.

"Kakak Ida diundang Raja Arab Saudi?" tanya wanita tersebut.

"Ndak, belum," jawab Ida Dayak.

Ida Dayak kemudian menyebut bahwa kabar tersebut adalah hoaks. Ia tidak pernah bertemu dan menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang koma selama 17 tahun.

"Berita-berita hoaks yang ndak benar itu, yang dibikin2 itu, biarlah ndak apa-apa. Biarlah dia bikin apa terserah aja," ucap Ida Dayak.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=UBoBqM0nTEE

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Ida Dayak menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang 17 tahun koma ternyata tidak benar alias hoaks. Dalam sebuah video wawancara, Ida Dayak mengaku tidak pernah bertemu dan menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun itu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat