uefau17.com

Cek Fakta: Hoaks Menag Yaqut Cholil Qoumas Bakal Bikin Kiblat Baru untuk Umat Islam Nusantara di China - Cek Fakta

, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang menyebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan membangun kiblat baru bagi umat Islam nusantara di China. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 18 April 2022.

Dalam postingannya terdapat judul artikel berita dari Sindonews.com berjudul "Menag Yaqut: Saya Pastikan Pembangunan Kiblat Yang baru Untuk Umat Islam Nusantara. Akan Segera Di Bangun Dan Kami Sudah Bekerja Sama dgn Pemerintahan China. Dan Lokasi Pembangunannya Bertempat di China."

Lalu akun tersebut menambahkan narasi:

"Makin menjadi jadi ni orang 1.Menag rasa komunis......"

Lalu benarkah postingan yang menyebut Menag Yaqut Cholil Qoumas akan membangun kiblat baru bagi umat Islam nusantara di China?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dengan mengunjungi laman Sindonews.com. Dalam kolom pencarian tidak ditemukan artikel seperti dalam postingan yang diunggah.

Penelusuran juga dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "Menag Yaqut" di indeks pencarian Sindonews.com. Dalam indeks tersebut ditemukan artikel yang waktu tayangnya seperti dalam postingan yakni 12 Maret 2022 pukul 19.08 WIB.

<p>Cek Fakta Menag Yaqut akan bikin kiblat baru di China</p>

Artikel tersebut berjudul "Menag Yaqut: Label Halal MUI Tidak Berlaku Lagi"

Dalam artikel tersebut Menag Yaqut tidak membahas pembangunan kiblat baru di China melainkan membahas label halal yang kewenangannya kini diberikan pada Badan Penyelenggara Jaminan Produk (BPJH) Kementerian Agama.

Sumber:

https://nasional.sindonews.com/read/710775/15/menag-yaqut-label-halal-mui-tidak-berlaku-lagi-1647086634

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut Menag Yaqut Cholil Qoumas akan membangun kiblat baru bagi umat Islam nusantara di China adalah hoaks. Faktanya judul artikel dalam postingan tersebut merupakan hasil suntingan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat