uefau17.com

Terlanjur Klik File APK? Simak Jurus agar Tetap Aman - Cek Fakta

, Jakarta- Perkembangan era digital dimanfaatkan oleh segelintir oknum untuk melakukan aksi kejahatan siber, salah satu yang sedang marak adalah dengan menyebar file APK yang disebar dengan beragam kemasan mulai dari undangan pernikahan sampai penerimaan paket.

Lalu bagaimana jika kita telah mengeklik tautan dan otomatis akan mengunduh file APK yang diterima. Tenang, jangan panik!

Dilansir dari situs resmi Bank Indonesia, berikut langkah-langkah untuk meminimalkan risiko dan mengamankan data Anda setelah telanjur klik APK penipuan.

5 Langkah saat Telanjur Klik APK Penipuan:

1. Matikan Akses Internet

Segera matikan data seluler dan Wi-Fi untuk menghentikan malware yang mungkin terkandung dalam APK tersebut. Hal ini akan mencegah malware mencuri data Anda atau menyebar ke perangkat lain.

2. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Cara menghapus file APK Penipuan yaitu dengan membuka menu pengaturan, pilih "Aplikasi", temukan dan hapus aplikasi yang baru saja Anda instal setelah mengeklik APK penipuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Berikutnya

3. Hubungi Bank

Laporkan kejadian kepada bank sesegera mungkin. Mereka dapat membantu memblokir kartu ATM/rekening Anda dan mengambil langkah-langkah pengamanan lebih lanjut.

4. Ganti Password Semua Akun

Segera ubah password akun bank, email, media sosial, dan akun lainnya yang terhubung dengan data pribadi Anda. Gunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun.

5. Lakukan Factory Reset (opsional)

Jika masih ragu, lakukan backup data penting dan lakukan factory reset/setelan pabrik pada perangkat Anda. Ini akan menghapus semua data dan aplikasi di perangkat, termasuk malware yang mungkin tersembunyi.

 

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat