uefau17.com

Sempat Blunder saat Timnas Indonesia Dikalahkan Irak, STY Beber Kondisi Terkini Ernando Ari Sutaryadi - Bola

, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan kondisi terkini kiper Ernando Ari Sutaryadi usai sempat melakukan blunder kala skuad Garuda ditaklukkan Irak dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (6/6/2024).

Seperti diketahui, pasukan Merah Putih sejatinya tampil cukup gemilang ketika menjamu Singa Mesopotamia di kandang sendiri. Jordi Amat dan kawan-kawan mampu memaksakan skor imbang 0-0 hingga turun minum.

Sayangnya, sejumlah nestapa malah menimpa Timnas Indonesia memasuki babak kedua. Justin Hubner melakukan handball di kotak terlarang yang berbuntut pada terjadinya tendangan penalti sekaligus gol pembuka bagi Irak.

Jordi Amat lantas diganjar kartu merah, sehingga memaksa timnas Indonesia hanya bermain dengan 10 penggawa sejak menit 59. Sementara itu, kiper Ernando Ari Sutaryadi salah melakukan antipasi, yang membuat Ali Jasim mampu menceploskan gol kedua Singa Mesopotamia pada menit 88.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sebelumnya mengungkap penjaga gawang skuad Garuda jadi salah satu pemain yang nampak paling merasa bersalah menyusul kekalahan anak-anak asuhnya dari Irak.

Juru taktik asal Korea Selatan bahkan sempat menyatakan dirinya belum mau mengajak Ernando bicara sampai menunggu kondisinya kembali normal.

"Suasana ruang ganti sama saja, tetapi saya melihat memang Nando merasa bersalah sendiri," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers selepas pertandingan melawan Irak, Kamis (6/6/2024) lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Terkini Ernando Ari Sutaryadi

Adapun jelang pertandingan melawan Filipina, Shin Tae-yong kembali membeberkan kondisi anak-anak asuhnya. Dia menyatakan para pemain tengah mempersapkan diri dengan baik dan tak mau mepermasalahkan laga blunder di laga sebelumnya.

"Memang kemarin Ernando melakukan kesalahan fatal, saya pun mengakuinya," ucap Shin Tae-yong kala menghadiri jumpa pers jelang duel kontra Filipina di SUGBK pada Senin (10/6/2024).

"Namun, dengan kesalahan-kesalahan tersebut, para pemain bisa berkembang jadi lebih baik. Makanya saya tidak mempermasalahkan kesalahan tersebut. Ernando pun dalam kondisi persiapan baik juga," tambah dia.

3 dari 3 halaman

Wajib Menang Lawan Filipina

Adapun pertandingan melawan Filipina bakal menjadi laga krusial buat Timnas Indonesia. Pasukan Garuda wajib mendulang tiga poin jika ingin menyegel tiket menuju putaran selanjutnya Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sekadar informasi, skuad racikan Shin Tae-yong saat ini menduduki peringkat 2 klasemen sementara grup F dengan perolehan 7 poin dari 5 pertandingan. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan cuma unggul satu angka dari Vietnam yang baru saja menang atas Filipina di laga sebelumnya.

Juru taktik skuad Garuda pun cukup optimistis anak-anak asuhnya mampu menaklukkan skuad racikan Tom Saintfiet, Selasa (11/6/2024) mendatang. Pasalnya di atas kertas, Timnas Indonesia memang memiliki kans lebih besar untuk melenggang.

"Di grup kita saat ini, memang yang kemungkinan lolos hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak sudah lolos, dan Indonesia punya peluang lebih besar untuk lolos ke ronde ketiga dibanding Vietnam, apalagi kita main home," ucap Shin Tae-yong kepada awak media.

"Sebenarnya di laga melawan Irak pun komposisi permainan kita tidak kalah jauh dibanding Irak. Makanya saya tidak khawatir jelang pertandingan besok karena kita pasti bisa mendapat tiket ronde 3," tambah juru taktik berusia 53 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat