uefau17.com

Tantang Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ini Tekad Jordi Amat untuk Timnas Indonesia - Bola

, Jakarta Timnas Indonesia bakal menantang Irak dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Duel skuad Garuda melawan Singa Mesopotamia dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (6/6/2024) pukul 16.00 WIB.

Pertandingan ini merupakan momen krusial bagi Timnas Indonesia dalam misinya mengamankan tiket ke putaran 3 FIFA World Cup 2026 Qualifiers. Skuad Garuda bisa langsung tembus menuju ronde berikutnya sekaligus lolos ke ajang Piala Asia 2027, apabila berhasil setidaknya merebut satu kemenangan dalam dua laga kandang tersisa.

Hanya saja, duel kontra Irak tak bakal jadi misi mudah buat tim racikan Shin Tae-yong. Dari tiga pertemuan terakhir level senior dan U-23 di bawah kepemimpinan juru taktik Korea Selatan, Timnas Indonesia belum sekali pun berhasil merebut kemenangan.

Belum lagi, Irak terkenal punya lini serang yang tangguh. Mereka begitu produktif usai melesakkan 12 gol dalam 4 pertandingan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2024 dan cuma kebobolan satu kali sepanjang periode tersebut.

Bek Timnas Indonesia Jordi Amat pun tak menampik bahwa Singa Mesopotamia memang punya kelebihan di lini depan. Walau begitu, dia tetap bertekad tampil maksimal sepanjang mengawal pertahanan demi membantu Merah Putih memetik hasil positif atas Irak.

"Mereka (Irak) punya potensi yang sangat bagus di lini depan. Bukan cuma striker, winger nomor 8 dan 9 mereka juga sangat bagus. Jadi kita harus bisa bertahan dengan baik dan tetap dekat satu sama lain," ucap Jordi dalam konferensi pers pra pertandingan, Rabu (5/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pastikan Tidak Ada Celah

Lebih lanjut, Jordi Amat juga menyoroti kemampuan Irak dalam mengirim umpan-umpan silang ke area penalti Indonesia. Mantan bek Rayo Vallecano itu menilai dia dan rekan-rekannya di lini belakang harus ekstra fokus demi mengantisipasi pergerakan Singa Mesopotamia.

"Kita harus lebih kompak, mencoba untuk tidak meninggalkan celah di lini pertahanan kami. Irak juga sangat bagus dalam crossing, mereka bisa memasukkan bola dengan baik ke kotak (penalti), jadi kami harus ekstra fokus," ucap Jordi.

"Semoga dengan kekuatan pemain yang kita miliki, kita bisa bertahan dengan baik serta bersaing dengan baik (di laga melawan Irak)," tandas pesepak bola berusia 32 tahun.

3 dari 3 halaman

Puji Kualitas Pemain Muda Indonesia

Terlepas dari kekuatan Irak, Jordi Amat menilai Timnas Indonesia juga punya materi pemain bagus. Meski sebagian besar skuad masih berusia muda, anak-anak asuh Shin Tae-yong cenderung bisa diandalkan, terutama jika menilik penampilan mereka dalam gelaran Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024.

"Saya tahu bahwa skuad kami sangat muda, tetapi mereka tampil begitu bagus. Tim kami meningkat tiap hari. Kami percaya permainan sepak bola kami dan kami harus menerapkan gaya yang diinginkan pelatih supaya bisa menang," ucap Jordi kepada awak media.

"Kami akan mencoba memberikan yang terbaik demi mendapatkan poin besok. Kami akan berjuang, kami akan tampil maksimal, teapi tetapi berharap semua pemain juga bisa menikmati pertandingan besok," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat