uefau17.com

Terungkap, Alasan Shin Tae-Yong Mainkan 20 Pemain Timnas Indonesia Sekaligus Lawan Libya - Bola

, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong buka suara terkait kekalahan telak 0-4 lawan Libya pada uji coba jelang Piala Asia 2023 di stadion Titanic Madran, Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024). Indonesia banyak melakukan kesalahan dan STY melakukan pergantian pemain yang tak biasa.

Shin Tae-Yong menurunkan tim pertama yang berisi Marc Klok dan kawan-kawan pada babak 1. Namun di babak kedua, dia mengganti 10 pemain yang tampil di babak pertama.

"Memang para pemain begitu datang ke Turki banyak latihan fisik. Jadi satu hari sebelum pertandingan kemarin, kita fokus latihan fisik," kata Shin Tae-Yong kepada media lewat zoom, Rabu (3/1/2024).

"Kekalahan kemarin tidak arti apa-apa. Saya hanya ingin mengecek kondisi pemain seperti apa tanpa melihat skor," dia menambahkan.

Shin Tae-Yong paham banyak fans Timnas Indonesia yang kecewa dengan kekalahan telak 0-4 lawan Libya. Dia berharap fans tidak khawatir.

"Memang fans kecewa besar karena kita kalah lawan Libya dengan skor 0-4. Mulai hari ini kita fokus dengan pertandingan untuk tanggal 5 (lawan Libya lagi). Semua itu untuk persiapan kita lawan Irak, fans tak perlu khawatir dengan kekalahan kemarin."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kedatangan Pemain Timnas Indonesia yang Berbeda-Beda Juga Jadi Alasan

STY juga menjelaskan penyebab lain mengapa dia menurunkan 20 pemain sekaligus saat laga pertama melawan Libya. Kedatangan pemain yang berbeda-beda juga menjadi salah satu penyebabnya.

"Memang alasan mengganti 10 pemain di babak pertama karena kedatangan pemain berbeda-beda. Ada yang datang 20 Desember, ada yang 1 Januari," ujarnya.

"Kalau pemain yang datang sejak 20 Desember 2023 mereka sudah menjalani latihan fisik langsung. Saya hanya ingin cek kondisi pemain, tolong jangan memberi arti ke pertandingan kemarin," ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Laga Kedua Lawan Libya Bisa Jadi Gambaran Lawan Irak

 

Shin Tae-Yong membenarkan duel kedua melawan Libya pada Jumat 5 Januari 2024 nanti bisa menjadi gambaran awal persiapan Timnas indonesia melawan Irak pada laga pertama Piala Asia 2023.

"Secara fisik pemain masih capek untuk pertandingan kemarin. Mulai hari ini kami conditioning," katanya.

"Tanggal 5 lawan Libya, secara keseeluruhan kita akan menyesuaikan untuk pertandingan melawan Irak, menyesuaikan formasi lawan Irak nanti, untuk antisipasi Irak di Piala Asia 2023."

4 dari 5 halaman

Justin Hubner Minta Maaf

Justin Hubner tidak menunjukkan penampilan yang sesuai harapan saat debut dengan Timnas Indonesia di laga melawan Libya di stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024). Dia melakukan setidaknya dua blunder saat Indonesia kalah 0-2 dari Libya.

Blunder pertama terjadi saat Justin Hubner tak menyambut umpan pendek dari Jordi Amat yang malah direbut Amar Al Khoja di menit ke-58. Bek Wolves U-21 ini kembali melakukan blunder saat dia malah memberi umpan kepada Nour Al Qulaib di menit ke-89 dan berujung gol ke gawang Timnas Indonesia.

Usai pertandingan, Justin Hubner kecewa dengan kesalahannya. Dia pun mengucapkan permintaan maaf.

"Maaf untuk terjadinya gol guys. Kita akan terus melaju dan main lebih baik dari yang kita perlihatkan hari ini," kata Justin Hubner di instastory miliknya.

Penampilan Justin Hubner di laga uji coba menjelang Piala Asia 2023 melawan Libya memang tidak diprediksi sebelumnya. Soalnya, dia baru tiba pada 1 Januari dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong memilih untuk memainkan Hubner di babak kedua untuk berduet dengan Jordi Amat. Namun bek Spanyol ini juga blunder untuk gol kedua.

5 dari 5 halaman

Netizen Memaklumi Kesalahan Justin Hubner

Netizen atau pecinta sepak bola Indonesia memberi respon positif atas permintaan maaf Justin Hubner. Mereka menilai bek naturalisasi ini memang belum panas.

"Baru match pertama, cuma uji coba, ga ngaruh ke poin fifa, udah dimaki2, emang lucu banget," tulis #inpo***

"Baru dateng, langsung dimainin. Ga muntah2 aja udah bagus si hubner. Niat hati mau build up serangan, lah malah dibalikin ke dia lagi dan jarak pemain malah jauh, kena press pula. Chemistry nya perlu dibangun lebih solid lagi nih. 2 gol give away dari hubner dan amat di akhir," tulis #neta***

"Selain blundernya, lebih ngerasa aman pas duet sama jordi. Tapi sisi bek kanan kosong banget jordi ngisi ke kanan jadi space jordi hubner jauh. Menurutku yang awam nih. Ya udah kita support lagian perdana main di kelas senior jadi pengalaman biar tau atmosphere sebelum piala asia," tulis @bona***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat