uefau17.com

Timnas Indonesia vs Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Asisten Shin Tae-Yong Beri Penjelasan soal Pemilihan Pemain - Bola

, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi Brunei Darussalam pada leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di stadion Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023). Indonesia wajib menang sebagai modal untuk leg 2 yang bakal digelar di stadion Hasanah Bolkiah Brunei pada 17 Oktober 2023.

Timnas Indonesia sudah memanggil 26 pemain untuk memperkuat tim yang main melawan Brunei. Dari 26 nama, ada beberapa nama yang tidak sesuai dengan harapan fans Timnas.

Banyak yang mempertanyakan mengapa Egy Maulana Vikri tetap dipanggil Shin Tae-Yong. Soalnya Egy tampil buruk saat membela Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 lalu.

Padahal banyak pemain lebih bagus seperti Stefano Lilipaly dari Borneo FC atau M Khanafi di Persik Kediri. Keduanya sudah mencetak 6 dan 5 gol di BRI Liga 1.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto pun langsung memberi penjelasan. Lewat postingan di media sosial, mantan bek Persib ini memberi penjelasan bagaimana Shin Tae-Yong dalam memilih pemain.

"Dalam memanggil pemain, banyak pertimbangan dari coaching staff, karena kami tahu banyak pemain yang tampil sangat baik di kompetisi dan bukan hanya 1 atau 2 pemain saja," tulis Nova Arianto.

"Harus digaris bawahi Head coach punya Filosofi bermain dan pastinya akan berbeda dengan di club karena pemain yg dipanggil akan disesuiakan dengan Game Plan yang akan dibuat saat menghadapi Brunei Darusalam."

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sikap Pemain Jadi pertimbangan

 

Nova Arianto juga mengungkapkan, ada 3 hal setidaknya yang jadi pertimbangan STY dalam memilih pemain. Tiga faktor itu yakni game plan, attitude dan karakter.

"Pastinya semua pemain selalu dilihat dan dipantau bukan hanya di pertandingan kompetisi tetapi bagaimna mereka di latihan di saat bersama Tim Nasional termasuk attitude mereka di luar lapangan," tulisnya.

"Head Coach kami pastinya sudah melihat semua karakter pemain yang pernah dipanggil di Tim Nasional baik disenior sampai di level Timnas U 20 dan itu pastinya menjadi pertimbangan besar dalam memanggil pemain."

 

3 dari 5 halaman

Shin Tae-Yong Ingin Beri yang Terbaik untuk Timnas Indonesia

 

Nova memastikan STY hanya ingin memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia. Maka itu, dia berharap publik menghormati keputusan pelatih.

"Hormati keputusan Head Coach dan mari bersama sama memberikan doa dan dukungan yg terbaik agar Tim Nasional bisa meraih hasil terbaik dan bisa lolos ke babak selanjutnya," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Panggil 3 Pemain Pengganti

 Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil Fachruddin Aryanto (Madura United), Dzaky Asraf (PSM Makassar), dan Hokky Caraka (PSS Sleman) untuk masuk skuad laga melawan Brunei Darussalam pada babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026. Ketiganya menggantikan Jordi Amat dan Yance Sayuri yang mundur akibat cedera.

TIm Garuda dijadwalkan menghadapi Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah di laga pertama.

 Hokky Caraka, yang sudah melesakkan dua gol dan satu assist di BRI Liga 1 2023/2024 untuk PSS Sleman, gembira karena masuk timnas Indonesia senior untuk kali pertama. Sebelumnya dia sudah membela timnas kelompok usia U-19, U-20, dan U-23 dalam 18 pertandingan.

"Alhamdulillah sangat bersyukur dan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi saya. Apalagi ini pertama kali saya dipanggil di timnas senior. Saya akan berjuang keras dan maksimal supaya dapat bermain melawan Brunei Darussalam," kata Hokky Caraka dikutip situs resmi PSSI.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

1. Edo Febriansyah - Persib Bandung

2. Marc Klok - Persib Bandung

3. Ricky Kambuaya - Dewa United

4. Rachmat Irianto - Persib Bandung

5. Dimas Drajad - Persikabo 1973

6. Nadeo Argawinata - Borneo FC

7. Dzaky Asraf - PSM Makassar

8. Syahrul Trisna - Persikabo 1973

9. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

10. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

11. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

12. Rizky Ridho - Persija Jakarta

13. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara FC

14. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

15. Egy Maulana Vikri - Dewa United

16. Ramadhan Sananta - Persis Solo

17. Fachruddin Aryanto - Madura United

18. Saddil Ramdani - Sabah FC

19. Hokky Caraka - PSS Sleman

20. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

21. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

22. Sandy Walsh - KV Mechelen

23. Shayne Pattynama - Viking FK

24. Arkhan Fikri - Arema FC

25. Rafael Struick - ADO Den Haag

26. Elkan Baggott - Ipswich Town

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat