uefau17.com

Kronologi Ramadhan Sananta Tak Jadi Bela Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2023: Sudah Sepakat, Tapi Batal Dilepas - Bola

, Jakarta Timnas Indonesia U-24 harus rela kehilangan amunisi pentingnya jelang memulai perjuangan di Asian Games 2023. Ramadhan Sananta dikabarkan batal memperkuat Garuda Muda dalam turnamen multi event level Asia yang dihelat di Hangzhou.

Sekadar infomasi, Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2023 sejatinya telah memanggil 22 nama untuk membela Garuda Muda, dengan Ramadhan Sananta menjadi salah satunya.

Kloter pertama pasukan Merah Putih sudah tiba di negeri tirai bambu sejak Sabtu (16/9/2023) lalu. Sementara itu, kloter kedua baru bertolak dari Indonesia menuju China pada Senin (18/9/2023) dini hari tadi.

Perbedaan waktu keberangkatan Timnas Indonesia U-24 ini memang sengaja diatur demi mengakomodasi kepentingan klub. Pasalnya, beberapa tim telah meminta izin untuk lebih dulu memakai jasa penggawanya guna melakoni pertandingan Liga 1 2023/2024.

Sayangnya, Ramadhan Sananta yang  sudah beres membela Persis Solo saat menjamu PSIS Semarang pada Sabtu (16/9/2023) mendadak dikabarkan batal bergabung dengan rombongan kedua Timnas Indonesia U-24 untuk berangkat ke China.

Laskar Sambernyawa menilai tenaga pemain berusia 20 tahun sedang amat dibutuhkan oleh klub lantaran mereka kekurangan amunisi untuk mengawal lini depan skuadnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indra Sjafri Sudah Jalin Komunikasi dengan Klub

Pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri menjelaskan, pihaknya sejatinya sudah berdiskusi dengan manajemen Persis Solo terkait pemanggilan Ramadhan Sananta.

Pihak klub semula setuju mengizinkan pemainnya membela Garuda Muda di Asian Games 2023 Hangzhou, dengan catatan Sananta lebih dulu dibiarkan melakoni laga kontra PSIS Semarang akhir pekan lalu.

“Dari hasil diskusi dan komitmen saya dengan klub, salah satunya Persis Solo setuju memberikan pemainnya memperkuat Timnas Indonesia di Asian Games. Untuk Persis Solo, kami hanya panggil satu pemain, yaitu Sananta,” jelas Indra Sjafri melalui keterangan tertulisnya.

“Atas izin Persis Solo dan komitmen Mas Chairul sebagai manager Persis, (Sananta) setuju bergabung dengan permintaan main dulu lawan PSIS Semarang tanggal 16 September 2023. Kami setujui dan sepakat (Ramadhan Sananta) berangkat menyusul ke China tanggal 18 dini hari,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Perubahan Sikap Persis Solo

Akan tetapi, perubahan mendadak terjadi mendekati hari keberangkatan. Ramadhan Sananta batal dilepas oleh Persis Solo, meski panitia Asian Games sudah menerbitkan ID card untuk sang pemain.

Timnas Indonesia U-24 pun terpaksa tampil dengan amunisi tidak lengkap. Pasalnya, semua pemain yang sudah didaftarkan dan memiliki ID card Asian Games 2023 Hangzhou tak dapat lagi diganti.

“Tiba-tiba Sananta tidak dibolehkan berangkat ke China, padahal ID card sudah diterbitkan oleh panitia Asian Games. Semua pemain yang didaftarkan dan sudah punya ID card, sudah tidak bisa diganti lagi,” papar pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri.

“Tiket keberangkatan ke Hangzhou juga sudah disiapkan buat semua pemain yang menyusul dengan penerbangan tanggal 17 (tanggal 18 dini hari 00:15),” tandas dia.

4 dari 4 halaman

Penjelasan Persis Solo soal Ramadhan Sananta

Di sisi lain, Persis Solo juga sudah sempat mengeluarkan pernyataan terkait perubahan sikap pihaknya dalam hal pemanggilan Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia U-24.

Laskar Sambernyawa tak menampik klub kesulitan melepas sang pemain lantaran jasanya diperlukan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023/2024. Apalagi Persis Solo saat ini memiliki opsi terbatas yang dapat mengisi pos dilini serang.

“Persis memberikan respons sekaligus mengajukan permohonan maaf karena pemain atas nama Muhammad Ramadhan Sananta akan tetap bersama tim untuk mengikuti kompetisi BRI Liga 1 mendatang,” tulis Persis Solo melalui pernyataan di situs resminya padaMinggu, (17/9/2023).

“Keputusan ini kami ambil dengan mempertimbangkan peran vital Sananta dalam tim untuk melakoni kompetisi BRI Liga 1, sekaligus menimbang kondisi tim yang sedang memiliki opsi terbatas untuk pemain di posisi penyerang,” sambung pihak klub.

Adapun Irfan Jauhari saat ini memang tengah absen karena dilanda cedera ACL usai memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23. Arkhan Kaka tak ada di tempat lantaran sedang menjalani TC untuk Piala Dunia U-17 2023. Sementara itu, Fernando Rodriguez harus bertolak ke Spanyol akibat keperluan keluarga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat