uefau17.com

SEA Games 2023: Indra Sjafri Tak Masalah Timnas Indonesia U-22 Tanpa Ronaldo Kwateh - Bola

, Jakarta PSSI telah mengumumkan 20 nama pemain Timnas Indonesia U-22 yang akan dibawa untuk tampil dalam perhelatan SEA Games 2023 Kamboja pada Jumat (21/4/2023) lalu.

Dari daftar tersebut, nama Ronaldo Kwateh tak ikut tercantum. Eks pemain Madura United memang tertimpa nasib buruk beberapa saat jelang pengumuman skuad.

Pesepak bola berusia 18 tahun itu terjerembap dan menubruk papan iklan saat berupaya mencegah bola keluar dalam pertandingan uji coba melawan Lebanon di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu (16/4/2023).

Kejadian tersebut membuat Ronaldo nampak kesakitan. Ia sempat menerima perawatan medis di pinggir lapangan, sebelum akhirnya ditandu meninggalkan area permainan serta digantikan oleh rekannya Jeam Kelly Sroyer.

Akibat hal ini, Ronaldo Kwateh dipastikan tak masuk dalam daftar skuad Garuda Nusantara untuk SEA Games 2023. Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri pun ogah ambil pusing menanggapi ketiadaan sang pemain. Ia optimistis susunan penggawa yang dipilihnya untuk bertolak ke negeri Angkor Wat sudah merupakan yang terbaik.

“Kan (waktu) Ronaldo Kwateh masuk itu, semua (pemain) masih punya kesempatan yang sama (untuk jadi skuad SEA Games 2023). Jadi yang kita putuskan tadi 20 (penggawa) itu sudah yang terbaik,” tutur Indra saat sesi latihan Timnas Indonesia U-22 di Hotel Sultan, Jumat (21/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keputusan Berat Memilih Pemain

Lebih lanjut, Indra Sjafri tak menampik bahwa keputusan dalam memilih pemain tertentu–termasuk pilihan untuk tidak membawa Ronaldo Kwateh–adalah hal yang berat.

Kendati demikian, ia menegaskan, nama-nama yang masuk dalam daftar skuad Timnas Indonesia U-22 sudah dicomot berdasarkan pertimbangan matang dan data-data yang diperoleh sepanjang pemusatan latihan hingga uji coba.

“Pasti (berat saat memilih pemain). Makanya kemarin kita akhiri lagi dengan internal game,” papar Indra kepada awak media.

“Setelah dikumpulkan semua data psikotes, data inbody, data-data fisik, data IQ, kita rangkum jadi suatu rangkuman. Setelah itu kita lakukan uji coba luar negeri dua kali dan satu kali uji coba dalam negeri, lalu internal game terakhir. Kami memutuskan 20 (pemain) itu yang paling tepat untuk dibawa ke Kamboja,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Kondisi Ronaldo Kwateh

Sementara itu terkait kondisi Ronaldo Kwateh, Indra Sjafri mengeklaim cedera sang pemain tidak terlalu mengkhawatirkan. Hanya saja, penggawa Bodrumspor masih butuh waktu untuk sepanjang pekan ini.

“Kemarin (Ronaldo Kwateh) sudah di-MRI, dan (kondisi) spesifiknya coba tanya dokter. Tapi Saya pikir dia pekan ini harus istirahat dulu, tetapi (untuk) jalan, apa semua, tidak ada masalah,” papar Indra pada Jumat (21/4/2023) sore WIB.

“(Cederanya) sejauh ini tidak terlalu (mengkhawatirkan). Apakah nanti, dari hasil observasi ada tindakan-tindakan lain, ya kita coba lihat. Saya pikir tidak terlalu mengkhawatirkan, tetapi yang paling tahu tentu dokter,” sambungnya.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Berikut daftar pemain Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023 Kamboja.

  1. Amiruddin Bagas Kaffa (Barito Putera)
  2. Titan Agung Bagus Fawwazi (Bhayangkara FC)
  3. Komang Teguh Trisnanda (Borneo FC)
  4. Muhammad Taufany Muslihuddin (Borneo FC)
  5. Muhammad Fajar Faturrahman (Borneo FC)
  6. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze)
  7. Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)
  8. Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung)
  9. Ilham Rio Fahmi (Persija Jakarta)
  10. Muhammad Ferarri (Persija Jakarta)
  11. Rizky Ridho (Persija Jakarta)
  12. Witan Sulaeman (Persija Jakarta)
  13. Jeam Kelly Sroyer (Persik Kediri)
  14. Irfan Jauhari (Persis Solo)
  15. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)
  16. Mohammad Haykal Alhafiz (PSIS Semarang)
  17. Muhammad Adisatryo (PSIS Semarang)
  18. Ananda Raehan Alif (PSM Makassar)
  19. Muhammad Ramadhan Sananta (PSM Makassar)
  20. Pratama Arhan Rifai (Tokyo Verdy)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat