uefau17.com

Hasil Final Malaysia Open 2023: Tumpas Pasangan China, Fajar/Rian Rebut Gelar Juara - Bola

, Jakarta - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjuarai Malaysia Open 2023 usai membungkam Liang Wei Keng/Wang Chang asal China 21-18, 18-21, 21-13 di Axiata Arena, Minggu (15/1/2023).

Pertandingan berdurasi 67 menit ini berlangsung sengit. Liang/Wang sempat unggul 3-1, sebelum Fajar/Rian balik memimpin 6-5 di awal laga.

Fajri terus melesat hingga 12-7, 16-12, dan 19-13. Liang/Wang mampu mendekat dengan merebut empat poin beruntun saat Fajar/Rian dalam posisi match point. Namun, keunggulan lebar yang dimiliki membawa Fajar/Rian mengamankan gim pembuka.

Fajar/Rian tercecer 0-4 di awal laga, tapi kemudian bisa menyamakan kedudukan. Kedua pasangan kemudian saling jual beli serangan, sebelum Fajar/Rian unggul 11-9 pada interval.

Namun, duel berlanjut sengit ke 12-12. Liang/Wang bahkan balik memimpin 16-14. Keduanya bisa mempertahankan keunggulan dan memaksa rubber.

Pertarungan sengit hadir di gim penentu. Kedua pasangan tidak bisa menciptakan keunggulan lebar untuk menguasai pertandingan. Dalam kedudukan 10-9, Fajar/Rian akhirnya menemukan momentum dengan merebut lima angka beruntun. 

Mereka lalu sukses menjaga keunggulan demi merebut gelar level Super 1000 untuk pertama kali sepanjang karier.

Fajar/Rian menjadi ganda putra Indonesia kesembilan yang menjuarai Malaysia Open. Mereka mengikuti jejak Bobby Ertanto/Christian Hadinata, Rexy Mainaky/Ricky Subagja, Tony Gunawan/Halim Haryanto, Tony Gunawan/Candra Wijaya, Sigit Budiarto/Candra Wijaya, Markis Kido/Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Hasil ini sekaligus mempertahankan bagus Fajar/Rian dalam satu tahun terakhir. Sejak 2002, mereka sebelumnya sukses memenangkan Swiss Open, Indonesia Masters, Malaysia Masters, dan Denmark Open.

Fajar/Rian juga masuk final Korea Open, Thailand Open, Malaysia Open, dan Singapore Open. Kinerja tersebut membawa mereka ke peringkat satu dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Beruntun

Indonesia meloloskan tiga wakil ke semifinal Malaysia Open 2023. Namun, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja terhenti di semifinal.

Kemenangan Fajar/Rian membuat Indonesia mengamankan gelar Malaysia Open dalam dua tahun terakhir. Pada 2022, wakil Tanah Air memenangkan titel ganda putri melalui Apriyani/Fadia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat