uefau17.com

Harga Emas Dunia Naik Menanti Data Ekonomi AS - Bisnis

, Jakarta Harga emas naik pada hari Senin, terbantu oleh pelemahan dolar AS, sementara investor menantikan data inflasi AS yang akan dirilis akhir pekan ini yang dapat memberikan kejelasan lebih lanjut tentang kebijakan moneter Federal Reserve.

Dikutip dari CNBC, Selasa (25/6/2024), harga emas spot terakhir naik 0,54% menjadi USD 2.332,7905 per ounce. Emas berjangka AS menetap 0,6% lebih tinggi, menjadi USD 2.344,40.

Dolar AS turun 0,29% terhadap mata uang lainnya, membuat emas menjadi menarik bagi pemegang mata uang lain.

Emas berada dalam mode konsolidasi dan ada pembelian aktif saat harga turun, kata David Meger, Direktur Investasi Alternatif dan Perdagangan di High Ridge Futures Traders, menambahkan bahwa mereka mengamati lintasan suku bunga yang bergerak maju dan waktu potensial penurunan suku bunga tersebut.

Fokus minggu ini akan tertuju pada data Personal Consumption Expenditures (PCE) AS, ukuran inflasi pilihan Fed, yang akan dirilis pada hari Jumat.

Juga menjadi perhatian, beberapa pejabat Fed akan berbicara minggu ini, termasuk Gubernur Fed Lisa Cook, dan Michelle Bowman. Pada hari Senin, Presiden Fed San Francisco Mary Daly, mengatakan "masih ada pekerjaan yang harus dilakukan" sebelum Fed dapat mulai menurunkan suku bunga.

Peluang Penurunan Suku Bunga

Pelaku pasar saat ini memperkirakan peluang 66% penurunan suku bunga Fed pada bulan September, menurut CME FedWatch Tool.

"Kami percaya emas bisa mencapai USD 3.000/oz dalam 12-18 bulan ke depan, meskipun aliran dana tidak membenarkan level harga itu sekarang," kata BofA dalam catatan riset.

“Untuk mencapainya, diperlukan permintaan non-komersial untuk meningkat dari level saat ini, yang pada gilirannya membutuhkan penurunan suku bunga Fed. Arus masuk ke ETF yang didukung fisik dan peningkatan volume kliring LBMA akan menjadi sinyal awal yang menggembirakan.”

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang emas batangan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa harga 1 gram emas sekarang?

Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau harga emas naik tipis pada perdagangan di awal pekan ini. Harga emas Antam naik Rp 3.000 menjadi Rp 1.360.000 per gram pada perdagangan Senin (24/6/2024). Kemarin, harga emas Antam dibanderol Rp 1.357.000 per gram.

Sedangkan untuk harga emas Antam untuk pembelian kembali atau buyback stabil. Harga buyback emas Antam menjadi Rp 1.235.000. Harga buyback ini adalah jika Anda ingin menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 1.235.000 per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Anda dapat memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen) jika menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Hingga pukul 08.30 WIB, harga emas Antam sebagian masih ada.

3 dari 3 halaman

Apa Bedanya Emas 23 dan 24 Karat?

Perbedaan utama antara emas 23 karat dan emas 24 karat terletak pada kadar kemurniannya.

  • Emas 24 karat adalah yang paling murni, mengandung 99.5% hingga 99.9% emas dan hanya memiliki sedikit sekali campuran logam lain.
  • Emas 23 karat memiliki kemurnian sedikit lebih rendah, yaitu sekitar 95.8% emas. Sisa 4.2% terdiri dari logam campuran lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat