uefau17.com

Harga Minyak dan Harga Gas Global Naik, Cek Harganya di Sini - Bisnis

, Jakarta Harga Minyak Mentah Berfluktuasi: Pertaruhan Pasokan Ketat Lawan Sinyal The Fed dan Data Stok AS yang Lemah

Harga minyak mentah berjangka naik pada hari Rabu didorong oleh perkiraan para pedagang akan pasokan yang lebih ketat di akhir tahun.

Namun, kenaikan tersebut dibatasi oleh indikasi Federal Reserve untuk hanya melakukan satu penurunan suku bunga tahun ini dan data persediaan minyak AS yang mengecewakan.

Departemen Energi AS memperkirakan permintaan global naik 1,1 juta barel per hari (bpd) tahun ini, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 900.000 bpd. Peningkatan permintaan ini mengindikasikan potensi defisit pasokan, sementara produksi dunia diperkirakan naik 800.000 bpd di tahun 2024.

Harga minyak mentah sempat naik hampir 2% di awal hari, tetapi kemudian turun setelah AS melaporkan kenaikan 3,7 juta barel dalam persediaan minyak mentah untuk minggu lalu. Angka ini jauh di atas ekspektasi analis yang memperkirakan penurunan satu juta barel.

Persediaan bensin juga naik sebesar 2,6 juta barel, dibandingkan dengan perkiraan analis sebesar 891.000 barel. Permintaan bahan bakar tercatat meningkat 94.000 bpd menjadi sekitar sembilan juta bpd secara total.

Namun, rata-rata harian permintaan bahan bakar masih lesu, yaitu 1,5% lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, meskipun musim liburan musim panas telah dimulai.

Harga minyak semakin tertekan setelah Federal Reserve mengindikasikan hanya akan melakukan satu penurunan suku bunga tahun ini. Ini berbalik dari perkiraan sebelumnya yang mencapai tiga kali penurunan suku bunga pada bulan Maret lalu. The Fed beralasan bahwa kemajuan dalam pengendalian inflasi masih "terbatas".

Berikut harga energi pada penutupan hari Rabu, dikutip dari CNBC, Kamis (13/6/2024):

  • Kontrak West Texas Intermediate Juli: USD 78,50, naik 60 sen, atau 0,77%. Sepanjang tahun ini, harga minyak AS telah naik 9,5%.
  • Kontrak Brent Agustus: USD 82,60 per barel, naik 68 sen, atau 0,83%. Sepanjang tahun ini, harga patokan global ini naik 7,2%.
  • Kontrak Bensin RBOB Juli: USD 2,39 per galon, turun 0,6%. Sepanjang tahun ini, harga bensin naik 13,8%.
  • Kontrak Gas Alam Juli: USD 3,04 per seribu kaki kubik, turun 2,68%. Sepanjang tahun ini, harga gas naik 21%.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga minyak dunia dipengaruhi apa?

“Dalam jangka pendek, pasar minyak kemungkinan akan mengetat,” kata Martijn Rats, ahli strategi komoditas di Morgan Stanley, kepada kliennya dalam sebuah catatan. Bank investasi tersebut memperkirakan defisit 1,2 juta bpd pada kuartal ketiga, yang dapat mendorong harga minyak Brent menjadi $86 per barel.

Sementara itu, OPEC mempertahankan perkiraan pertumbuhan permintaan sebesar 2,2 juta bpd karena pertumbuhan ekonomi global yang solid sebesar 2,8% tahun ini. Perkiraan tersebut berbenturan dengan pandangan bearish dari Badan Energi Internasional (IEA), yang memperkirakan permintaan melemah dan pasokan meningkat.

Analis Citi menggambarkan pergerakan harga baru-baru ini sebagai terjebak dalam kisaran tertentu, dengan volatilitas mendekati level terendah dalam satu dekade.

Bank ini juga memperkirakan kuartal ketiga yang ketat karena permintaan bahan bakar musim panas, meskipun mereka mengantisipasi kenaikan produksi OPEC+ yang direncanakan akan menyebabkan "pasar beruang" pada akhir 2024 dan hingga 2025 dengan harga minyak Brent turun ke $60 per barel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat