uefau17.com

Update Terbaru Pendaftaran CPNS 2024, Dibuka Kapan Pastinya? - Bisnis

, Jakarta Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) atau CPNS 2024 direncanakan akan dibuka pada Juni 2024 atau Juli 2024. Namun sejauh ini belum ada kepastian terbaru kapan rekrutmen CPNS 2024 tersebut bakal digelar.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mengatakan, penyiapan CPNS 2024 memang butuh proses yang tidak asal.

Formasi-formasi CASN yang diusulkan tiap kementerian/lembaga sudah masuk ke lemari Badan Kepegawaian Negara (BKN), untuk kemudian dievaluasi lagi kesesuaiannya dengan alokasi yang ditetapkan.

"Sekarang BKN sedang memvalidasi data-datanya, kan harus sesuai dengan data ASN dan yang diusulkan. Sehingga harus valid, kita masih menunggu. Nanti kalau memang itu sudah klop, maka kita akan melakukan penetapannya," ujar Rini di seusai rapat kerja bersama Komisi II DPR RI, Rabu (12/6/2024).

Adapun formasi CASN 2024 yang telah sebanyak 1,28 juta. Terdiri atas 75 kementerian dan lembaga sebanyak 427.850, serta 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174. Jumlah 1,28 juta itu untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap.

ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yakni CPNS 2024, serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II yang telah masuk basis data (database) BKN.

Harus Ada Penetapan Final

Rini menyatakan, pembukaan seleksi CPNS dan PPPK 2024 masih harus melalui penetapan final dari seluruh kementerian/lembaga yang membuka formasi dalam perekrutan tahun ini.

Kementerian PANRB pun target penetapan seluruh 1,28 juta formasi yang tersedia bisa rampung akhir bulan ini, agar seleksi CPNS bisa digelar Juli 2024. Rini pun buka kesempatan proses perekrutan bisa dilaksanakan tiga kali dalam setahun, sesuai janji Menteri PANRB tempo hari.

"Kita sih mintanya Juni ini harus selesai, supaya Juli bisa. Tapi kita belum tahu kapan (pastinya), masih nunggu penetapan dari pak Menteri," pungkas Rini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendaftaran CPNS 2024 dibuka kapan?

Awalnya, seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) direncanakan dibuka pada Juni atau Juli 2024.

Sebanyak, 1.289.824 formasi CPNS telah disetujui untuk 2024, dengan 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 untuk instansi daerah. Ini termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di IKN dan pemerintah daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyatakan, pelaksanaan seleksi CPNS 2024, rencananya akan mulai Juni atau Juli. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat