uefau17.com

Cara Daftar CPNS 2024 dan Tahapannya, Jangan Salah Klik - Bisnis

, Jakarta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka 1,2 juta formasi CPNS 2024.

Rinciannya, sebanyak 427.650 formasi CPNS pada instansi pusat dan 862.174 formasi CASN pada instansi daerah. 

"Jumlah tersebut bagian dari tahap awal pemenuhan kebutuhan 2,3 juta PNS yang akan direkrut secara berkelanjutan," ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dikutip, Rabu (15/5/2024).

Cara Daftar CPNS

Lantas, bagaimana cara daftar CPNS 2024 nanti? Simak di bawah ini:

  1. Masuk ke situs resmi SSCASN
  2. Pilih Buat Akun
  3. Buat akun dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  4. Login menggunakan akun yang telah dibuat
  5. Lengkapi biodata
  6. Pilih jenis seleksi formasi instansi dan jabatan sesuai pendidikan
  7. Unggah dokumen persyaratan
  8. Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran
  9. Verifikator akan melakukan verifikasi dokumen detikers
  10. Jika detikers dinyatakan lulus seleksi administrasi, cetak kartu ujian CPNS dan ikuti tes seleksinya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses di BKN

Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mempercepat verifikasi terhadap pengisian formasi yang dilakukan K/L dan Pemda. Namun, tercatat masih ada 4 instansi yang belum melakukan pengisian rincian formasi. 

"Kami berharap 4 instansi itu segera mempercepat pengisian rincian formasinya di sistem BKN. Termasuk di dalamnya ada instansi daerah, yang sebenarnya sudah kita perpanjang ini tenggat pengisiannya. Kalau ini sudah beres 100 persen, kita bisa memulai pendaftaran CASN yang sudah ditunggu-tunggu publik,"  jelas Menpan RB.

Oleh karena itu, untuk kepastian jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi, masih dinamis mengikuti perkembangan yang ada. Penyesuaian ini terkait dengan kecepatan dan ketepatan pengisian dari K/L dan Pemda. 

"Karena ada kasus, Pemda mengisi rincian, setelah diverifikasi BKN ternyata keliru, maka harus dibetulkan lagi," ungkap Menteri Anas.

 

3 dari 3 halaman

Baca Lengkap Pengumuman

Menteri Anas mengingatkan agar masyarakat tidak mudah membaca informasi mengenai seleksi CASN dari portal informasi yang tidak valid. Seluruh informasi mengenai alur seleksi akan diumumkan melalui kanal-kanal resmi instansi pemerintah.

Selain itu, Anas juga menegaskan agar Masyarakat tidak percaya kepada pihak yang menjanjikan kelulusan. Anas mengatakan seleksi CASN menjunjung tinggi nilai transparansi dan akuntabilitas. 

"Contohnya live score hasil tes di Kantor BKN. Peserta tes berada di dalam gedung, sedangkan orang tua dapat langsung melihat hasilnya secara realtime. Dengan adanya live score di youtube, maka tidak ada titipan orang dalam," tegas Menteri Anas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat