uefau17.com

Vladimir Putin Pamer Kekuatan Ekonomi Rusia di Tengah Perang Ukraina - Bisnis

, Jakarta orum Ekonomi Internasional St. Petersburg (SPIEF) 2024 dibuka pada Kamis (7 Juni 2024) dengan fokus pada pemulihan ekonomi dan peluang baru di tengah ketegangan geopolitik yang sedang berlangsung. Presiden Rusia Vladimir Putin, dalam pidato pembukaannya, menekankan pentingnya kerjasama internasional dan multilateralisme dalam menghadapi tantangan global.

Kini, Rusia berusaha menggunakan SPIEF untuk menjalin hubungan baru dengan negara-negara yang tampaknya kurang khawatir berbisnis dengan negara yang telah menginvasi tetangganya, yaitu sejumlah negara di Asia, Amerika Latin, dan Afrika, serta mereka yang bersedia menutup mata terhadap perang demi kepentingan ekonomi mereka sendiri, seperti pelanggan minyak dan gas Rusia di Eropa Timur, Slovakia, dan Hungaria.

Dikutip dari CNBC, Jumat (7/6/2024), SPIEF adalah upaya terbaru dalam kampanye Kremlin untuk mencoba menunjukkan bahwa semuanya masih normal, kata Max Hess, rekan di Foreign Policy Research Institute dan penulis "Economic War: Ukraine and the Global Conflict Between Russia and the West," kepada CNBC pada Kamis.

"Mereka menggembar-gemborkan dan menyoroti peserta internasional dan propaganda domestik secara berlebihan, tetapi kecuali beberapa karakter biasa seperti Menteri Luar Negeri Hungaria [Peter Szijjarto], tidak ada yang baru dan penting yang hadir dan juga tidak ada investasi atau kesepakatan besar baru yang akan disepakati di forum ini, setidaknya bukan dengan negara-negara besar," katanya.

Diblacklist Negara Barat

SPIEF telah di-blacklist oleh sebagian besar bisnis dan politisi Barat sejak 24 Februari 2022, ketika pasukan Rusia menginvasi Ukraina.

Namun, Rusia berkeinginan menunjukkan bahwa mereka terbuka untuk bisnis dari tempat lain dan memang, kebutuhan dan keinginan untuk kemitraan ekonomi dengan negara-negara non-Barat telah disertai dengan sentimen dan retorika anti-Barat yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Moskow mengklaim bahwa mereka ingin melawan hegemoni Barat, serta mempromosikan kemitraan perdagangan yang mengecualikan Barat sebagai cara untuk melakukan hal ini. Sejalan dengan itu, tema SPIEF 2024 adalah "Fondasi Dunia Multipolar — Pembentukan Area Pertumbuhan Baru."

Program tahun ini mencakup sesi tentang pengembangan Arktik oleh Rusia, perluasan kelompok ekonomi BRICS, dan industri mobil Rusia.

Pidato Putin

Putin akan menyampaikan pidato kepada para delegasi pada hari Jumat, di mana dia diharapkan mempromosikan ketahanan ekonomi Rusia, peluang investasi, dan pertumbuhan meskipun ada sanksi internasional. Tidak jelas seberapa banyak perang di Ukraina, atau "operasi militer khusus," akan menjadi bagian dari pidatonya, namun, Moskow kemungkinan akan menghindari konflik tersebut saat mencari investasi.

Yang membuat negara-negara Barat jengkel adalah kenyataan bahwa Rusia telah berhasil menyesuaikan ekonominya dengan realitas baru sanksi dan pembatasan perdagangan pada beberapa industri terbesarnya, seperti sektor minyak dan gas.

Ekonomi Rusia diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dari semua ekonomi maju tahun ini, prediksi Dana Moneter Internasional (IMF) pada bulan April.

Dalam Laporan Prospek Ekonomi Dunia terakhirnya, IMF mengatakan pihaknya memperkirakan Rusia akan tumbuh 3,2% pada 2024, melebihi perkiraan tingkat pertumbuhan untuk AS (2,7%), Inggris (0,5%), Jerman (0,2%), dan Prancis (0,7%).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Presiden Putin Berasal dari Negara Apa?

Vladimir Vladimirovich Putin lahir pada 7 Oktober 1952 di Leningrad, Uni Soviet, yang sekarang dikenal sebagai Saint Petersburg, Rusia.

Putin tumbuh di Leningrad dan memiliki masa kecil yang cukup sederhana. Ia lulus dari Jurusan Hukum di Universitas Negeri Leningrad pada tahun 1975.

Setelah lulus, ia bergabung dengan KGB, dinas intelijen dan keamanan Uni Soviet, di mana ia bekerja selama sekitar 16 tahun, termasuk penugasan di Jerman Timur.

Putin dikenal dengan kebijakan luar negerinya yang tegas dan fokus pada pengembalian kekuatan dan pengaruh Rusia di kancah global.

Vladimir Putin adalah salah satu pemimpin dunia yang paling berpengaruh dan kontroversial. Dari kariernya di KGB hingga menjadi Presiden Rusia, ia telah memainkan peran kunci dalam membentuk kebijakan domestik dan internasional Rusia selama lebih dari dua dekade.

Kepemimpinannya dicirikan oleh upaya memperkuat kontrol negara, memulihkan kebanggaan nasional, dan menegaskan peran Rusia di panggung dunia.

3 dari 3 halaman

Siapa nama Presiden Rusia sebelum Putin?

Boris Nikolayevich Yeltsin adalah Presiden Rusia sebelum Vladimir Putin. Boris Yeltsin lahir di sebuah desa kecil di Ural. Ia belajar teknik sipil di Institut Politeknik Ural, lulus pada tahun 1955.

Setelah lulus, Yeltsin bekerja di bidang konstruksi, mendaki jenjang karier hingga menjadi kepala perusahaan konstruksi besar di Sverdlovsk.

Yeltsin mulai terjun ke dunia politik pada awal 1960-an ketika ia bergabung dengan Partai Komunis Uni Soviet (CPSU). Karier politiknya berkembang pesat, dan pada 1976, ia diangkat sebagai Sekretaris Pertama Komite Partai Komunis Sverdlovsk, posisi yang setara dengan gubernur regional.

Kenaikan Karier Politik di Moskow

Pada 1985, Yeltsin dipanggil ke Moskow oleh Mikhail Gorbachev, Sekretaris Jenderal CPSU, dan diangkat sebagai Kepala Komite Konstruksi dan kemudian sebagai Sekretaris Pertama Komite Partai Kota Moskow, yang memberinya kekuasaan besar di ibu kota. Namun, ketegangan antara Yeltsin dan Gorbachev meningkat karena perbedaan pandangan mereka tentang reformasi politik dan ekonomi.

Pada 31 Desember 1999, Yeltsin mengundurkan diri sebagai presiden dan menyerahkan kekuasaan kepada Perdana Menteri Vladimir Putin. Keputusan ini mengejutkan banyak orang, tetapi merupakan langkah yang memastikan transisi kekuasaan yang relatif mulus di Rusia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat