uefau17.com

Miliarder Kanada Lelang Koleksi Memorabilia Olahraga, Nilainya Fantastis - Bisnis

, Jakarta - Seorang pengusaha dan miliarder asal Kanada, Miles Nadal akan melelang koleksi memorabilia olahraga, sepatu olahraga langka, dan mobil mewahnya senilai USD 60 juta atau setara Rp 973,97 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 16.230)

Melansir BBC, Selasa (4/6/2024) lelang tersebut akan diselenggarakan di rumah lelang ternama Sotheby’s. Barang-barang Miles Nadal yang dijual termasuk baju balap yang ditandatangani oleh mantan bintang Formula 1 Michael Schumacher dan lima unit Ferrari merah klasik senilai total USD 20,25 juta atau Rp 328,6 miliar.

Kemudian, koleksi Nadal juga termasuk sepasang "Sepatu Bulan" Nike langka yang dibelinya dengan harga memecahkan rekor USD 437.500 pada 2019, bagian dari koleksi mewah pengusaha yang sebelumnya dipajang di museum pribadi di Toronto.

Adapun koleksi sepatu kets lainnya senilai USD 2 juta atau Rp 32,4 miliar yang diperoleh Nadal baru-baru ini berkat pembelian besar yang dilakukannya pada tahun 2019.

Dalam wawancara dengan berbagai media, Nadal mengatakan dia melelang beberapa koleksinya untuk mengosongkan ruang dan dia akan menyumbangkan hasilnya untuk kegiatan amal.

"Saya berusia 66 tahun, saya ingin menikmati hasil kerja saya dan mencoba membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan BNN Bloomberg awal tahun ini.

"Suatu hari saya bosan, duduk di pondok saya di Muskoka, dan saya membeli sesuatu yang disebut koleksi sepatu kets terbaik dari Sotheby's; itu adalah 100 sepatu kets paling ikonik," ungkapnya.

Nadal, yang pernah menjadi salah satu CEO dengan penghasilan tertinggi di Kanada, mengatakan dia mulai mengoleksi mobil langka dan memorabilia lainnya lebih dari 25 tahun lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Koleksi Lainnya

Koleksi Miles Nadal juga mencakup sepatu kets Air Jordan asli yang ditandatangani oleh legenda bola basket Michael Jordan sendiri, dan sepasang sepatu Nike lainnya yang terinspirasi oleh film Back to the Future, satu dari hanya 89 pasang sepatu di seluruh dunia.

Juga dijual di lelang RM Sotheby's adalah lebih dari 100 mobil langka yang pernah dipajang di museum Dare to Dream milik Nadal di Toronto.

Penggemar mobil mungkin akan mengenali salah satu dari masing-masing unit Ferrari "5 Besar": 288 GTO, F40, F50, Enzo dan LaFerrari, serta McLaren P1 2015, satu dari hanya 350 yang ada.

Ada juga Bugatti Veyron 16.4 2008 yang dijual yang dulunya milik tokoh TV Inggris dan produser rekaman Simon Cowell.

Nadal menggambarkan koleksinya sebagai hasil dari "investasi emosional" yang dia lakukan pada barang-barang yang benar-benar dia minati.

Namun dia menambahkan bahwa pemeliharaannya menjadi sulit, itulah sebabnya dia memutuskan untuk melelangnya.

3 dari 5 halaman

Miliarder Ini Rangkai Kapal Selam Senilai Rp 321 Miliar Demi Lihat Bangkai Titanic

Sebelumnya, seorang miliarder asal Ohio berencana untuk membawa kapal selam ke kedalaman di mana bangkai kapal Titanic bersemayam untuk membuktikan bahwa industri ini lebih aman setelah kecelakaan kapal OceanGate yang meledak tahun lalu.

Investor real estate asal Dayton, Larry Connor, mengatakan bahwa ia dan salah satu pendiri Triton Submarines, Patrick Lahey, akan menyelam hingga kedalaman lebih dari 12.400 kaki ke bangkai kapal Titanic dengan kapal selam berkapasitas dua orang.

"Saya ingin menunjukkan kepada orang-orang di seluruh dunia bahwa meskipun lautan sangat kuat, laut juga bisa sangat indah dan menyenangkan dan benar-benar dapat mengubah hidup Anda jika Anda melakukannya dengan cara yang benar," kata Connor kepada Wall Street Journal sebagaimana yang dikutip dari New York Post, Senin (3/6/2024).

Rancang Kapal SelamLahey telah merancang sebuah kapal selam senilai USD 20 juta (Rp321 miliar) yang dijuluki Triton 4000/2 Abyssal Explorer. Connor mengklaim bahwa kapal selam ini dapat melakukan pelayaran berulang kali.

"Patrick telah memikirkan dan merancang kapal ini selama lebih dari satu dekade. Namun kami tidak memiliki bahan dan teknologinya," kata Connor. "Anda tidak akan bisa membuat kapal selam ini lima tahun yang lalu."

Keduanya mengatakan bahwa mereka ingin membuktikan bahwa perjalanan ini dapat dilakukan tanpa kecelakaan, terlepas dari meledaknya kapal selam Titan pada bulan Juni lalu, yang menewaskan lima orang di dalamnya, termasuk CEO OceanGate, Stockton Rush.

Titan sedang menuju ke situs Titanic ketika tiba-tiba mengalami "ledakan dahsyat" pada 18 Juni lalu.

4 dari 5 halaman

Rencana Penyelaman Pasca Kecelakaan OceanGate

Beberapa hari setelah tragedi tersebut, Connor menelepon Lahey dan mendesaknya untuk mengembangkan kapal selam dengan kualitas yang lebih baik.

"[Dia berkata], Anda tahu, apa yang perlu kita lakukan adalah membuat kapal selam yang dapat menyelam ke [kedalaman setingkat Titanic] berulang kali dan dengan aman dan menunjukkan kepada dunia bahwa kalian dapat melakukannya, dan bahwa Titan adalah sebuah alat," kata Lahey kepada koran tersebut.

Connor tidak mengatakan kapan pelayaran ini akan dilakukan.

Lahey termasuk di antara para kritikus di industri wisata laut dalam yang menuduh perusahaan OceanGate memiliki standar keselamatan dan keamanan pelayaran di bawah laut yang dipertanyakan dan menyebut bahwa pendekatan bisnis yang dilakukan Rush "sangat predatoris."

5 dari 5 halaman

Kecelakaan yang Menuai Berbagai Kecaman

Pakar industri dan seorang karyawan yang sebelumnya bekerja di OceanGate telah mengungkapkan kekhawatiran mereka tentang keselamatan kapal, sebagian karena perusahaan memilih untuk tidak mensertifikasi kapal tersebut melalui kelompok-kelompok keselamatan yang kredibel seperti Biro Pelayaran Amerika dan Det Norske Veritas di Eropa.

Rush, miliarder penjelajah Hamish Harding, pakar Titanic asal Prancis Paul-Henri Nargeolet dan pengusaha Pakistan Shahzada Dawood serta putranya yang berusia 19 tahun, Sulaiman, tewas seketika saat Titan meledak di bawah tekanan Samudra Atlantik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat