uefau17.com

Sambut Jokowi Berkantor, Intip Progress Pembangunan IKN dari Istana hingga Kantor Presiden - Bisnis

, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan sekitar akhir Juni atau awal Juli 2024. Progress pembangunan IKN menjadi sorotan terkait kesiapan menerima kepala negara maupun rencana pelaksanaan HUT Kemerdekaan Indonesia pada Agustus mendatang di IKN.

Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga, mengatakan Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN dapat fungsional pada Juli 2024.

Dipastikan jika setiap bangunan di IKN, termasuk Istana Negara dan Kantor Presiden, sudah tersedia air, listrik, dan internet.

Khusus pasokan air, Kementerian PUPR sedang menyiapkan air baku dari intake Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim, yang dipasang dan sudah disiapkan jaringan pipanya dengan dimasukkan ke multiutility tunnel (MUT).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang kini menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN menuturkan, Jokowi mulai berkantor di IKN setelah pasokan air baku tersedia.

"Juni ini air sudah masuk. Sekarang lagi diambil pompanya. Tanggal 7 Juni sampai di Balikpapan, kita instal. Ini tanggal 3 Juni diambil (pompanya), 7 Juni air sampai di Balikpapan, diinstal, mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli," kata Basuki melansir Antara, seperti dikutip Selasa (4/6/2024).

Untuk pasokan listrik, Danis  mengungkapkan jika PLN sudah menyiapkan pasokan listrik yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sekitar 50 megawatt.

Kemudian dari Telkom terkait sarana telekomunikasi, yakni internet dimasukkan ke boks MUT, kemudian nantinya akan terhubung ke setiap kavling-kavling bangunan yang ada di kompleks IKN.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kejar Progress Pembangunan IKN Sesuai Target

Kementerian PUPR memastikan pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana, dan Kantor Presiden tetap sesuai target serta diharapkan bisa selesai dan dapat dimanfaatkan untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

Upacara berlangsung di lapangan Istana Kepresidenan yang berada persis di depan Istana Presiden, berhadapan dengan sumbu kebangsaan serta pemandangan lanskap seluruh kota IKN.

Tidak hanya lapangan Istana Kepresidenan, demi mendukung kelancaran upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024, berbagai area IKN juga ditinjau.

Istana Presiden, Memorial Park dan hunian pekerja konstruksi nantinya menjadi tempat pendukung akomodasi saat upacara berlangsung.

3 dari 4 halaman

Sambangi IKN, Jokowi Langsung Ngevlog di Pesawat Kepresidenan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (3/6/2024). Presiden terbang sekira pukul 14.30 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Dalam perjalanan di udara, Jokowi memulai aktivitas ngevlog di pesawat kepresidenan. Dengan mengenakan kemeja putih dan duduk seorang diri, Jokowi menyampaikan sejumlah hal yang akan dilakukannya di IKN.

“Hari ini saya meluncur ke Balikpapan akan ke IKN Nusantara. Kita akan melihat progres perkembangan pembangunan,” ujar Jokowi seperti dikutip dari Instagram pribadinya @jokowi, Senin (3/6/2024) malam.

Jokowi menambahkan, kegiatan di IKN juga akan diisi dengan melakukan peletakkan batu pertama atau ground breaking institusi pendidikan di IKN. Terakhir, kepala negara akan melakukan persiapan untuk Upacara 17 Agustus nanti di IKN.

“Saya juga melihat persiapan untuk upacara 17 Agustus yang akan datang,” Jokowi menandasi.

Diketahui, selain berkunjung ke IKN, di Provinsi Kaltim, Presiden Jokowi akan melakukan sejumlah agenda kerja besok hingga Rabu (5/6), antara lain menghadiri peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII Tahun 2024.

4 dari 4 halaman

Jokowi Bertolak ke Kalimantan Timur, Akan Resmikan Sejumlah Infrastruktur di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Kalimantan Timur, pada Senin (3/6/2024). Salah satu agenda Jokowi kali ini adalah kembali menyambangi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi tiba Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan sekitar pukul 17.45 WITA. Dia disambut Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Nanang Avianto, Pangkoarmada II Laksda Ariyanto, serta Danlanud Dhomber Kolonel Pnb. David Ali Hamzah.

Selain berkunjung ke IKN, di Provinsi Kaltim, Jokowi akan melakukan sejumlah agenda kerja pada Selasa 4 Juni hingga Rabu 5 Juni 2024. Agenda tersebut antara lain menghadiri peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII Tahun 2024.

"Khusus di IKN, agenda kepala negara adalah meresmikan sejumlah pembangunan infrastruktur," demikian siaran pers yang diterima.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, serta Wishnutama Kusubandio.

Selain itu, hadir pula mendampingi adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat