uefau17.com

BKI dan PT PAL Jajaki Kerja Sama Penguatan Industri Maritim RI - Bisnis

, Jakarta PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), sebagai pemimpin dalam Holding BUMN Jasa Survei "IDSurvey," berkomitmen untuk mengembangkan industri maritim Indonesia.

Hal ini tercermin dari kunjungan yang dilakukan oleh Direktur Utama, Ketua Majelis BKI, dan anggota majelis BKI ke PT PAL pada Senin, 27 Mei 2024, di Surabaya.

Direktur Utama PT PAL, Kaharuddin Djenod, menyampaikan kebanggaannya atas kunjungan ini.

"Kami merasa terhormat atas kunjungan ini. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki potensi besar, dan hari ini para pemangku kepentingan maritim berkumpul untuk menyatukan ide dan pemikiran demi mewujudkan kebangkitan maritim NKRI," ujarnya, Selasa (28/5/2024).

Ia berharap kunjungan ini dapat mengintegrasikan potensi dalam pengembangan teknologi maritim yang mandiri, yang akan menjadi salah satu pendorong utama untuk mencapai Indonesia Emas.

Disambut Dirut BKI

Dirut BKI, Arisudono Soerono, juga menyampaikan kebahagiaannya atas sambutan dari PT PAL.

"Saya setuju dengan yang disampaikan oleh Direktur Utama PT PAL. Sudah saatnya seluruh pemangku kepentingan di Indonesia bersatu, karena peluang di bidang maritim sangat besar. Cita-cita kita adalah untuk mandiri dan berdiri di atas kaki kita sendiri di sektor maritim," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update BKI

Arisudono juga memberikan gambaran tentang perkembangan terbaru di BKI. "Kami telah menjadi holding dengan beberapa proyek yang sedang berjalan dan akan berjalan. Ke depannya, kami sangat terbuka untuk kerjasama dengan PT PAL, seperti proyek dekarbonisasi dan pengembangan kapal masa depan," tambahnya.

Ketua Majelis BKI juga menyampaikan apresiasinya atas pertemuan ini.

"Saya percaya bahwa dengan bersatu, terutama di bidang maritim, kita akan semakin mandiri. Negara-negara lain akan melihat bahwa kita mampu berdiri di atas kaki kita sendiri. Pembentukan majelis ini diharapkan dapat semakin mengintegrasikan update yang terjadi di BKI. BKI juga telah ditunjuk sebagai lead integrator di bidang klasifikasi, dan saya kira rencana kerjasama ini merupakan langkah strategis yang baik untuk PT PAL dan BKI ke depannya," ujarnya.

Selain itu, dalam kunjungan ini, BKI juga diterima oleh Panglima Komando Koarmada II Surabaya. Mereka berkesempatan untuk mengunjungi kapal perang buatan PT PAL dan berdiskusi mengenai kemaritiman untuk menjalin sinergi dan kerjasama, khususnya dengan TNI AL.

Kolaborasi antara BKI dan PT PAL ini merupakan langkah strategis untuk memajukan industri maritim Indonesia. Dengan sinergi ini, diharapkan Indonesia dapat mengembangkan teknologi maritim yang mandiri dan memperkuat posisi di kancah internasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat