uefau17.com

Harga Minyak Mentah Turun Usai Pasokan BBM AS Melimpah - Bisnis

, Jakarta Harga minyak mentah turun pada hari Kamis setelah kenaikan stok minyak mentah AS menandakan berkurangnya permintaan, dan kekhawatiran terhadap prospek ekonomi mendorong aksi jual harga minyak yang lebih luas pada ekuitas global.

Dikutip dari CNBC, Jumat (27/10/2023), harga minyak mentah berjangka Brent turun USD 1,92, atau 2,1%, menjadi USD 88,21 per barel. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun USD 1,93, atau sekitar 2,26%, menjadi USD 83,46 per barel.

Kontrak minyak acuan ditutup hampir 2% lebih tinggi pada hari Rabu. Israel mundur setelah Wall Street Journal melaporkan bahwa Israel setuju untuk menunda invasi ke Gaza sampai sistem pertahanan udara AS dapat dikerahkan di wilayah tersebut.

Kekhawatiran akan meluasnya konflik, yang dapat melibatkan Iran dan sekutu-sekutunya di kawasan, telah mendukung harga minyak dalam beberapa pekan terakhir, namun kegelisahan juga membuat investor menghindari aset-aset berisiko.

“Kami melihat penghindaran risiko (risk aversion) yang luas di pasar dengan kekhawatiran ekonomi tampaknya menjadi pendorong utama hal tersebut,” kata analis OANDA Craig Erlam.

Imbal hasil Treasury AS

Imbal hasil Treasury AS kembali menuju 5% pada hari Kamis, menyeret saham-saham di seluruh dunia ke posisi terendah dalam beberapa bulan.

Selain itu, perekonomian AS tumbuh pada laju tercepat dalam hampir dua tahun pada kuartal ketiga, sehingga meningkatkan ekspektasi bahwa Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga tinggi lebih lama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persediaan Minyak AS

Yang juga membebani harga minyak adalah kenaikan persediaan minyak mentah AS pada minggu terakhir, yang mengindikasikan lemahnya permintaan.

Persediaan naik 1,4 juta barel menjadi 421,1 juta barel, menurut Administrasi Informasi Energi, melebihi kenaikan 240.000 barel yang diperkirakan oleh para analis dari jajak pendapat Reuters.

Produksi minyak mentah kilang di AS turun 207.000 barel per hari, sementara tingkat pemanfaatan kilang juga turun 0,5 poin persentase menjadi 85,6% dari total kapasitas, data EIA menunjukkan.

“Sepertinya dengan impor bersih AS yang lebih tinggi dan produksi kilang yang masih rendah, mungkin akan ada pembangunan lagi minggu depan,” kata analis UBS, Giovanni Staunovo.

 

3 dari 3 halaman

Kekhawatiran Makro Ekonomi

Kekhawatiran makroekonomi membebani prospek permintaan minyak setelah penurunan mengejutkan pada data aktivitas bisnis zona euro bulan ini.

“Meskipun tidak ada tanda-tanda jelas bahwa perang akan meningkat, perhatian kembali tertuju pada perubahan yang tidak menentu di pasar obligasi AS dan kondisi ekonomi dunia yang lebih rentan, sehingga meresahkan para investor,” kata analis MUFG, Ehsan Khoman.

Bank Sentral Eropa mempertahankan suku bunga tidak berubah seperti yang diharapkan pada hari Kamis, menghentikan kenaikan sepuluh kali berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan mempertahankan panduannya yang menyiratkan kebijakan yang stabil di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat