uefau17.com

Rincian Terbaru Tarif LRT Jabodebek 1 Oktober 2023, Tak Lagi Flat Rp 5.000 - Bisnis

, Jakarta Tarif LRT Jabodebek tak lagi flat Rp 5.000. Mulai 1 Oktober 2023, LRT Jabodebek mulai menerapkan tarif normal dimana untuk tarif maksimalnya sebesar Rp 20.000.

"Tercatat selama masa promo tarif flat Rp 5000 rupiah untuk semua relasi LRT Jabodebek mengangkut sebanyak 1,5 juta masyarakat pengguna jasa," tutur Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Berikut tarif yang diberlakukan bagi pengguna LRT Jabodebek.

  • Tarif minimal LRT Jabodebek Rp 3.000
  • Tarif maksimal LRT Jabodebek Rp 20.000. 

Kuswardoyo menjelaskan, keberadaan LRT Jabodebek selama sekitar satu bulan sejak diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat sambutan dan antusiasme yang besar dari masyarakat di kawasan Jabodebek.

Saat ini LRT Jabodebek baru mengoperasikan 16 trainset dengan 234 perjalanan setiap harinya.

"Kehadiran LRT Jabodebek mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bertransportasi di kawasan padat di sekitar Jabodebek," jelas dia.

Stasiun Dukuh Atas menjadi stasiun terpadat yang melayani pengguna jasa LRT Jabodebek, dengan didominasi oleh para pekerja sebagai pengguna jasanya.

Perjalanan LRT Jabodebek Ditambah

Sebelumnya, KAI Divisi LRT Jabodebek menambah jumlah perjalanan dari moda transportasi kereta api ringan tersebut. Penambahan jadwal perjalanan LRT Jabodebek akan berlaku mulai Sabtu, 16 September 2023.

Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan penambahan jadwal merespons animo masyarakat pengguna sejak diresmikan di akhir Agustus 2023. Penambahan perjalanan LRT Jabodebek ini merupakan hasil evaluasi serta melihat tingginya kebutuhan masyarakat pengguna LRT Jabodebek.

"LRT Jabodebek akan menambah jumlah perjalanan menjadi 202 perjalanan yang sebelumnya berjumlah 158 perjalanan setiap harinya. Selain itu, jarak waktu kedatangan antar kereta (headway) pun menjadi lebih singkat," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (14/9/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jarak Waktu Kedatangan

Jarak waktu kedatangan antar kereta menjadi 17 menit yang sebelumnya 20 menit untuk perjalanan relasi Jati Mulya - Cawang (PP) dan Harjamukti - Cawang (PP). Sedangkan untuk relasi Cawang - Dukuh Atas (PP) menjadi 9 menit yang sebelumnya 10 menit. 

Kuswardoyo menyampaikan dengan bertambahnya perjalanan, akan ada penyesuaian jadwal perjalanan. 

"LRT Jabodebek akan melayani masyarakat menjadi lebih malam dari jadwal sebelumnya," ujar Kuswardoyo.

Sejak diresmikan pada 28 Agustus hingga 13 September 2023, LRT Jabodebek sudah melayani 629.929 pelanggan. Dengan penyesuaian perjalanan, LRT Jabodebek menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan jadwal keberangkatan kereta. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat untuk menggunakan LRT Jabodebek sebagai moda transportasi, Semoga dengan bertambahnya jumlah perjalanan, LRT Jabodebek dapat melayani masyarakat dengan lebih baik," tutup Kuswardoyo.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek

Jadwal keberangkatan pertama LRT Jabodebek

  • Jati Mulya-Dukuh Atas pukul 05.10 WIB
  • Harjamukti-Dukuh Atas pukul 05.06 WIB
  • Dukuh Atas-Harjamukti pukul 05.59 WIB
  • Dukuh Atas-Jati Mulya pukul 06.08 WIB

Keberangkatan Terakhir LRT Jabodebek

  • Jati Mulya-Dukuh Atas pukul 18.26 WIB
  • Harjamukti-Dukuh Atas pukul 18.58 WIB
  • Dukuh Atas-Jati Mulya pukul 19.27 WIB
  • Dukuh Atas-Harjamukti pukul 19.51 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat