uefau17.com

Banyak Dikeluhkan Anggota, Asosiasi Karoseri Bakal Benahi Perizinan - Bisnis

, Jakarta Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) menetapkan Jimmy Tenacious sebagai ketua umum baru. Penetapan tersebut tertuang dalam musyawarah nasional (munas) ke-VIII di Hotel Millennium Jakarta pada Rabu (9/8/2023) kemarin.

 

Usai terpilih dan dinyatakan sah sebagai ketua umum Askarindo berikutnya, Jimmy memaparkan akan menyampaikan visi dan misinya didepan para pengurus baru Askarindo yang akan dipilihnya.

"Pertama saya akan rembukan dengan dewan pembina untuk meminta arahan dan bimbingan. Setelah itu saya akan menyampaikan visi misi didepan pengurus baru yang akan saya bentuk paling lama seminggu kedepan," papar Jimmy dikutip Kamis (10/8/2023).

Adapun hal-hal utama yang akan dibenahi didalam organisasi Askarindo yang memproduksi karoseri kendaraan, Jimmy menambahkan akan membenahi masalah perizinan seperti (Surat Keputusan Rancang Bangun Kendaraan Online (SKRB) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) yang banyak dikeluhkan oleh para anggotanya. Lamanya pengurusan SKRB dan SRUT lanjut Jimmy akan berimbas pada pengusaha karoseri maupun user-nya.

Saat disinggung apakah Askarindo memiliki kendala dibidang sertifikasi kelaikan karoseri, Jimmy menjelaskan pihaknya selalu mengikuti perkembangan zaman dalam berinovasi.

"Karoseri bus contohnya, jenis materialnya selalu ada improvement (peningkatan). Begitu juga dengan design karoseri yang selalu mengikuti perkembangan zaman dan tentunya memperhatikan faktor keselamatan," ungkap Jimmy.

Untuk kebutuhan komponen karoseri kendaraan itu sendiri dimana pemerintah terus menggalakan pemakaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Jimmy menjelaskan tidak ada kendala berarti. Pabrik-pabrik di Indonesia bagi Jimmy sudah bisa menyediakan berbagai kebutuhan komponen didalam negeri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memodernisasi Peralatan

Sementara itu Ketua dewan pembina Askarindo David Herman Jaya saat membuka munas berharap ke depannya Askarindo terus memodernisasi peralatan agar menjadi pemenang sebagai penghasil karoseri terbaik.

"Selain itu untuk menjadi pemenang penghasil karoseri terbaik, Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dibidang design dan enginering juga harus diperhatikan sehingga bisa bersaing secara global," tutur David Herman.

Adapun Dirjen perhubungan darat dari Kementerian perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno yang turut hadir dalam munas Askarindo ke-VIII berharap Askarindo sebagai mitra pemerintah terus berinovasi menghasilkan berbagai karoseri yang semakin nyaman serta mewujudkan zero ODOL agar masyarakat kian aman ketika berkendara.

"Indonesia harus bisa mewujudkan zero ODOL (Over Dimensi Over Loading) yang telah dijalankan oleh 3 kementerian seperti PUPR, Kemenhub dan Kementerian Perdagangan (Kemenhub). Saya yakin Askarindo tidak membuat karoseri-karoseri yang ODOL sehingga berkendara kian nyaman dan aman," tandas Hendro.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat