uefau17.com

CEO Petronas: Asia Harus Lebih Dulu Nol Emisi Karbon Sebelum Dunia - Bisnis

, Jakarta - Negara-Negara di Asia perlu mencapai emisi nol sebelum seluruh dunia bisa melakukannya. Hal ini  diungkap oleh CEO perusahaan minyak dan gas milik Malaysia Petronas Tengku Muhammad Taufik.

“Sebagian besar emisi yang diperkirakan akan diproduksi di Asia ke depan,” kata Tengku Muhammad Taufik di sela-sela acara Energy Asia di Kuala Lumpur, Malaysia dikutip dari CNBC, Jumat  (30/6/2023).

“Dunia tidak dapat mencapai net zero tanpa Asia mencapai net zero,” ujar Taufik saat membuka pidato puncak. Asia akan mewakili setengah dari PDB global pada 2040, serta 40 persen dari konsumsi global, tambahnya.

Ia menjelaskan, sasaran transisi energi yang diwujudkan dalam Perjanjian Paris tidak dapat dilakukan oleh satu industri, atau satu pembuat kebijakan, atau satu negara saja.

Pemerintah dunia sepakat dalam kesepakatan iklim Paris 2015 untuk membatasi pemanasan global di bawah 2°C, dibandingkan dengan tingkat pra-industri, dan melakukan upaya untuk membatasi kenaikan suhu hingga 1,5°C.

Bahan Bakar Batu Bara

Menurut laporan bulan Maret oleh Badan Energi Internasional, emisi dari ekonomi berkembang Asia dan pasar berkembang tumbuh lebih tinggi dari wilayah lain pada 2022 naik sebesar 4,2 persen. Lebih dari setengah peningkatan ini disebabkan oleh pembangkit listrik berbahan bakar batu bara.

Berusaha untuk menekan penggunaan bahan bakar fosil atau sepenuhnya meninggalkannya, belum tentu menjadi jalan ke depan, kata Taufik. Dia menambahkan bahwa dekarbonisasi total dalam semalam adalah narasi idealis.

Memasukkan bahan bakar fosil sebagai bagian dari basis energi, setidaknya untuk paruh pertama abad ini, diperlukan jika dunia ingin menjauh dari guncangan pasokan energi, ujarnya.

“Sayangnya, narasi hingga saat ini didorong oleh kaum idealis. Ekstremis yang percaya ada saklar biner yang dalam semalam kita dapat beralih dari Sistem A ke Sistem B,” katanya, merujuk pada Sistem A sebagai ekonomi yang didukung bahan bakar fosil yang melekat, dan Sistem B sebagai dekarbonisasi menjadi nol karbon dalam semalam.

Dunia belum memikirkan ekosistem lengkap yang datang dengan penerapan Sistem B, seperti persyaratan mineral dan logam serta masalah rantai pasokan yang perlu diselesaikan terlebih dahulu, tambah Taufik.

“Namun kami berusaha untuk meninggalkan bahan bakar fosil secara ekstrim tanpa membiarkan industri menghadapi tantangan emisi yang melekat,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Ketergantungan Bahan Bakar Fosil

Sementara itu, menurut laporan prospek energi dunia yang terpisah oleh Badan Energi Internasional, dunia masih sangat bergantung pada penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak, gas alam, dan batu bara.

“Porsi bahan bakar fosil dalam bauran energi global sangat tinggi, sekitar 80 persen, selama beberapa dekade,” kata laporan tersebut. Dalam perkiraan berbasis skenario yang bergantung pada pengaturan kebijakan saat ini, bauran bahan bakar fosil akan turun hingga di bawah 75 persen pada 2030 dan di atas 60 persen pada 2050.

“Kami selalu memposisikan gas alam sebagai bahan bakar transisi,” kata kepala Petronas. Dia mencatat bahwa perdebatan baru-baru ini telah mempertimbangkan pandangan bahwa gas bahkan bisa menjadi bahan bakar tujuan karena menawarkan beban dasar keamanan dan kepastian, terutama ketika energi terbarukan belum tersedia. mengatasi masalah intermitten. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat