uefau17.com

Makin Canggih! QRIS Bisa untuk Transfer, Tarik, dan Setor Tunai Mulai Agustus 2023 - Bisnis

, Jakarta Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengungkapkan peluncuran fitur Quick Response Code Indonesian Standard Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai (QRIS TUNTAS) rencananya akan dilakukan pada Agustus 2023.

"Saat ini sudah ada 16 peserta yang siap piloting untuk fitur ini. Piloting sudah dilakukan sejak 2021 dan di 2022 sudah soft launching saat di Bali, mudah-mudahan di Agustus nanti bisa grand launching," ujar Filianingsih dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur Bulan Juni 2023 dikutip dari Antara, Jumat (23/6/2023).

Filianingsih mengatakan setidaknya terdapat tiga manfaat yang diharapkan dari fitur QRIS TUNTAS dalam meningkatkan kualitas layanan dari sistem pembayaran digital.

Pertama, optimalisasi sumber dana agar bisa dipakai bisa untuk berbagai kegiatan, tidak hanya simpanan tetapi menambah fungsi sebagai uang elektronik.

Manfaat kedua yakni meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas lantaran nantinya melalui fitur TUNTAS, QRIS bisa digunakan antara bank dengan bank, bank dengan non bank, maupun nonbank dengan nonbank.

Ia melanjutkan, manfaat ketiga yang diharapkan yaitu mendorong inklusi keuangan karena nantinya fitur QRIS TUNTAS bisa digunakan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

"Jadi jika di daerah tersebut tidak ada ATM maupun bank, transaksi transfer, tarik, maupun setor tunai bisa dilakukan selama ada merchant QRIS," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan adopsi QRIS semakin meluas, tercermin pada penambahan jumlah pengguna dan merchant QRIS, yang pada Mei 2023 telah mencapai masing-masing 35,8 juta dan 26,1 juta, dengan total volume transaksi sebesar 744 juta, sejalan dengan pengembangan fitur QRIS di domestik dan antarnegara.

"BI berterima kasih kepada masyarakat luas, khususnya wong cilik, para penjual bubur, penjual sayur, warteg, pasar tradisional, rumah ibadah, hingga pengamen yang sudah menggunakan QRIS," kata Perry.

Ia menekankan bahwa Bank Sentral bersama industri dan asosiasi sistem pembayaran berkomitmen untuk terus meningkatkan dan memperluas kemudahan layanan, termasuk QRIS.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beli Hewan Kurban untuk Idul Adha 2023 Bisa Pakai QRIS di Muamalat DIN

Sebelumnya, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memberikan kemudahan kepada nasabah yang ingin melaksanakan ibadah kurban pada Idul Adha 2023. Kemudahan tersebut dengan memperluas penetrasi penggunaan fitur pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS di aplikasi Muamalat DIN.

Di momentum hari raya Idul Adha 1444 H ini, masyarakat memiliki kebutuhan untuk membeli hewan kurban bisa menggunakan QRIS dalam Muamalat DIN.

Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat Wahyu Avianto mengatakan, animo pengguna Muamalat DIN untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS terus meningkat setiap tahun. Total transaksi via QRIS per 31 Maret 2023 tercatat sebanyak 195.048 kali atau tumbuh 296% secara year on year (yoy).

Pertumbuhan total transaksi tersebut sejalan dengan kenaikan volume transaksi pada periode yang sama yaitu sebesar 333% (yoy), meningkat lebih dari 4 kali lipat dari Rp8,98 miliar per 31 Maret 2022 menjadi Rp38,92 miliar per 31 Maret 2023.

“Implementasi fitur pembayaran QRIS di Muamalat DIN sudah sangat luas. Nasabah Bank Muamalat dapat memanfaatkan fitur QRIS untuk beragam transaksi termasuk pembelian hewan kurban di hari raya Idul Adha tahun ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/6/2023). 

Selain sebagai penyedia fitur pembayaran QRIS, Bank Muamalat juga sudah mendapatkan izin sebagai acquirer dari Bank Indonesia untuk mengeluarkan stiker QRIS yang bisa digunakan nasabah Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) mana saja yang terhubung dengan QRIS. Nasabah sebagai merchant akan dibekali aplikasi khusus bernama Muamalat Merchant App (MMA) untuk mengelola transaksi pembayaran mereka.

Selain dapat digunakan di merchant, layanan QRIS Acquirer Bank Muamalat juga dapat digunakan untuk pembayaran donasi dan transaksi pembayaran di berbagai instansi seperti sekolah, mesjid, lembaga donasi dan rumah sakit.

Menurut Wahyu, lebih dari 90% transaksi nasabah perseroan sudah dilakukan melalui kanal digital dimana mayoritas melalui aplikasi Muamalat DIN. Per 31 Maret 2023, total pengguna aplikasi Muamalat DIN tercatat sekitar 400 ribu. Angka ini meningkat 23,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

3 dari 3 halaman

Belanja di Singapura Bisa Pakai QRIS Akhir Tahun Ini

Bank Indonesia (BI) terus meningkatkan jaringan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) tak hanya di pelosok Indonesia tetapi hingga ke luar negeri. Saat ini QRIS sudah bisa digunakan di Malaysia dan Thailand.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengatakan, dalam waktu dekat QRIS bisa digunakan di Singapura karena BI dan Bank Sentral Singapura akan meresmikan kerja sama sistem pembayaran cross-border pada akhir 2023.

Dengan begitu, warga Indonesia yang berbelanja di Singapura atau sebaliknya tidak perlu lagi menukarkan uang untuk bertransaksi. Semua pembayaran sudah bisa menggunakan QRIS yang ada di masing-masing dompet digital.

“Mudah-mudahan akhir tahun kita bisa cross-border dengan Singapura,” kata Fili dalam Pembukaan JaKreatiFest di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, Jumat (16/6/2023).

Selain dengan Singapura, Bank Indonesia sedang melakukan penjajakan kerja sama serupa dengan India, Jepang, dan Arab Saudi. Sehingga bisa memudahkan masyarakat maupun turis saat bertransaksi di negara tujuan.

“Berikutnya dengan India, Jepang dan Saudi Arabia,” kata dia.

Sebagai informasi, penggunaan QRIS sudah bisa dilakukan di Malaysia dan Thailand. Dengan begitu, transaksi pembayaran di 2 negara ini tidak perlu lagi menggunakan mata uang negara tersebut.

“Jadi Bapak Ibu kalau pergi ke Thailand dan Malaysia tidak perlu menukarkan uang Bath mataupun Ringgit tetapi cukup dengan menggunakan QRIS, tinggal diklik saja,” katanya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat