uefau17.com

Cara Sucofindo Dukung Target Produksi Minyak Bumi 1 Juta Barel di 2030 - Bisnis

, Jakarta PT Sucofindo turut mendukung SKK Migas dalam mewujudkan target produksi minyak bumi sebanyak 1 Juta barel per hari (bph) dan 12 miliar gas standar kaki kubik per hari (bscfd) pada tahun 2030.

“Kami siap mendukung SKK Migas melalui layanan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) guna mewujudkan upaya peningkatan penggunaan produk barang/ jasa dalam negeri. Hal ini pun sejalan dengan salah satu pilar utama program IOG Transformation SKK Migas, yaitu menuju 1 juta barel minyak dan 12 miliar gas standar kaki kubik per hari (bscfd) pada tahun 2030,  dengan capaian TKDN yang maksimal,” kata Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda.

Oleh karena itu, melalui perhelatan Pra Forum Kapasitas Nasional tahun 2023 rangkaian ke-3, Jobi Triananda berharap kegiatan ini menjadi wadah para pelaku usaha untuk saling berintegrasi dan berkolaborasi mewujudkan target tersebut.

Hal ini sesuai dengan tajuk yang diusung Pra Forum Kapasitas Nasional tahun 2023, yaitu Pengembangan Integrasi Kapabilitas Dalam Negeri dalam rangka Peningkatan Kapasitas Nasional.

Jobi Triananda melanjutkan bahwa dalam layanan TKDN, Sucofindo siap membantu untuk konsultansi dan sosialisasi secara masif. Hal tersebut dilakukan guna menjaring objek verifikasi sebanyak-banyaknya dan tidak terbatas pada sertifikasi TKDN barang.

“Untuk menyukseskan program TKDN, Sucofindo memiliki infrastruktur, auditor yang terakreditasi, serta pengalaman yang mumpuni untuk melayani jasa verifikasi TKDN. Untuk kedepannya kami akan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk sertifikasi TKDN,” ujar Jobi Triananda.

Tidak hanya layanan TKDN, PT Sucofindo dalam mendukung SKK Migas untuk meningkatkan kapabilitas dalam negeri mampu memberikan pelayanan TIC (Testing, Inspection, and Certification) dari hulu ke hilir di sektor Migas, seperti layanan Inspeksi Peralatan dan Instalasi Industri Minyak dan Gas Bumi, Quality Assurance (QA))/ Quality Control (QC) untuk Fasilitas Industri Minyak dan Gas, Pertambangan dan Pembangkit Listrik, dan uji tanpa rusak (NDT).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Industri Migas dan Pertambangan yang Berkelanjutan

Untuk memastikan industri migas dan pertambangan yang berkelanjutan, Sucofindo memiliki layanan TIC di bidang lingkungan dan sosial.

“Kami memiliki layanan Kajian, Audit Lingkungan dan Monitoring Pengelolaan Lingkungan Terpadu, Audit Energi Bangunan, konsultansi Environmental, Social and Governance (ESG), Konsultasi Pencapaian PROPER, Assurance Sustainibilty Report (ASR), layanan Sucofindo untuk Verifikasi dan Validasi terhadap statement Emisi Gas Rumah Kaca (GRK), serta layanan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) maupun Corporate Social Responsibility (CSR) Korporat melalui perhitungan dampak program TJSL melalui metode SROI, ” kata Jobi Triananda.

Pada Pra Forum Kapasitas Nasional tahun 2023 rangkaian ke-3 ini, juga diadakan penyerahan sertifikat halal kepada UMKM mitra binaan.

“Kami turut mendampingi dan melakukan audit untuk proses sertifikasi halal mitra binaan SKK Migas, sesuai dengan peranan Sucofindo sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Utama. Semoga dengan diraihnya sertifikat halal ini, mampu membantu mitra binaan SKK Migas meningkatkan kapasitas bisnis. Selanjutnya, kami berkomitmen siap mendukung target SKK Migas lainnya melalui layanan TIC Sucofindo,” ujar Jobi Triananda.

3 dari 4 halaman

Sucofindo Ajak Pelaku Industri Konsisten Jaga Lingkungan

PT Sucofindo kembali menggelar sesi talkshow Cerita Bersama Sucofindo (Carbon) bertajuk “Strategi Perolehan Nilai Maksimal Inovasi Sosial dan Social Return on Investment (SROI)”, secara daring.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perhelatan Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2023, yang sebelumnya telah sukses terlaksana pada September 2022.

“Perhelatan ini sebagai komitmen PT Sucofindo dalam mendorong perusahaan atau pelaku industri untuk konsisten menjaga lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Direktur Komersial PT Sucofindo Darwin Abas, Senin (15/5/2023).

Selanjutnya, Kepala Unit Kerja PT Sucofindo Cabang Semarang Wahyudi Arief menyampaikan bahwa perolehan nilai inovasi sosial dan social return on investment (SROI) menjadi parameter pencapaian Proper Emas.

“Proper Emas ialah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan level tertinggi dalam pengelolaan lingkungan yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dengan beberapa indikator penilaian yang terukur,” kata Wahyudi.

Oleh karena itu, melalui kegiatan talkshow Carbon ini tidak hanya memberikan ruang pada para pelaku usaha atau masyarakat tetapi juga menghadirkan narasumber, baik dari praktisi maupun akademisi.

“Hal ini sebagai ruang diskusi dan mampu memotivasi dalam membuat inovasi lingkungan dan sosial, serta sejalan dengan penerapan social return on investment (SROI),” imbuh Wahyudi.

4 dari 4 halaman

Laporan SROI

Selanjutnya, Dosen Universitas Padjadjaran Dede Abdul Hasyir menjelaskan bahwa laporan SROI merupakan pembuktian secara kuantitatif atas dampak atau manfaat dari program CSR unggulan yang telah diklaim memiliki muatan inovasi sosial.

Dalam mendukung upaya pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat oleh pelaku usaha, PT Sucofindo Cabang Semarang sejak tahun 2017 telah aktif mendampingi Public Disclosure Program for Environmental Compliance (Proper), yaitu berbicara mengenai penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan melalui berbagai indikator.

Selain itu, PT Sucofindo Cabang Semarang juga mampu melayani seluruh jasa turunan dari Proper seperti GAP analysis, pendampingan dokumen hijau dan DRKPL, pemetaan sosial (social mapping), stakeholder engagement, indeks kepuasan masyarakat dan social license index, audit energi, audit air, verifikasi data dan SDGs, Social Return on Investment (SROI), pendampingan inovasi sosial, maupun benchmarking. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat