uefau17.com

Harga Minyak Dunia Anjlok ke USD 83,03 per Barel Menanti Kebijakan Covid-19 China - Bisnis

, Jakarta Harga minyak dunia ditutup turun pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta) karena para pedagang mempertimbangkan kekhawatiran atas lonjakan kasus COVID-19 di China yang merupakan importir minyak utama dunia

Hal ini memungkinkan adanya pelonggaran pembatasan pandemi Covid-19 di negara itu akan meningkatkan permintaan bahan bakar.

Dikutip dari CNBC, Kamis (29/12/2022), harga minyak mentah berjangka Brent turun USD 1,30 atau 1,5 persen ke level USD 83,03 per barel. Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS menetap USD 78,62 per barel, turun 91 sen, atau 1,1 persen.

China mengatakan akan berhenti mewajibkan pelancong yang masuk untuk karantina mulai 8 Januari 2023, langkah besar menuju pelonggaran pembatasan yang ketat di perbatasannya. Namun, rumah sakit China masih berada di bawah tekanan kuat karena lonjakan infeksi COVID.

Pasar minyak juga diterpa ekspektasi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat, karena Federal Reserve AS (The Fed) mencoba membatasi kenaikan harga di pasar tenaga kerja yang ketat.

Pelaku pasar mencatat bahwa volume perdagangan minggu ini diperkirakan akan lebih ringan dari biasanya menjelang akhir tahun, menciptakan lebih banyak volatilitas harga minyak.

“Menurut saya suasana risk-off secara umum telah membebani harga minyak, di pasar dengan likuiditas yang tipis,” kata analis UBS Giovanni Staunovo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Produksi Minyak

Harga minyak berada pada level tertinggi dalam tiga minggu pada perdagangan Selasa, karena cuaca dingin di seluruh AS memaksa penutupan di lokasi produksi dan kilang utama pada akhir pekan.

“Kami telah melihat rebound yang kuat selama beberapa minggu terakhir dan itu sedikit dikupas hari ini tetapi narasinya tetap tidak berubah,” kata Craig Erlam, analis pasar senior di OANDA.

“Tahun depan membawa ketidakpastian yang sangat besar dan banyak potensi risiko kenaikan harga dari China yang dibuka kembali untuk menurunkan produksi Rusia dan pemotongan OPEC+ lebih lanjut,” kata Erlam.

Rusia mengatakan akan melarang penjualan minyak mulai 1 Februari ke negara-negara yang mematuhi batas harga G7 yang diberlakukan pada 5 Desember, meskipun rincian tentang bagaimana larangan itu akan berhasil tidak jelas.

Stok minyak mentah AS diperkirakan turun 1,6 juta barel pekan lalu dengan persediaan sulingan juga terlihat turun, jajak pendapat Reuters awal menunjukkan pada hari Selasa.

Kelompok industri American Petroleum Institute akan merilis data pada pukul 16.30 pada hari Rabu. Pemerintah AS akan merilis angkanya pada pukul 10.30 pagi hari Kamis. 

3 dari 4 halaman

Terbitkan Dekrit, Rusia Larang Ekspor Minyak ke Negara Ikut Batas Harga Negara Barat

Sebelumnya, Rusia telah melarang penjualan minyak mentah ke negara dan perusahaan yang mematuhi batas harga yang disepakati oleh negara-negara Barat. 

Dikutip dari BBC, Rabu (28/12/2022) batas tersebut melarang penjualan lebih dari USD 60 atau sekitar Rp. 947 ribu per barel minyak mentah Rusia.

Larangan itu disampaikan melalui dekrit Presiden Rusia Vladimir Putin dan akan berlaku selama lima bulan, mulai dari 1 Februari hingga 1 Juli 2023.

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov mengatakan sebelumnya pada Selasa (27/12/2022) bahwa defisit anggaran negara itu bisa lebih banyak dari yang direncanakan, 2 persen dari PDB pada tahun 2023 - dengan batas harga minyak menekan pendapatan ekspor.

Sementara itu, harga minyak dunia saat ini diperdagangkan di sekitar USD 80 per barel - turun jauh dari puncak di atas USD 120, yang terlihat pada bulan Maret dan Juni 2022.

Seperti diketahui, negara anggota G7 yang meliputi Amerika Serikat, Australia dan Uni Eropa mulai memberlakukan kebijakan batas harga minyak Rusia pada 5 Desember 2022.

Batas harga tersebut bertujuan untuk mengurangi pendapatan minyak Rusia.

Tetapi, meskipun permintaan Barat untuk minyak Rusia turun selama perang di Ukraina, pendapatan Rusia tetap tinggi karena lonjakan harga dan permintaan dari negara lain, termasuk dari India dan China.

4 dari 4 halaman

Harga Minyak Naik Tipis, Betah di USD 84,58 per Barel

Harga minyak stabil setelah mencapai level tertinggi tiga minggu pada hari Selasa karena dimulainya kembali beberapa pembangkit energi AS yang ditutup oleh badai musim dingin. Ini juga mengimbangi kenaikan yang berasal dari harapan pemulihan permintaan karena China melonggarkan pembatasan COVID-19.

Dikutip dari CNBC, Rabu (28/12/2022), harga minyak mentah Brent naik 66 sen, atau 0,8 persen, menjadi USD 84,58 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate AS menetap 18 sen lebih tinggi pada USD 79,73 per barel.

Kedua tolok ukur mencapai level tertinggi sejak 5 Desember di awal sesi. Pasar Inggris dan AS ditutup pada hari Senin untuk liburan Natal.

Kilang di sepanjang Pantai Teluk mulai melanjutkan operasi dan meningkatkan produksi setelah ledakan Arktik mengirimkan suhu jauh di bawah titik beku dan menyebabkan hilangnya daya, instrumentasi, dan uap di fasilitas di sepanjang Pantai Teluk AS.

Dingin juga memotong produksi minyak dan gas dari North Dakota ke Texas.

Produksi sekitar 450.000-500.000 barel minyak per hari dibatasi selama akhir pekan Natal di ladang minyak Bakken, kata Otoritas Pipa Dakota Utara, menambahkan bahwa operator bekerja dengan cepat untuk memulihkan produksi yang hilang.

"Cuaca AS diperkirakan membaik minggu ini, yang berarti reli mungkin tidak akan berlangsung terlalu lama," kata Kazuhiko Saito, kepala analis di Fujitomi Securities. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat