uefau17.com

Daftar 9 Universitas yang Banyak Hasilkan Miliarder dan Pesohor Meski Mereka Tak Lulus - Bisnis

, Jakarta Menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi seperti universitas pilihan atau unggulan merupakan prestasi yang membanggakan. Tidak jarang juga ada yang mengatakan kalau ijazah perguruan tinggi menjadi awal karier yang sukses.

Namun, pernyataan tersebut sepertinya tidak disetujui oleh Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Dua miliarder dunia ini hanya sempat mengenyam pendidikan tinggi hanya sekejap alias gagal di tengah jalan.

Mereka berdua adalah mantan mahasiswa dari Universitas Harvard yang putus sekolah, tetapi sekarang menjadi miliarder terkaya. Masih belum banyak diketahui orang, ternyata tidak hanya dua orang tersebut saja yang putus sekolah lalu menjadi miliarder.

Pendiri dari Dell Technologies yaitu Michael Dell juga memiliki pengalaman serupa dengan meninggalkan Universitas Texas pada usianya yang ke-19. Sementara itu, Co-founder dan CEO Oracle Larry Ellison pun keluar dan putus sekolah dari universitas ternama lainnya, Universitas Illinois.

Nyatanya, memang ada banyak mahasiswa yang putus sekolah dari Universitas Harvard. Meskipun demikian, orang-orang yang sekarang memiliki status sebagai miliarder tidak bersekolah di sekolah ternama.

Melansir dari CNBC, Rabu (1/9/2021), berikut adalah 9 daftar universitas yang pernah ditempuh oleh beberapa orang paling sukses dan kaya di dunia:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harvard University

Menjadi salah satu universitas yang ternama di Inggris, Bill Gates (pemilik Microsoft), Mark Zuckerberg (pemilik Facebook), dan Dustin Moskovitz (salah satu pendiri Facebook) pernah menempuh pendidikan di universitas tersebut.

Zuckerberg dan Moskovitz pernah satu kamar dan juga putus sekolah secara bersama-sama saat meluncurkan media berjejaring mereka yang bernama Facebook. Namun, Moskovitz mendirikan aplikasi manajemen kerjanya sendiri pada 2008 bernama Asana.

Gabungan dari kekayaan ketiga orang ini saja dapat terkumpul sebanyak Rp 4,307 triliun.

 

University of Illinois

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Larry Ellison sebagai pendiri dari Oracle telah menjadi miliarder yang dikenal di seluruh dunia. Kedudukan tersebut berada di level orang-orang terkaya di dunia seperti Jeff Bezos, Warren Buffett, dan Elon Musk.

Pada usianya yang ke-19, Ellison putus sekolah dari universitas tersebut. Meskipun demikian, hal tersebut tidak memutuskan motivasinya untuk mengejar kesuksesan.

Jika menghasilkan miliaran di industri perangkat lunak tidak dapat menjadi tolok ukur untuk menghitung kesuksesannya, hal yang bisa menjadi pertimbangan adalah Ellison telah membeli 98 persen pulau Lanai di Hawaii pada 2012. Tujuan tersebut mengacu pada visinya yang ingin membangun ‘health utopia’.

University of Texas at Austin

Pendiri Dell Technologies Michael Dell meluncurkan perusahaan yang dimilikinya pada 1980-an. Rencana tersebut mulai dikerjakannya setelah memutuskan untuk keluar dari Universitas Texas pada usianya yang ke-19. 

Melansir dari Forbes, kekayaan bersih yang dimiliki saat ini senilai Rp732,3 triliun sehingga membuatnya berada di antara orang-orang yang putus sekolah dari universitas terkaya di dunia.

Selain itu, pengusaha asal AS lainnya yang bernama David Geffen, mungkin menjadi orang yang paling dikenal juga karena turut berkontribusi dalam mendirikan DreamWorks Pictures pada 1994.

Geffen pun menjadi salah satu mahasiswa yang putus sekolah di Universitas Texas di Austin.

 

 

3 dari 4 halaman

Missouri University of Science and Technology

Media sosial berlogo burung berwarna biru juga mengeyam pendidikan di salah satu universitas ternama ini. Jack Dorsey, CEO Twitter pernah menjadi calon almamter mereka.

Sayangnya, Dorsey keluar satu semester sebelum resmi menjadi sarjana pada 1999. Sejak mendirikan Twitter pada lima belas tahun silam, perusahaan telah membuatnya menjadi multi-miliarder dengan kekayaan bersih senilai RP211,07 triliun.

Tidak hanya memiliki sumber pendapatan dari Twitter saja, perusahaan lain yang turut menyumbang kekayaannya saat ini adalah perusahaan pembayaran keuangan bernama Square.

University of Miami

Seperti Universitas Michigan, Universitas Miami juga melahirkan alumnus yang menyelesaikan pendidikannya dan menjadi orang terkenal, salah satunya adalah Dwayne Johnson dan Gloria Estefan.

Namun, terlepas dari menyelesaikan pendidikan sampai tuntas, ada juga beberapa mahasiswa yang putus sekolah di universitas tersebut dan menjadi orang sukses hingga ini.

Micky Arison. Keluar dari universitas untuk bekerja di perusahaan ayahnya, Carnival Cruises. Saat ini, ia menggantikan posisi sang ayah dengan menjabat sebagai ketua Carnival dan pemilik Miami Heat NBA.

Perancang alas kaki dan maestro mode Steve Madden juga sempat keluar dari Universitas Miami setelah nilainya menurun dan ayahnya berhenti membayar biaya pendidikannya.

Selain itu, penulis skenario televisi dan produkser Gene Roddenberry yang pertama kali membuat serial fiksi ilmiah Star Trek ke bioskop pernah menempuh pendidikan di universitas tersebut. Roddenberry menghabiskan waktu di Universitas Columbia dan Universitas California Selatan, tetapi tidak ada satupun yang lulus.

San José State University

Jan Koum, setelah mendapatkan pekerjaannya di Yahoo, ia meninggalkan pendidikannya untuk memilih pekerjaan pada 1997. Selama 12 tahun setelah itu, ia berhasil meluncurkan Whastapp bersama Brian Acton sebagai salah satu pendirinya juga.

Namun, pada 2014, ia menjual Whatsapp ke Facebook seharga Rp272,8 triliun. Keputusan tersebut yang membuatnya memiliki kekayaan bersih sebanyak Rp156,5 triliun.

 

 

4 dari 4 halaman

City University/College of New York

Dibandingkan dengan universitas sebelumnya, perguruan tinggi di Kota New York ini justru membanggakan mahasiswa yang dulunya putus sekolah dan sekarang telah menjadi orang terkenal dan sukses.

Ada Ralph Lauren sebagai CEO Polo Ralph Lauren dan Jennifer Lopez sebagai aktris dan penyanyi terkenal.

Pada rekaman eksekutif Russell Simmons meninggalkan City College of New Yok (CUNY) untuk mempromosikan musisi lokal seperti Run-D.M.C dan terus menghasilkan jutaan uang.

Tennessee State University

Pada tahun 1975, seorang mahasiswa bernama Oprah Winfrey meninggalkan Universitas Negeri Tennessee satu semester sebelum lulus. 

Meskipun demikian, Oprah akhirnya kembali untuk menyelesaikan gelarnya, tetapi hanya setelah meluncurkan acara bincang-bincangnya yang sukses, mendapatkan nominasi Oscar pada tahun 1986, dan menjadi ikon nasional.

Chicago State University

Terakhir, Kanye West. Penyanyi yang juga putus sekolah di Universitas Negeri Chicago membuat album terbarunya yang berjudul ‘The College Dropout’ pada 2004.

West menempuh pendidikan di Universitas Negeri Chicago dan American Academy of Art di Chicago, tetapi tidak lulus dari keduanya. Sejak meninggalkan pendidikannya, ia telah memenangkan 22 penghargaan Grammy dan meluncurkan produk pakaiannya yang berkolaborasi dengan Nike, yaitu Yeezy.

 

Reporter: Caroline Saskia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat