uefau17.com

7 Teknik Komunikasi Paling Penting untuk Dikuasai di Tempat Kerja - Bisnis

, Jakarta Komunikasi menjadi salah satu hal terpenting ketika di kantor. Menggunakan teknik komunikasi yang tepat akan membantu Anda paham maksud dan tujuan dalam sebuah percakapan. Melansir dari lifehack.org, Rabu (14/8/2020) berikut 7 teknik komunikasi yang harus Anda kuasai di tempat kerja.

1. Ketersediaan

Salah satu cara termudah untuk memiliki komunikasi yang baik di tempat kerja adalah dengan selalu siap sedia. Saya telah bekerja untuk bos yang selalu tersedia untuk diajak bicara dan bersedia untuk terjun dan membantu. Saya telah bekerja dengan rekan kerja yang selalu menutup pintu ke kantor mereka dan membutuhkan waktu 4 hari untuk mengembalikan email. Dengan hanya tersedia, Anda membantu menciptakan suasana komunikasi yang nyaman di tempat kerja.

2. Bersikaplah Ramah

Jika Anda memiliki sikap yang ramah dan menarik, orang yang bekerja dengan Anda secara alami akan mengalir ke arah Anda. Mereka akan melihat Anda sebagai orang yang mudah didekati dan memiliki waktu yang mudah untuk terbuka kepada Anda.

Jenis komunikasi ini mengarah pada kelompok yang bekerja sama dengan baik dan menikmati berada di sekitar satu sama lain. Ini membantu mengembangkan rasa tim yang baik di tempat kerja.

3. Jadilah Pendengar yang Baik

Ketika memiliki keterampilan mendengarkan yang baik, Anda dapat sepenuhnya memproses apa yang dikatakan seseorang. Ini adalah misi penting untuk bekerja sama dengan seseorang. Anda harus bisa mendapatkan apa yang mereka katakan dan apa yang mereka komunikasikan. Ketika benar-benar memahami seseorang, Anda dapat melakukan dialog komunikasi bolak-balik yang baik, dan menciptakan rasa tim dan keseimbangan yang hebat.

4. Bersikaplah Jelas

Berbagi informasi dengan jelas adalah salah satu teknik komunikasi terpenting di tempat kerja. Meskipun berbasa-basi adalah hal yang bagus ketika Anda berbagi informasi penting, tetapi perjelaslah. Buat poin-poin yang dibutuhkan dan jangan membangun banyak cabang informasi di sekitarnya. Katakan apa yang dibutuhkan dengan jelas. Tambahkan lebih banyak informasi jika perlu. Kejelasan adalah kuncinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Waspadai Komunikasi Non Verbal

Ingat, komunikasi non verbal sama pentingnya dengan komunikasi verbal. Perhatikan bahasa tubuh orang lain saat berinteraksi dengan mereka.

Hal-hal seperti menyilangkan tangan dan mengerutkan kening harus menjadi sinyal bahwa seseorang tidak setuju atau tidak mengerti. Sama pentingnya untuk menyadari komunikasi non verbal Anda sendiri. Tatap mata orang lain saat berbicara dengan mereka. Bersikaplah terbuka saat seseorang berbicara. Ini mencerminkan bahwa Anda terbuka terhadap apa yang mereka katakan. Perhatikan isyarat komunikasi non verbal Anda dan orang lain .

6. Terbuka untuk Umpan Balik

Anggap ini sebagai seseorang yang mampu dilatih. Ini sangat penting untuk awal karir Anda, tetapi juga sepanjang karir Anda.

Setiap orang memiliki bos. Bersikaplah terbuka terhadap umpan balik dari atasan, kolega, dan pelanggan. Banyak orang memiliki masalah dengan kritik yang membangun. Jika tidak mau mendengarkan umpan balik, tidak akan pernah mengubah cara Anda melakukan sesuatu yang berarti tidak akan pernah meningkatkan hasil Anda.

7. Bersikaplah Terbuka

Jika Anda tidak berpikiran terbuka saat mengobrol dengan seseorang, kemungkinan besar tidak akan mendengarkan dengan baik. Anda akan terlalu sibuk merumuskan tanggapan untuk berpikir secara objektif tentang apa yang dikatakan. Memiliki pikiran terbuka akan memungkinkan Anda melakukan dialog yang kuat dengan orang lain yang mengarah pada kerja sama untuk memecahkan masalah.

Reporter: Erna Sulistyowati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat