uefau17.com

Restart Smartphone Ternyata Penting Buat Keamanan, Ini Alasannya - Tekno

, Jakarta - Saat ini smartphone telah menjadi kebutuhan pokok yang membantu kegiatan bagi banyak orang. Pengguna bergantung pada smartphone, baik itu untuk komunikasi, mengakses informasi, hiburan, membuat konten, hingga mengerjakan berbagai pekerjaan.

Karena bergantung pada perangkat ini, kerapkali pengguna tak mematikan smartphone mereka. Namun, Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat belum lama ini menyebutkan pentingnya me-restart smartphone demi keamanan.

Mengutip Gizchina, Sabtu (1/6/2024), informasi ini berdasarkan dokumen berjudul "Praktik Keamanan Siber" NSA. Dokumen tersebut menganjurkan tindakan keamanan yang tampaknya sederhana tetapi penting, yakni mematikan dan menyalakan kembali smartphone (restart) setidaknya seminggu sekali.

Restart smartphone disebut tak hanya menyelesaikan gangguan atau masalah kinerja tetapi juga melindungi perangkat dari kemungkinan adanya ancaman keamanan siber.

Restart memastikan semua proses dan aplikasi berhenti sepenuhnya. Kegiatan tersebut berpotensi menganggu aktivitas berbahaya yang tersembunyi di background.

NSA memang tak menyelidiki secara spesifik teknisnya, namun para ahli percaya, restart perangkat secara rutin akan mengganggu proses yang berlangsung, yang bisa dieksploitasi oleh jenis serangan siber tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Hindarkan Serangan Spearphishing

Selain itu, restart smartphone tiap seminggu sekali bisa menawarkan perlindungan terhadap dua aktivitas serangan siber yakni spearphishing dan eksploitasi zero-click.

Serangan spearphishing sendiri adalah serangan yang menarget individu melalui email atau pesan pribadi yang dirancang untuk mengelabui mereka, agar mengungkap informasi sensitif atau mengklik tautan berbahaya.

Dengan mengganggu proses di background yang tengah berlangsung, upaya spearphishing bisa terganggu. Upaya spearphishing ini mengandalkan pemeliharaan koneksi atau eksploitasi malware yang sudah dimuat sebelumnya.

 

3 dari 3 halaman

Hindari Serangan Zero-Click

Sementara, eksploitasi zero-click merupakan serangan yang lebih berbahaya. Pasalnya, serangan ini tidak memerlukan interaksi pengguna apa pun untuk mendapatkan akses ke perangkat.

Aplikasi yang rentan dapat dieksploitasi hanya dengan mengunjungi situs web yang disusupi. Meski update aplikasi merupakan hal yang penting dalam memitigasi ancaman, restart perangkat secara rutin juga dapat membatasi jendela kerentanan, dengan menghapus semua file atau proses sementara yang mungkin dimanfaatkan eksploitasi.

Meski restart adalah hal yang penting, pengguna smartphone juga perlu selalu memperbarui software, tetap waspada terhadap link atau lampiran yang mencurigakan, dan berhati-hati dalam memasang aplikasi dari sumber tidak resmi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat