uefau17.com

Bocoran Sebut Apple Gandeng OpenAI, iOS 18 Bakal Makin Pintar? - Tekno

, Jakarta - Apple dikabarkan telah sepakat mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) besutan Open AI untuk sistem operasi iOS 18.

Dilaporkan, kesepakatan tersebut akan menghadirkan beragam fitur AI untuk iOS 18 dan dijadwalkan bakal diperkenalkan pada gelaran WWDC 2024.

Menurut laporan Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Selasa (28/5/2024), Apple dan OpenAI telah mencapai kesepakatan agar OpenAI menyediakan fitur chatbot di iOS 18.

Ia menambahkan, kesepakatan ini akan menjadi materi acara WWDC Apple pada bulan Juni 2024.

Meski telah menyutui kesepakatan dengan OpenAI, Apple disebut ingin menggabungkan semua teknologi AI yang beredar ke platform mereka.

Laporan itu mengatakan kalau Apple juga masih menawarkan kesepakatan dengan Google untuk menghadirkan Gemini sebagai opsi tambahan.

Pun demikian, Apple juga berencana untuk mengembangkan teknologi AI mereka sendiri. Menurut laporan, Apple juga tengah mengerjakan model Ajax AI untuk analisis teks pada perangkat, balasan cerdas, dan ringkasan berbasis AI.

Dengan kata lain, kesepakatan OpenAI disebut akan digunakan penerapan teknologi ChatGPT akan digunakan untuk tuugas AI yang lebih berat, seperti menganalisis teks yang lebih panjang, pembuatan gambar, dan tugas-tugas serupa yang menutut performa lebih tinggi. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Iri sama Android, Apple bakal Rilis Fitur Chatbot AI untuk iPhone di Update iOS 18

Melihat perkembangan HP Android yang telah menerapkan chatbot AI, Apple sepertinya tak mau kalah dengan menghadirkan fitur serupa di pembaruan iOS 18 yang tak lama lagi akan diperkenalkan.

Menurut laporan Bloomberg, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Rabu (22/5/2024), Apple dilaporkan sedang mengejar ketertinggalan dari perusahaan lain dengan menghadirkan fitur AI di iPhone.

Kendati demikian, laporan tersebut mengungkapkan bahwa fitur AI yang dikembangkan sendiri oleh Apple tidak sebanyak fitur dari Google dan OpenAI.

Di iOS 18 mendatang, Apple berpotensi mengadopsi pendekatan hybrid untuk fitur AI-nya, di mana pendekatan tersebut memanfaatkan Neural Engine pada perangkat yang dapat menangani fitur AI offline. Sementara solusi cloud perusahaan dapat digunakan untuk fitur yang lebih kompleks.

Meski dirumorkan bakal menghadirkan fitur chatbot, Apple dilaporkan akan menahan diri untuk tidak memperkenalkan chatbot AI-nya sendiri, karena mereka masih belum yakin dengan teknologi yang dimiliki saat ini.

Sebaliknya, mereka bakal menghadirkan chatbot bertenaga ChatGPT kepada pengguna iPhone melalui kemitraannya dengan OpenAI.

3 dari 4 halaman

Siri Bakal Lebih Pintar Berkat AI

Selain itu, iOS 18 dapat meningkatkan fungsionalitas Siri agar lebih praktis dan komunikatif.

Pengguna juga dapat melihat fitur-fitur seperti ringkasan notifikasi cerdas, sinopsis artikel berita cepat, pengeditan foto berbasis AI, transkrip rekaman audio, pengisian otomatis yang ditingkatkan di aplikasi kalender, dan masih banyak lagi.

Apple dikabarkan akan memperkenalkan iOS 18, iPadOS 18, macOS 15, dan watchOS 11 di gelaran WWDC24 pada 10-14 Juni 2024. Diperkirakan acara itu akan berfokus pada penerapan AI yang akan hadir di seluruh perangkat Apple pada akhir tahun ini.

4 dari 4 halaman

WWDC 2024 Digelar Sebentar Lagi

Apple dijadwalkan akan menggelar acara tahunan mereka Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 10 Juni hingga 14 Juni 2024.

Dalam WWDC 2024 ini, perusahaan berbasis di Cupertino, Amerika Serikat (AS) akan menjadi menungkap iOS 18.

Rumor saat ini menyebutkan, iOS 18 akan menampilkan sejumlah peningkatan Siri dan fitur baru AI (kecerdasan buatan).

Disebutkan, pertama kalinya OS untuk iPhone ini akan dirombak besar-besaran sejak diluncurkan pertama kali iOS ini diluncurkan pada 2007.

Kini, Mark Gurman dari Bloomberg mengungkap informasi baru tentang fitur baru apa saja yang akan hadir di update iOS 18 mendatang.

Dilansir Mark Gurman, Senin (29/4/2024), Apple akan merombak banyak aplikasi bawaan di iOS 18, termasuk Mail, Notes, Photos, dan Fitness.

Selain di iOS, perusahaan disebut-sebut akan menghadirkan pembaruan OS ini ke iPadOS 18 dengan memperkenalkan aplikasi kalkulator bawaan di iPad.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat