uefau17.com

Panduan Lengkap AirDrop di iPhone, Mac, dan iPad: Kirim File Cepat dan Mudah - Tekno

, Jakarta - AirDrop merupakan fitur andalan untuk pengguna perangkat Apple, khususnya iPhone. Sebab,  fitur ini dapat dipakai untuk membagikan file dengan sangat cepat dan mudah.

Tak hanya itu, AirDrop ini juga dapat berjalan di sistem yang sudah uzur. Fitur ini dapat digunakan di iPhone yang menjalankan iOS 7 atau lebih baru, serta komputer Mac yang menjalankan sistem OS X Yosemite atau lebih baru.

Mengutip dari CNET, Senin (20/5/2024), untuk menggunakan AirDrop, perangkat Apple perlu berada di jarak 30 kaki satu sama lain. Tidak lupa, pengguna harus mengaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth agar fitur ini dapat bekerja.

Dan seperti diketahui, fitur ini tersedia eksklusif di perangkat Apple, sehingga hanya bisa dipakai di perangkat yang menjalankan sistem iOS, iPadOS, dan MacOS.

Nah, bagi kamu pengguna iPhone, iPad, atau Mac yang masih awam akan fitur ini, jangan khawatir. Tekno akan memberikan tutorial untuk menggunakan AirDrop berikut ini. 

Cara Aktifkan AirDrop

Untuk pengguna iPhone dan iPad, pastikan Wi-Fi dan Bluetooth dihidupkan. Berikutnya, buka panel Control Center, lalu tekan dan tahan ikon koneksi nirkabel hingga meluas menjadi persegi panjang.

Terakhir, ketuk AirDrop dan pilih antara Receiving Off (Tidak Menerima File), Contact Only (Hanya Kontak), atau Everyone (Semua Orang) untuk mengontrol siapa yang dapat mengirim file ke ponsel dan tablet kamu.

Sementara untuk pengguna komputer Mac, periksa apakah Anda telah mengaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth. Buka jendela Finder, lalu dari sidebar klik AirDrop.

Sebuah jendela akan terbuka dengan grafik seperti radar. Siapa pun di sekitar yang mengaktifkan AirDrop akan muncul di jendela ini.

Di bagian bawah jendela Mac, kamu dapat memilih siapa yang dapat mengirimkan file: No one, Contact Only, atau Everyone.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Pakai AirDrop di iPhone

Untuk menggunakan AirDrop di iPhone, orang yang ingin kamu kirimi file harus memiliki perangkat Apple dengan Wi-Fi dan Bluetooth yang dihidupkan.

Jika salah satu dari penerima atau pengirim mengaktifkan Tethering/Hotspot, segera matikan. Jika tidak dimatikan, AirDrop tidak akan berfungsi.

Kapan pun kamu ingin mengirim file apapun dari iPhone, kamu dapat menggunakan AirDrop. Misalnya, kamu ingin mengirim gambar dari aplikasi Photos, pilih tombol Share, lalu tekan AirDrop.

Selanjutnya, sebuah jendela akan muncul menunjukkan semua orang yang mengaktifkan AirDrop dan ingin bisa kamu kirimi foto itu. Kemudian, pilih orang yang ingin kamu bagikan foto tersebut.

Berikutnya, jendela pemberitahuan dengan pratinjau konten yang ingin dibagikan akan muncul di ponsel penerima. Mereka bisa memiliki opsi untuk menerima atau menolak.

Setelah mereka mengetuk Accept (Terima), foto yang kamu pilih akan ditransfer. Gambar dan video disimpan ke dalam aplikasi Photos di ponsel penerima.

3 dari 4 halaman

Cara AirDrop di MacOS

Sebagai permulaan, pastikan Wi-Fi dan Bluetooth di Mac kamu aktif, lalu buka jendela Finder. Kemudian, klik AirDrop di menu sidebar.

Untuk memulai transfer file, cukup tarik file yang ingin dikirimkan, kemudian taruh di ikon kontak untuk orang yang ingin kamu kirimi file tersebut di jendela AirDrop.

Cara Kirim File Pakai AirDrop dari iPhone ke Mac

Jika kamu ingin mengirimkan tautan atau foto dari iPhone ke Mac via AirDrop, kamnu tinggal membuka laman web tertentu. Selanjutnya, pilih menu Share, lalu ketuk ikon AirDrop.

Kemudian, pilih nama perangkat yang ingin dikirimkan tautannya. Komputer Mac penerima akan menampilkan informasi mengenai media yang dikirimkan via AirDrop, kemudian memberikan opsi Accept (Terima) atau Decline (Tolak).

Setelah mereka mengetuk tombol Accept, tautan web akan ditransfer dan dibuka di browser bawaan mereka, sedangkan foto akan disimpan dalam file. Proses yang sama berlaku untuk berbagi video, dokumen, dan lainnya.

Jika kamu ingin melakukan AirDrop file dari iPhone ke Mac, pastikan kedua perangkat masuk ke ID Apple yang sama. Kemudian, transfer file akan dapat dilakukan secara otomatis.

4 dari 4 halaman

Gunakan NameDrop untuk Berbagi File Lebih Menyenangkan

Selain itu, di iOS 17, Apple meluncurkan cara baru untuk transfer file melalui AirDrop, yang disebut NameDrop.

Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi informasi kontak serta foto dan video antara dua iPhone hanya dengan mendekatkan kedua perangkat tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, kedua iPhone tersebut memerlukan iOS 17 atau lebih baru. Dan perlu diingat, fitur ini hanya berfungsi di iPhone, dan  bukan rangkaian produk Apple lainnya.

Untuk mengaktifkan NameDrop, buka Settings > General > AirDrop, lalu tekan tombol di samping Bringing Devices. Sekarang kamu dapat dengan cepat berbagi informasi kontak atau konten lainnya dengan mendekatkan bagian atas ponsel milikmu ke iPhone lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat