uefau17.com

Cara Reset Data Pabrik PlayStation 5 dan PlayStation 4, Cepat dan Gampang! - Tekno

, Jakarta - PlayStation merupakan konsol game yang paling terkenal di dunia. Berkat kemampuan gaming dan fitur-fitur canggihnya, konsol dari Sony ini sukses merebut hati para gamer.

Kendati demikian, tak sedikit dari kita yang mulai jenuh memainkan PS. Alasannya pun beragam, seperti game yang dimainkan tidak seru, tak ada waktu untuk bermain, atau bahkan lebih tertarik memainkan game di PC atau pun smartphone.

Beberapa alasan tersebut menyebabkan sebagian pengguna lebih memilih untuk menjual konsolnya. Namun, menjual suatu barang elektronik, termasuk game console, perlu melakukan reset data pabrik terlebih dahulu sebelum memberikannya ke orang lain.

Dengan mereset PlayStation, data yang tersimpan akan terhapus sepenuhnya dan sistem di dalamnya akan terasa seperti baru.

Bagi kamu yang ingin melakukan reset data pabrik PlayStation 5 ataupun PlayStation 4, Tekno  memberikan tips mudah yang bisa kamu lakukan. Simak sampai habis, ya...

Reset Data Pabrik PlayStation 5

Terdapat beberapa opsi untuk melakukan reset PlayStation 5. Untuk mengakses opsi tersebut, lakukan langkah ini:

Navigasikan ke Home Screen

  1. Pergi ke Settings
  2. Pilih System
  3. Buka System Software
  4. Klik Reset Option

Di menu Reset Option, kamu akan disuguhkan berbagai opsi reset, seperti Clear Learning Dictionary, Restore Default Settings dan Reset Your Console. Berikut penjelasan terkait tiga opsi ini:

Clear Learning Dictionary: Opsi ini akan menghapus semua history yang kamu ketik di PlayStation 5.

Restore Default Settings: Opsi ini akan mengatur semua pengaturan PS5 kamu ke pengaturan default, namun data kamu masih tersimpan.

Reset Your Console: Opsi ini akan menghapus semua data di konsol kamu dan mengembalikan settingan seperti awal kamu menyalakan PS5 pertama kali.

Jika kamu memutuskan untuk menjual ataupun memberikan PS5 kamu ke orang lain, pilih opsi Reset Your Console untuk menghapus semua data dan mereset PS kamu ke setelan pabrik.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reset Data Pabrik PlayStation 4

Proses reset data di PlayStation 4 sedikit berbeda dari PS5. Pertama, kamu perlu pergi ke Setting, lalu pilih Initialization.

Di menu Initialization, terdapat tiga opsi untuk menghapus data di PS kamu, yaitu Clear Learning Dictionary, Restore Default Settings dan Initialize PS4, berikut penjelasannya:

Clear Learning Dictionary: Opsi ini akan menghapus semua history yang kamu ketik di PS4 kamu.

Restore Default Settings: Opsi ini akan mengatur semua pengaturan PS4 kamu ke pengaturan default, namun data kamu masih tersimpan.

Initialize PS4: Opsi ini seperti Reset Your Console di PS5, yang menghapus seluruh data dan pengaturan di PS4 kamu.

Opsi Initialize PS4 merupakan pilihan paling tepat jika kamu memutuskan untuk menjual atau memberikan konsol kamu ke orang lain. Sebab, opsi ini akan menghapus seluruh data yang tersimpan.

 
3 dari 4 halaman

Gamer PS5 Bisa Undang Teman Main Game via PlayStation App

Sementara itu, Sony meluncurkan fitur baru di PlayStation 5 yang memungkinkan kamu mengundang teman kamu ke dalam game multiplayer, bahkan saat mereka tidak sedang menggunakan konsol atau aplikasi PlayStation.

Fitur ini bisa kamu akses di aplikasi PlayStation, di mana kmau bisa membagikan tautan ke teman atau kerabat secara online.

Saat teman kamu menerima tautan itu, mereka akan dapat masuk ke sesi multiplayer. Kamu bahkan tidak harus mengirimkan kode numerik yang panjang seperti di Nintendo.

Cara ini dinilai sangat memudahkan gamer untuk mengajak teman mereka bermain. Misalnya, ketika kamu bertemu dengan sejumlah orang di media sosial dan ingin terjun ke dalam permainan dengan cepat, kamu tak perlu harus bolak-balik memasukkan nama pengguna.

Fitur tersebut akan memberikan kode QR beserta tautannya, sesuatu yang sudah familiar bagi pemilik PS5 saat bermain game multiplayer.

Dikutip dari Engadget, Jumat (3/5/2024), ada beberapa hal yang perlu dicatat. Fitur ini baru akan hadir di akhir 2024 dan hanya untuk game PS5.

Sony juga memperingatkan bahwa beberapa judul game mungkin memerlukan pembaruan sebelum semuanya berfungsi dengan lancar

4 dari 4 halaman

Stellar Blade Hadir di PlayStation 5

Untuk memanjakan para gamer, PlayStation kerap kali menghadirkan game eksklusif, salah satunya adalah Stellar Blade. Game ini menjadi salah satu game eksklusif PlayStation 5 (PS5), dan paling ditunggu peluncurannya pada tahun 2024 ini.

Bersamaan dengan rilisnya Stellar Blade di PS5, Sony Interactive Entertainment (SIE) menggelar kampanye untuk memeriahkan peluncuran game besar mereka tahun ini di Indonesia.

Dibuat oleh studio pengembang rekanan mereka, ShiftUp, SIE akan mengadakan event offline menyambut peluncuran game Stellar Blade ini pada Sabtu, 27 April 2024.

Rencananya, perusahaan asal Jepang tersebut akan mengelar event Stellar Blade ini di GSSHOP, Gandaria City dari pukul 13.00 hingga 16.00 WIB.

Menariknya, event peluncuran game baru Sony ini juga akan menampilkan salah satu talenta cosplayer di Indonesia, yakni Larissa Rochefort.

Di event ini, 150 gamer beruntung dapat meet and greet dengan Larissa yang cosplaying sebagai Eve--karakter utama di game Stellar Blade--lengkap dengan kostum ikoniknya.

Selain itu, SIE juga membagikan informasi tentang pencapaian perusahan selama setahun belakangan ini. Salah satunya tentang bagaimana larisnya konsol PS5 di pasaran.

"Lebih dari 54,8 juta unit konsol PS5 terjual secara global hingga saat ini," kata tim SIE saat ditemui di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Sayangnya, mereka tidak mengungkap dari total tersebut berapa persen angka penjualan PS5 di Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga mengatakan, "Marvel Spider-Man 2 menjadi salah satu game paling laris, dengan 2,5 juta kopi terjual dalam waktu 24 jam."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat