uefau17.com

Samsung Setop Rilis Update One UI ke Galaxy Z Flip, Tak Lagi Dapat Android Terbaru - Tekno

, Jakarta - Galaxy Z Flip generasi pertama tidak akan lagi menerima pembaruan perangkat lunak One UI.

Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold menjadi ponsel layar lipat paling populer di dunia untuk saat ini. Namun, tampaknya seri pertama dari Z Flip tidak akan mendapatkan dukungan software lagi dari Samsung.

Menurut laporan dari Gizmochina, Sabtu (6/4/2024), Samsung akan menghentikan dukungan perangkat lunak untuk  Galaxy Z Flip LTE generasi pertama.

Artinya, ponsel lipat pertama Samsung itu tidak akan lagi menerima Android versi terbaru atau patch keamanan reguler.

Penghentian dukungan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia ponsel yang sudah uzur, kemampuan hardware yang tidak lagi mumpuni, dan keinginan Samsung terus berinovasi melalui ponsel layar lipat terbaru.

Penting untuk dicatat, Samsung memang belum memberikan dukungan jangka panjang di Galaxy Z Flip, sama seperti ponsel lainnya yang dirilis pada tahun 2020.

Misalnya, seri Galaxy S20 akan menerima pembaruan hingga lima tahun sejak perilisan. Hal ini kemungkinan disebakan karena rendahnya angka penjualan model ponsel layar lipat awal Samsung.

Sebagai informasi, berikut spesifikasi dari Samsung Galaxy Z Flip generasi pertama:

  • Layar: 6.7-inch foldable Dynamic AMOLED, cover display 1.1-inch
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 855+
  • RAM: 8GB
  • ROM: 256GB
  • Kamera Belakang: 12MP wide + 12MP ultra-wide
  • Kamera Depan: 10MP
  • Baterai: 3300 mAh
  • Charging: 15W wired, 9W wireless
  • OS: Android 10 with One UI
  • Keamanan: Sensor sidik jari di sisi samping

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Bakal Rilis Galaxy Z Fold FE dan Galaxy Z Flip FE

Di sisi lain, Samsung dikabarkan akan merilis seri terjangkau dari ponsel layar lipat merka, yakni Galaxy Z Fold 6 FE dan Galaxy Z Flip 6 FE.

Terbaru, seperti dikutip dari GSM Arena, Samsung ternyata dilaporkan bakal meluncurkan dua model sekaligus, yakni Galaxy Z Fold FE dan Galaxy Z Flip FE. Spesifikasi soal kedua perangkat itu pun sudah mulai terungkap.

Disebutkan, Galaxy Z Fold FE akan memiliki ukuran 155.1 x 67.1 x 14.2mm ketika dilipat. Lalu, smartphone ini akan dipersenjatai dengan dua opsi chipset, yakni Snapdragon atau Exynos, tergantung pasar.

Adapun chipset Exynos yang digadang-gadang akan dipakai di smartphone ini adalah Exynos 2300. Kabarnya, Galaxy Z Fold FE akan dibekali dengan RAM 12GB.

Sementara untuk Galaxy Z Flip FE akan memiliki ukuran 165.2 x 71.9 x 6.9 mm ketika dibuka. Smartphone ini akan dipersenjatai dengan Snapdragon 7s Gen 2 dengan opsi RAM 8GB.

Kedua perangkat ini disebut akan sama-sama memiliki ROM 256GB dan 512GB. Kendati demikian, informasi ini masih sebatas rumor, sehingga tidak tertutup kemungkinan ada perubahan sebelum benar-benar perangkat itu dirilis.

3 dari 4 halaman

Galaxy Z Fold 6 Bakal Berbalut Bodi Titanium, Mirip Galaxy S24 Ultra

Di sisi lain, bocoran Galaxy Z Fold 6 semakin ramai beredar di internet, di mana kali ini disebutkan ponsel layar lipat baru Samsung itu mengadopsi lini Galaxy S.

Galaxy Z Fold 6 rumornya bakal tampil dengan bodi titanium, sama seperti Galaxy S 24 Ultra yang Samsung umumkan pada Januari 2024.

Informasi ini diungkap oleh blogger teknologi Revegnus di akun X--sebelumnya dikenal bernama Twitter--pribadinya, yakni @Tech_Reve. Dia mencuitkan, "Z Fold 6 dilengkapi dengan titanium."

Diketahui, Galaxy Z Fold 5 yang diumumkan pada Agustus 2023 masih pakai bodi aluminium. Bila benar, maka ini akan menjadi HP Android kedua Samsung dengan bodi titanium.

Perubahan material bodi di HP layar lipat Samsung ini cukup wajar, mengingat Galaxy Z Fold 6 sendiri dibanderol harga lebih mahal dan canggih ketimbang lini Flip 6.

Tak hanya itu, penggunaan material titanium juga diyakini membuat ponsel layar lipat Samsung ini menjadi lebih kuat dan ringan saat dipakai.

Selain itu, bodi titanium akan menjadikan Galaxy Z Fold 6 ini lebih terkesan premium, dan tentunya lebih tahan banting ketimbang generasi Z sebelumnya.

Berdasarkan rumor yang beredar saat ini, Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 akan diumumkan dalam acara Galaxy Unpacked 2024 pada Juli mendatang.

Setelah itu, perusahaan Korea tersebut akan mengumumkan kehadiran Galaxy Z Fold 6 FE pada September atau Oktober tahun ini.

4 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Z Fold 6 Ultra Bakal Dirilis Hanya di Korea Selatan!

Selain itu, ada pula rumor tentang Galaxy Z Fold 6 Ultra, yang hadir dengan berbagai peningkatan di berbagai hal kembali ramai menjadi pembicaraan.

Kali ini, Galaxy Z Fold 6 Ultra disebut-sebut memang akan meluncur di pasaran. Akan tetapi ada beberapa hal dan kendala yang perlu diperhatikan.

Apa kendalanya? HP Android layar lipat terbaru milik Samsung ini disebut-sebut tidak akan meluncur secara global.

Mengutip Android Central via SamMobile, Selasa (2/4/2024), model reguler Galaxy Z Fold 6 akan memiliki nomor model SM-F956, dan Galaxy Z Fold 6 Ultra memiliki nomor SM-F958.

Jika diperhatikan, nomor model untuk versi 'Ultra' ini tidak menggunakan angka "6" seperti model Galaxy Z Fold sebelumnya.

Indormasi, Galaxy Z Fold 5 saat ini menggunakan nomor model SM-F946. Sementara itu, Galaxy S24 Ultra mengusung nomor model SM-S928.

Bila memang benar, angka "8" di nomor model tersebut menandakan Samsung akan meluncurkan HP Galaxy Z Fold 6 Ultra.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat