uefau17.com

Samsung One UI 6.1 Bawa Fitur Bluetooth Auracast, Apa Fungsinya? - Tekno

, Jakarta - Samsung memperkenalkan One UI 6.1 bersamaan dengan peluncran Galaxy S24 Series pada 17 Januari 2024 di San Jose, California, Amerika Serikat.

Ada sejumlah fitur baru pada One UI 6.1, salah satunya Bluetooth Auracast yang merupakan fitur konektivitas nirkabel untuk headphone nirkabel dan smartphone.

Bluetooth Auracast pada dasarnya adalah teknologi broadcast (siaran). Dengan fitur ini kamu bisa mengirimkan audio dari perangkat yang berbeda, seperti ponsel ke beberapa penerima hingga jumlah yang tidak terbatas.

Artinya, kamu hanya memerlukan satu sumber audio untuk berbagi audio dengan beberapa headphone atau earbud nirkabel. Dan Samsung One UI 6.1 memiliki fitur tersebut.

Agar Bluetooth Auracast berfungsi, perangkat yang mengirim file (transmitter/pemancar) harus mendukung teknologi ini. Sementara untuk penerima file, perangkat harus memiliki fitur Bluetooth 5.2 atau lebih tinggi.

Terkait hal ini perangkat Samsung Galaxy S24 Series mendapat dukungan menjadi transmitter Auracast dengan One UI 6.1.

Untuk earbud nirkabel Samsung, hanya Galaxy Buds 2 Pro yang mendapat dukungan Bluetooth Auracast. Jika kamu memiliki keduanya, kamu dapat memulai siaran Bluetooth Auracast dengan masuk ke menu pengaturan Bluetooth One UI 6.1.

Tentu saja, bukan hanya Samsung Galaxy Buds 2 Pro yang berfungsi saat kamu mengaktifkan siaran di ponsel Galaxy S24. Earbud atau headphone nirkabel lain yang mendukung juga bisa bergabung.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apakah Lini Samsung Galaxy Lain Bakal Kebagian Bluetooth Auracast?

Mengaktifkan siaran Auracast dengan ponsel Samsung yang menjalankan One UI 6.1 membuatnya bertindak seperti pemancar. Setelah itu, beberapa earbud dan headphone dengan dukungan Auracast dapat menerima audio yang dikirimkan.

Kamu memiliki opsi untuk membatasi penerima. Fitur ini memungkinkan kamu menyetel kata sandi empat digit untuk mencegah orang yang tidak diinginkan bergabung dengan saluran siaran kamu.

Saat ini, hanya seri Galaxy S24 yang memiliki fitur tersebut dari jajaran Samsung Galaxy. Belum ada informasi apakah fitur tersebut akan tersedia untuk perangkat Samsung lain yang akan menerima One UI 6.1.

3 dari 7 halaman

Apa Itu Galaxy AI dan Penerapannya di Samsung Galaxy S24 Series

Sebelumnya, Samsung merilis smartphone dengan dukungan kecerdasan buatan bernama Galaxy AI.

Sebenarnya, apa itu Galaxy AI dan bagaimana ia diterapkan di smartphone Samsung Galaxy S24 series?

Mengutip keterangan resmi Samsung, Minggu (21/1/2024), Galaxy AI adalah kecerdasan buatan yang terdapat di dalam smartphone Samsung, dalam hal ini adalah Samsung Galaxy S24 series yang belum lama ini diluncurkan.

Disebutkan Samsung, Galaxy AI merupakan kecerdasan buatan yang dirancang untuk membuat kehidupan pengguna jadi lebih baik, terutama untuk memaksimalkan komunikasi.

President and Head of Mobile Experience Business Samsung Electronics TM Roh mengatakan, Galaxy AI dirancang berdasarkan inovasi perusahaan dari tahun ke tahun serta pemahaman mendalam tentang bagaimana seseorang memakai smartphone.

Jika kebanyakan smartphone saat ini menggunakan AI untuk meningkatkan kualitas hasil foto, Galaxy AI milik Samsung dirancang untuk lebih dari sekadar meningkatkan hasil foto, terapi juga membuat komunikasi lebih mudah.

Galaxy AI pun diterapkan dalam berbagai skenario, sebagian besar di antaranya untuk meningkatkan komunikasi. Berikut merupakan sejumlah fungsi Galaxy AI di HP Samsung:

4 dari 7 halaman

Penerjemah Realtime

Fitur pertama yang didukung Galaxy AI adalah melalui Live Translate, yakni penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara realtime pada panggilan telepon konvensional.

Lalu, ada fitur Interpreter yang mampu menerjemahkan percakapan langsung secara instan melalui tampilan split screen pada perangkat.

Dengan fitur ini, ketika kita bicara dengan lawan bicara yang berbeda bahasa, kita bisa membaca hasil transkripsi dari apa yang dikatakan lawan bicara. Fungsi ini dapat dipakai tanpa internet dan WiFi.

Ada pula fitur Chat Assist yang membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan tiap pesan terdengar seperti yang dimaksud. Pengguna juga bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks lain secara real-time ke dalam 13 bahasa berkat AI yang terintegrasi di Samsung Keyboard.

5 dari 7 halaman

Fitur Note Assist hingga Pencarian Foto dengan Gesture

Ada pula fitur Note Assist berbasis AI yang ada di Samsung Notes. Ini menawarkan kemampuan AI untuk membuat ringkasan, guna menyederhanakan catatan.

Terdapat pula fitur Transcript Assist dengan fungsi Speech to Text yang bisa mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan suara.

Dalam lain, Galaxy AI diterapkan pula ke fitur bernama Circle to Search with Google, yakni pengenal objek melalui kamera dengan melingkari objek yang dimaksud.

6 dari 7 halaman

Saran Edit Foto dengan AI Generatif

Dukungan lain Galaxy AI pada smartphone Samsung Galaxy S24 juga diaplikasikan dalam kemampuan edit foto di perangkat.

Lewat tool pengeditan foto, penghapusan objek, recompose, dan remaster foto di perangkat Samsung kini lebih cerdas dan presisi.

Galaxy AI juga punya dapat memberikan saran pengeditan. Terdapat pula Generative Edit yang bisa mengisi bagian latar belakang foto berkat dukungan AI generatif.

7 dari 7 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (/Trieyasni)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat