uefau17.com

Samsung Galaxy A23 5G Dapat Update One UI 6 Berbasis Android 14, Ini Cara Download - Tekno

, Jakarta - Samsung resmi menggulirkan update One UI 6 yang berbasis Android 14 ke Galaxy A23 5G. Update ini digulirkan usai Samsung meluncurkannya ke beberapa perangkat Samsung lainnya.

Mengutip GSM Arena, Rabu (27/12/2023), update One UI 6 untuk Samsung Galaxy A23 5G rilis dalam firmware A236BXXU4DWKA. Bersama update ini, Samsung juga menghadirkan patch keamanan Android untuk November 2023.

Sebagai informasi, update ini baru diluncurkan di negara-negara Eropa, termasuk Perancis, Italia, Polandia, Portugal, dan Inggris. Meski demikian, perusahaan akan memperluas peluncuran tersebut segera ke wilayah lain.

Untuk memeriksa apakah pembaruan tersebut sudah tersedia atau belum, pengguna HP Samsung bisa memeriksanya di Pengaturan atau Settings. Setelah itu, cari 'Pembaruan perangkat lunak ponsel.'

Sebelumnya, Samsung telah meluncurkan update One UI 6 berbasis Android 14 untuk sejumlah perangkat layar lipatnya. Pembaruan ini telah lama dinantikan, dan meskipun Android 14 sudah tersedia sejak Oktober 2023, belum semua perangkat menerimanya. 

Sebelum Galaxy A23, beberapa HP layar lipat Samsung, seperti Galaxy Z Flip 3, Z Flip 4, dan lainnya, juga dilaporkan telah siap menerima One UI 6 berbasis Android 14.

Berdasarkan laporan SamMobileupdate ini utamanya diluncurkan untuk perangkat yang menggunakan operator AS. Lalu, dijadwalkan akan tiba terlebih dahulu untuk pengguna jaringan Verizon, T-Mobile, dan MetroPCS. 

Kendati demikian, belum ada jadwal pasti kehadiran One UI 6 untuk perangkat unlocked atau perangkat yang tidak terikat di satu operator.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Gulirkan Update One UI 6 untuk Galaxy A54

Sebelumnya, setelah merilis update One UI 6.0 ke Galaxy S23 dan Galaxy S22, baru-baru ini Samsung menerapkannya ke Galaxy A54 untuk wilayah Amerika Serikat.

Update ini tiba sebulan lebih awal dari jadwal perilisan One UI 6 yang diungkap sebelumnya, seperti yang dilaporkan Gizmochina, Kamis (23/11/2023).

Seperti diketahui, update ini menghadirkan perubahan dan fitur baru menarik yang tentunya akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Update One UI 6.0 yang berbasis Android 14 ini sekaligus menghadirkan patch keamanan Oktober 2023 untuk meningkatkan keamanan sistem.

Setelah tersedia untuk pengguna di AS, update One UI 6 ini diperkirakan juga akan diluncurkan di wilayah lain dalam beberapa hari mendatang.

 

3 dari 4 halaman

Samsung Luncurkan One UI 6 untuk Seri Galaxy S21

Di sisi lain, Samsung Galaxy S21 kini mendapatkan pembaruan One UI 6 berbasis Android 14 yang stabil, mengikuti jejak seri di atasnya, dan juga Galaxy A54 yang belum lama menerima update serupa.

Sebelumnya, perangkat dalam seri Galaxy S21 telah mengalami beberapa bulan uji coba pembaruan beta One UI 6.0, dan kini versi stabilnya telah secara resmi dirilis.

Pembaruan Android 14 One UI 6 yang stabil untuk Galaxy S21, Galaxy S21+, dan Galaxy S21 Ultra telah diperkenalkan dengan versi firmware G99xBXXU9FWK2. 

Awalnya, pembaruan ini dapat diakses di beberapa negara Eropa, dimulai dari Swiss, dan diharapkan segera meluas ke wilayah lain. 

Karena ukurannya yang mencapai 2,2 GB, kami menyarankan pengguna untuk menggunakan WiFi ketika ingin memperbarui perangkat lunak mereka.

Mengutip SamMobile, Rabu (29/11/2023), pengguna Galaxy S21 di Eropa dapat mengakses pembaruan Android 14 dengan mudah melalui Pengaturan, lalu menuju "Pembaruan perangkat lunak" dan mengklik opsi "Unduh dan instal". 

Jika kamu ingin melakukan pembaruan secara manual, file firmware akan segera tersedia di basis data firmware, meskipun mungkin perlu menunggu sejenak sebelum pembaruan tersedia untuk di-flash.

Penting untuk diperhatikan bahwa pembaruan ini membawa berbagai peningkatan dan perbaikan yang dapat meningkatkan kinerja serta fungsi perangkat Galaxy S21 secara keseluruhan. 

Dengan langkah ini, Samsung terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna perangkatnya melalui pembaruan sistem yang terkini.

4 dari 4 halaman

Samsung Hadirkan Fitur Keamanan Blokir Otomatis di One UI 6

Sementara itu, samsung telah meluncurkan One UI berbasis OS Android 14 ke sejumlah pengguna perangkatnya. One UI ini menghadirkan beberapa fitur baru dan perombakan visual pada perangkat.

Tidak hanya itu, seperti dikutip The Indian Express, Rabu (20/12/2023), Samsung juga menambahkan beberapa fitur keamanan baru, salah satunya adalah pemblokiran otomatis.

Fitur pemblokiran otomatis Samsung di One UI 6 dapat dengan cepat meningkatkan aspek keamanan smartphone Galaxy. Jadi, perangkat diklaim dapat lebih aman dan tidak rentan terhadap peretasan serta ransomware.

Untuk cara kerjanya, apabila pengguna HP Samsung mengaktifkan fitur ini, mereka dapat memblokir pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak sah. 

Fitur ini juga akan mengaktifkan pemeriksaan keamanan dan memblokir perintah melalui USB, sehingga mencegah pemasangan aplikasi atau kode berbahaya melalui port pengisian daya.

Tidak hanya memblokir pemasangan aplikasi, fitur keamanan di HP Samsung ini juga secara otomatis memblokir gambar yang mengandung malware di aplikasi perpesanan.

Dengan demikian, kehadiran fitur pemblokiran otomatis ini bisa meningkatkan dan menambah keamanan pada perangkat Samsung.

Adapun untuk mengaktifkan fitur ini di One UI 6, pengguna tinggal membuka menu Pengaturan > Keamanan dan Privasi > Pemblokir otomatis > dan Nyalakan.

Sebagai informasi, Samsung menggunakan teknologi McAfee untuk memindai aktivitas mencurigakan di aplikasi. Oleh karena itu, pengguna harus menerima lisensi dan kebijakan privasi sebelum menggunakan fitur ini.

Sekadar diketahui, dengan fitur keamanan baru dari Samsung ini, pengguna juga tidak bisa melakukan pemasangan aplikasi sideload yang tidak sah dan tidak bisa memperbarui perangkat lunak melalui PC.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat