uefau17.com

Samsung Mau Adopsi Wallpaper AI Google untuk One UI 6.1? - Tekno

, Jakarta - Samsung sedang bersiap memberikan update UI Android besar-besaran berikutnya. Melalui One UI 6.1, perusahaan asal Korea Selatan ini akan membawa sejumlah fitur baru di atas platform Android 14

Dilansir 9to5Google, Sabtu (16/12/2023), dalam pembaruan ini, fokus utama Samsung tampaknya berada pada peningkatan fitur-fitur kecerdasan buatan (AI). 

Bocoran gambar dari cuitan di atas menunjukkan bahwa Samsung akan mengadopsi wallpaper AI generatif Google. Wallapaper tersebut pertama kali muncul di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, namun dengan pengecualian untuk ponsel Galaxy mereka.

Fitur-fitur AI telah menjadi nilai jual utama untuk seri Pixel 8 Google. Kedua ponsel tersebut menawarkan beragam fitur AI di seluruh sistem. Google Pixel 8 Pro bahkan meningkatkan kehadiran AI-nya melalui Feature Drop Desember 2023. 

Peningkatan tersebut melibatkan tambahan fitur seperti Video Boost, integrasi model AI pada perangkat Gemini Nano untuk Perekam, dan fitur lainnya.

Salah satu fitur yang mencolok adalah aplikasi wallpaper AI di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat desain wallpaper unik mereka sendiri menggunakan teknologi AI. 

Setiap wallpaper yang dihasilkan secara otomatis berbeda, menciptakan pengalaman personalisasi yang unik. Namun, pembuatannya terbatas pada kategori dan pilihan tertentu, serta memerlukan koneksi internet untuk berfungsi. 

Pembaruan One UI 6.1 dari Samsung menjanjikan peningkatan AI yang sebanding, memberikan pengguna pengalaman yang lebih canggih dengan teknologi kecerdasan buatan yang terkini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy S24 Bakal Dilengkapi Gemini AI?

Di sisi lain, Google terus memperkuat teknologi kecerdasan buatan alias AI dengan meluncurkan model AI terbaru, Gemini. Setelah meluncurkan Google Bard dan PaLM, kini Gemini hadir dengan tiga versi: Gemini Ultra, Gemini Pro, dan Gemini Nano. 

Dengan kesempatan ini, Google berencana untuk memperluas dukungan Gemini AI pada perangkat dengan chip smartphone flagship modern, termasuk Dimensity 9300, Exynos 2400, dan Snapdragon 8 Gen 3. 

Hal ini membuka peluang fitur-fitur AI seperti balasan yang lebih cerdas, transliterasi waktu nyata, dan jawaban yang lebih pintar dari asisten suara digital pada perangkat yang ditenagai oleh chip ini, seperti dikutip dari SamMobile, Rabu (13/12/2023).

Dengan Samsung Galaxy S24 dikabarkan akan menggunakan prosesor Exynos 2400 dan Snapdragon 8 Gen 3, ada kemungkinan perangkat ini akan memakai fitur Gemini AI. 

Samsung sendiri mengumumkan Galaxy AI dengan real-time translation selama panggilan suara, yang akan tersedia di Galaxy S24. Harapannya, Samsung akan mengungkap lebih banyak fitur AI saat peluncuran seri Galaxy S24.

Untuk diketahui, Gemini Ultra menjadi yang paling kuat, mengalahkan kinerja GPT-4 yang digunakan ChatGPT. Model ini juga membutuhkan koneksi web untuk beroperasi.

Di sisi lain, Google Bard kini didukung oleh Gemini Pro agar mendapatkan performa yang lebih baik. Sementara itu, Gemini Nano merupakan versi yang lebih kecil, yang dapat berjalan di perangkat seluler dan mendukung fitur-fitur pada smartphone Pixel 8 Pro. 

Misalnya, aplikasi Perekam Suara sekarang bisa memberikan ringkasan tanpa internet, memungkinkan rekaman suara diringkas bahkan tanpa koneksi. Fitur Balasan Cerdas Gboard pada Gemini Nano juga bisa diuji coba dengan WhatsApp dan akan segera hadir di aplikasi perpesanan lainnya.

3 dari 4 halaman

Samsung Luncurkan One UI 6 untuk Seri Galaxy S21

Selain itu, Samsung Galaxy S21 kini mendapatkan pembaruan One UI 6 berbasis Android 14 yang stabil, mengikuti jejak seri di atasnya, dan juga Galaxy A54 yang belum lama menerima update serupa.

Sebelumnya, perangkat dalam seri Galaxy S21 telah mengalami beberapa bulan uji coba pembaruan beta One UI 6.0, dan kini versi stabilnya telah secara resmi dirilis.

Pembaruan Android 14 One UI 6 yang stabil untuk Galaxy S21, Galaxy S21+, dan Galaxy S21 Ultra telah diperkenalkan dengan versi firmware G99xBXXU9FWK2.

Awalnya, pembaruan ini dapat diakses di beberapa negara Eropa, dimulai dari Swiss, dan diharapkan segera meluas ke wilayah lain.

Karena ukurannya yang mencapai 2,2 GB, kami menyarankan pengguna untuk menggunakan WiFi ketika ingin memperbarui perangkat lunak mereka.

Mengutip SamMobile, Rabu (29/11/2023), pengguna Galaxy S21 di Eropa dapat mengakses pembaruan Android 14 dengan mudah melalui Pengaturan, lalu menuju "Pembaruan perangkat lunak" dan mengklik opsi "Unduh dan instal".

Jika kamu ingin melakukan pembaruan secara manual, file firmware akan segera tersedia di basis data firmware, meskipun mungkin perlu menunggu sejenak sebelum pembaruan tersedia untuk di-flash.

Penting untuk diperhatikan bahwa pembaruan ini membawa berbagai peningkatan dan perbaikan yang dapat meningkatkan kinerja serta fungsi perangkat Galaxy S21 secara keseluruhan.

Dengan langkah ini, Samsung terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna perangkatnya melalui pembaruan sistem yang terkini.

4 dari 4 halaman

Samsung Gulirkan Update One UI 6 untuk Galaxy A54

Sebelumnya, setelah merilis update One UI 6.0 ke Galaxy S23 dan Galaxy S22, baru-baru ini Samsung menerapkannya ke Galaxy A54 untuk wilayah Amerika Serikat.

Update ini tiba sebulan lebih awal dari jadwal perilisan One UI 6 yang diungkap sebelumnya, seperti yang dilaporkan Gizmochina, Kamis (23/11/2023).

Seperti diketahui, update ini menghadirkan perubahan dan fitur baru menarik yang tentunya akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Update One UI 6.0 yang berbasis Android 14 ini sekaligus menghadirkan patch keamanan Oktober 2023 untuk meningkatkan keamanan sistem.

Untuk memeriksa pembaruan ini, pengguna bisa melakukannya secara manual dengan cara: masuk ke Pengaturan > pilih Pembaruan Perangkat Lunak > Periksa Pembaruan dan Instal Perangkat Lunak.

Setelah tersedia untuk pengguna di AS, update One UI 6 ini diperkirakan juga akan diluncurkan di wilayah lain dalam beberapa hari mendatang.

Sebagai informasi, sesuai timeline resmi, Samsung Galaxy S23, Galaxy Z Flip 5, Galaxy Z Fold 5, Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9+, dan Galaxy Tab S9 Ultra akan menerima update One UI 6 versi stabil bulan ini. 

Sementara itu, Galaxy A34 5G, Galaxy A54 5G, Galaxy S21 Series, Galaxy S22 Series, Galaxy Z Flip 3 Series, dan Galaxy Tab S8 Series diketahui baru akan mendapatkannya paling lambat bulan depan. 

Sekadar diketahui, Samsung Galaxy A54 diluncurkan awal 2023. Dengan spesifikasi layar Super AMOLED 6,4 inci, refresh rate 120Hz, HDR10+, dan kecerahan hingga 1000 nits, serta didukung Corning Gorilla Glass 5. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat