uefau17.com

Cek 6 Langkah Kenali Penyebab Masalah di Google Voice dan Solusinya - Tekno

, Jakarta - Google Voice menjadi salah satu layanan populer dan banyak digunakan saat ini, alasannya tentu saja karena layanan yang gratis. Google Voice merupakan layanan telepon yang mengizinkan penggunanya untuk menggunakan satu nomor telepon di berbagai perangkat ponsel.

Dengan membuat nomor Google Voice, pengguna bisa melakukan dan menerima panggilan, memblokir nomor, bahkan mengirimkan pesan.

Layanan yang ditawarkan oleh Google ini tersedia di web browser, Android, juga iOS. Untuk mendapatkan nomor Google Voice, ini langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Masuk ke voice.google.com.
  2. Masuk ke akun Google.
  3. Cermati ketentuan layanan (Term of Service) dan privasi (Privacy Policy). 
  4. Klik Continue.
  5. Kemudian kamu dapat mencari nomor yang tersedia berdasarkan kota dan kode wilayah.
  6. Selanjutnya pilih nomor yang kamu inginkan, klik Select.
  7. Terakhir ikuti instruksi yang ditampilkan di layar.

Sangat mudah untuk mendapatkan nomor dan menggunakan Google Voice, tetapi bukan berarti pengguna terhindarkan dari beberapa maslaah yang mungin terjadi. 

Ada beberapa alasan yang membuat Google Voice kamu tidak berfungsi. Bisa jadi masalah koneksi internet atau perlu adanya pembaruan aplikasi.

Oleh sebab itu, berikut ini akan memberikan tips yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki Google Voice kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Bisa Akses Akun Google Voice? Ini Solusinya

1. Tidak dapat mengakses akun Google Voice

Layanan Voice Over Internet Protocol lebih mudah diakses. Namun, kamu tidak akan dapat mengakses layanan jika menggunakan nomor lebih dari satu, baik pada perangkat Android maupun iPhone.

Admin harus menetapkan lisensi Google Voice kepada setiap pengguna sebelum menetapkan nomor telepon bagi pengguna. Hal ini bisa terjadi ketika admin lupa mengaktifkan Google Voice untuk akun perorangan atau menetapkan ulang nomor telepon yang sama.

Untuk memperbaiki hal ini, kamu dapat membuka dan mengatur pada bagian Pengguna atau Users pada Google Admin Console. Mulailah dengan Google Voice untuk bisnis.

2. Tidak mendapat notifikasi panggilan atau pesan masuk

Salah satu tanda nomor Google Voice tidak berfungsi adalah tidak adanya notifikasi saat ada panggilan atau pesan masuk.

Untuk menangani ini, buka pengaturan aplikasi untuk memeriksa apakah mode "Do Not Disturb" aktif. Jika tidak, klik pada bagian Calls pada pengaturan untuk melihat apakah panggilan tersebut dinonaktifkan secara tidak sengaja.

3 dari 4 halaman

Solusi untuk Panggilan Internasional yang Terkendala

3. Tidak dapat melakukan panggilan internasional

Sebagian besar komunikasi internasional biasanya ditangani dengan Google Voice. Namun, banyak masalah terjadi karena panggilan keluar Google Voice tidak berfungsi dengan baik.

Meskipun Google Voice menyediakan layanan gratisnya, tidak ada salahnya jika kamu ingin meng-update Google Voice menjadi berbayar. Dengan melakukan pembaruan, kamu akan lebih leluasa melakukan panggilan internasional dan tak terbatas.

4. Google Voice sangat lambat di browser

Untuk masalah yang satu ini, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek koneksi internet. Sebab, penyebab permasalahan ini bisa mencakup koneksi internet yang buruk, browser tidak kompatibel, dan browser yang tidak update.

Lakukan reboot jika Google Voice kamu tidak bekerja pada browser, atau periksa ulang sistem Google Voice dan persyaratan sistem. Ada beberapa opsi untuk alternatif Google Voice, seperti Open Phone.

4 dari 4 halaman

Masalah Kualitas dengan Google Voice

5. Kualitas Google Voice menjadi yang turut dikeluhkan

Kebanyakan orang memilih sebuah aplikasi karena kualitasnya. Sama halnya saat memilih untuk menjadi pengguna Google Voice. 

Sayangnya, Google Voice tidak memiliki kualitas yang cukup baik dalam hal suara. Hal ini juga dipengaruhi oleh koneksi internet, sehingga pastikan lagi koneksi internet kamu bagus.

6. Tidak dapat melakukan panggilan suara di Hangouts

Panggilan suara dengan integrasi Hangouts banyak digunakan sebagai layanan bisnis. Namun sayangnya, para pengguna Google Voice tidak dapat melakukan panggilan melalui Hangouts.

Google Voice diciptakan sebagai alternatif untuk kebutuhan bisnis dalam melakukan komunikasi yang lebih lancar. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk berpindah ke perangkat yang berbeda untuk mengirimkan pesan dalam tim.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat